Menu

Beberapa Wisata Bersejarah di Gunungkidul yang Wajib Dikunjungi

Di Gunungkidul selain terkenal dengan wisata pantainya, juga cukup populer dengan berbagai tempat sejarah yang terdapat di kawasan ini. Hal ini dibuktikan dengan banyak ditemukannya peninggalan budaya prasejarah dari masa klasik seperti candi, monumen bersejarah, serta peninggalan masa Islam. Di bawah beberapa tempat wisata bersejarah di Gunungkidul yang wajib anda ketahui.

Wisata Bersejarah di Gunungkidul

Beberapa tempat wisata bersejarah di Gunungkidul yang wajib anda ketahui antara lain:

Pesanggrahan Gambirowati

Pesanggrahan Gambirowati merupakan sebuah bangunan pada periode Islam yang terletak di Dusun Watugajah, Desa Girijati, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunungkidul. Berdasarkan dari Babad Tanah Jawi, Pesanggrahan Gambirowati adalah bekas dari pesanggrahan yang dulunya digunakan oleh Sultan HB II.

Pada Pesanggrahan Gambirowari terdapat punden berundak yang apabila anda berdiri di tempat tersebut dengan menghadap ke selatan akan terhampar pemandangan sawah yang hijau juga pepohonan besar yang rindang. Kawasan ini sangat sesuai untuk hunting foto sehingga wajib untuk anda kunjungi.

Pertapaan Kembang Lampir

Tempat ini memiliki nilai sejarah yang kuat yang berhubungan dengan berdirinya dinasti Mataram pada zaman Panembahan Senopati yang berada di Kotagede. Pertapaan Kembang Lampir berlokasi di Dusun Blimbing, Desa Girisekar, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul yang berjarak kurang lebih 17 kilometer dari pusat Kota Wonosari.

Pada Pertapaan Kembang Lampir terdapat sebuah telaga dengan nama Telaga Towet yang masih dimanfaatkan oleh warga sekitar. Pada pintu masuk terdapat dua gapura yang masing- masing terdapat lambang Haba Keraton Hadiningrat dengan puluhan anak tangga yang menjulang ke atas.

Petilasan Gunung Gambar

Petilasan Gunung Gambar berlokasi di Padukuhan Gunung Gambar, Desa Kampung, Kecamatan Ngawen, Gunungkidul. Sebagaimana informasi dari beragam literatur, di abad 18 Gunung Gambar ialah lokasi pertapaan seorang pangeran dari Keraton Surakarta yakni Putra Pangeran Arya Mangkunegara Kartasura dan Raden Ayu Wulan yang bernama Raden Mas Said atau lebih dikenal dengan sebutan Pangeran Samber Nyawa.

Hamparan panorama yang sangat indah dapat anda nikmati dari bukit Gunung Gambar. Selain itu, anda juga dapat menikmati hiruk pikuk sebagian Kota Klaten, Wonogiri, maupun kota Solo.

Masih banyak lagi tempat wisata bersejarah di Gunungkidul yang cukup menarik serta wajib anda kunjungi. Dengan mengunjungi beberapa tempat tempat wisata tersebut, anda dapat mengungkap peristiwa sejarah yang berhubungan langsung pada tempat tersebut.

Artikel terkait Beberapa Wisata Bersejarah di Gunungkidul yang Wajib Dikunjungi

Recent Post

Berbicara soal keberlangsungan hidup setiap…
Menikmati suasana tempat wisata yang…

Archives