Menu

Tips Membuat Taman Lebih Asri Dengan Pohon Kamboja

04/12/2019 | Pertanian

Pohon kamboja merupakan salah satu jenis pohon yang banyak ditanam pada taman rumah maupun perkantoran. Pohon kamboja ini paling mudah ditemui. Hal ini karena kamboja tersebut sangat mudah beradaptasi di berbagai iklim dan lingkungan. Pohon kamboja juga menjadi salah satu pohon yang sering digunakan untuk kegiatan landscape dengan skala industri maupun rumahan. Jenis pohon kamboja ini dikenal juga dengan sebutan plumeria. Dimana plumeria ini berasal dari nama seseorang ahli botani, yakni Charles Plumer. Charles plumer merupakan seorang ahli botani yang berasal dari negara Prancis. Sekarang ini, kamboja sering digunakan sebagai pohon peneduh pada taman rumah sebagian besar masyarakat.

 

Penanaman kamboja telah banyak direkomendasikan oleh jasa pembuatan taman. Hal ini dikarenakan, tingkatan daya tahan pohon kamboja sangat tinggi. Bahkan kamboja menjadi salah satu pohon yang mampu menangkis serangan polusi udara dengan sangat baik. Meskipun di tahun 1950, kamboja selalu identik dengan kuburan, akan tetapi sekarang ini kamboja telah banyak digunakan untuk menghiasi taman rumah maupun perkantoran. Kamboja berguna untuk memberikan rasa sejuk. Saat musim kemarau, daun kamboja akan mengalami kerontokan. Akan tetapi rontoknya daun kamboja tersebut akan berganti menjadi bunga yang sangat indah. Biar lebih jelasnya, simak saja pohon kamboja untuk penghias taman berikut ini.

Pohon Kamboja Sebagai Penghias Taman

Secara umum, kamboja sama halnya dengan pohon tabebuya aurea argenta. Pada saat musim kemarau bukan daun yang tumbuh melainkan bunganya. Bahkan bunga yang tumbuh pada pohon kamboja tersebut mampu menutupi semua ranting. Dari itu alasan inilah, kenapa banyak taman rumah yang dihiasi oleh kamboja. Tak hanya bisa meminimalisir panasnya udara, rumah anda pun akan terlihat lebih cantik. Meskipun kamboja berasal dari negara Amerika. Akan tetapi di pulau Dewata Bali, pohon kamboja ini sangat populer. Selain Bali, Bandung dan Jakarta pun menjadi salah satu kota yang paling banyak menanam pohon kamboja tersebut.

Pohon Kamboja Bunga Kuning

Memang warna bunga kamboja sangatlah beragam. Namun di kota Bandung dan Jakarta tersebut, kamboja yang banyak ditanam ialah pohon kamboja yang berwarna kuning. Selain mudah untuk hidup jumlah kuntum bunga yang akan mekar sangatlah banyak. Dari alasan inilah, kenapa kamboja dengan bunga kuning banyak digunakan untuk penghias hunian. Terutama di wilayah Bandung dan Jakarta. Taman akan terlihat lebih teduh dan indah. Akan tetapi, ada banyak pengurus taman handal yang mempunyai tips sendiri agar kamboja bisa lebih memikat. Biasanya kamboja dengan bunga kuning akan dikombinasikan dengan beberapa tanaman ground cover ataupun perdu. Selain unik, taman anda pun akan terlihat semakin cantik.

Konsep Taman Kamboja

Konsep taman dengan kamboja memang menarik dan tak ada salahnya jika diterapkan. Hal ini dilakukan agar kamboja yang telah ditanam ataupun akan ditanam akan menciptakan pandangan yang menarik. Terlebih lagi dengan mengkombinasikan beberapa komponen taman. Seperti halnya tanaman ground cover dan perdu. Lain halnya pada konsep taman tropis yang diharuskan menanam pohon kamboja. Hal ini bertujuan agar konsep taman yang akan direalisasikan lebih terasa. Yang pasti apabila kamboja ditanam pada pelataran rumah, maka akan membuat hunian lebih asri. Dengan begitu, anda dan keluarga akan merasa lebih nyaman bermain di taman tersebut. Suasana taman pun akan lebih menyenangkan. Terlebih lagi, udara akan terasa lebih sejuk.

Artikel terkait Tips Membuat Taman Lebih Asri Dengan Pohon Kamboja

Recent Post

Berbicara soal keberlangsungan hidup setiap…
Menikmati suasana tempat wisata yang…

Archives