Menu

Tips Jitu Budidaya Udang Lobster Air Laut, Jaminan Anti Gagal

22/04/2020 | Serba - Serbi

Budidaya udang lobster air laut kini sedang populer di beberapa wilayah. Pada dasarnya, penanganan lobster air laut sama dengan air tawar. Pemilihan pembudidayaan lobster air laut karena jenis ini lumayan mahal dan menghasilkan gizi yang bermanfaat untuk tubuh.

Lobster merupakan jenis hewan yang hampir mirip dengan udang, namun dengan ukuran yang lebih besar. Untuk pecinta seafood, tentu akan memburu makanan jenis lobster saat pergi ke daerah pantai. Sekarang sudah banyak warung ataupun restoran yang menyajikan lobster sebagai menu utama. Mulai dari warung kecil sampai hotel berbintang sudah menyediakan.

3. Tips Jitu Budidaya Udang Lobster Air Laut Jaminan Anti Gagal

infoakuakultur.com

Budidaya Udang Lobster Air Laut Menjanjikan Keuntungan

Pada lobster banyak mengandung gizi yang baik untuk tubuh seperti protein, lemak, kalsium, kalori, omega 3, zat besi, dan fosfor. Gizi yang berlimpah akan membuat tubuh anda semakin sehat.

Harganya yang mahal membuat banyak orang tergiur untuk membudidayakan. Selain untuk menghasilkan finansial, yang paling penting anda mendapatkan gizi yang baik untuk kesehatan. Rasa lobster air laut juga dirasakan lebih enak dibandingkan dengan air tawar.

Cara Membudidayakan Lobster Air Laut

Pertama anda harus memiliki lokasi yang cocok untuk budidaya, karena pemilihan lokasi juga akan berpengaruh pada pertumbuhan lobster. Dalam memilih lokasi, perlu anda perhatikan beberapa penjelasan berikut.
Anda harus mempunyai lokasi yang mudah untuk dijangkau, akan lebih baik jika tempat budidaya ini berada di sekitaran pantai atau pesisir.

Perhatikan lokasi agar tidak mengalami cuaca ekstrim untuk mempermudah perawatan dan saat memanen lobster, serta baik juga untuk pertumbuhan lobster. Budidaya ini seharusnya berada di kedalaman 6 sampai 15 m di bawah permukaan laut serta dengan arus yang hanya 25 sampai 50 per detik. Usahakan lokasi jauh dari permukiman, dermaga, dan tempat wisata.

Setelah anda mendapatkan lokasi yang pas untuk budidaya, anda juga harus memperhatikan suhu dari lokasi sekitar 28 sampai 39 derajat Celcius dengan adanya sanitasi air yang bisa mencapai 28 sampai 35 ppt dan juga kadar keasaman mencapai 8. pH yang terlalu asam akan merusak pertumbuhan lobster. Hal ini juga akan memicu tingkat kegagalan panen dan berdampak juga pada kandungan gizi lobster.

Pada budidaya ini, memerlukan media seperti keramba atau kolam apung. Untuk kolam apung, anda harus menyediakan jala yang ukurannya cukup besar untuk menampung seluruh lobster. Motif jala yang digunakan sebaiknya yang berlubang kecil agar lobster tidak mudah kabur.

Budidaya udang lobster air laut perlu membuat kolam dan juga dipasang shelter yang berfungsi untuk persembunyian lobster. Ini bisa berupa bambu atau rumput laut. Fungsi dari persembunyian ini untuk mengurangi kanibalisme antar lobster pada saat musim pergantian kulit (molting).

Pemilihan Bibit

Budidaya udang lobster air laut harus memilih bibit lobster yang didapat dari tangkapan laut karena cenderung memiliki ketahanan yang sangat baik dan mudah untuk dibudidayakan. Adapun bibit lobster yang baik memiliki berat 4 gram per ekornya. Bibit yang semakin berat akan semakin cepat masa panennya.

Sebelum ditaruh di kolam, lebih baik bibit lobster dikarantina untuk menghindari mudah stres dan mudah mati. Penebaran bibit bisa anda lakukan saat cuaca sedang tidak panas yaitu bisa pagi hari atau sore hari. Isi setiap kolam hanya sekitar 50 ekor saja.

Pemeliharaan

Saat pemeliharaan, tentu harus anda perhatikan jika tidak akan mempengaruhi masa panen lobster. Berikan pakan yang baik secara teratur agar masa panen hasilnya melimpah. Saat lobster sudah mencapai berat 120 sampai 200 gram per ekor, maka lobster itu sudah siap panen.

Biasanya lobster yang siap panen berumur kurang lebih 6 sampai 10 bulan. Tips untuk memanen lobster, gunakan sarung tangan saat memanen dan anda bisa memanen dengan melepas ikatan pada jala. Pisahkan lobster mana yang akan anda jadikan indukan, konsumsi dan anda jual.

Untuk lobster yang akan dijual, anda harus memastikan lobster itu akan tetap hidup sampai di pasar dan di tangan konsumen. Pilih lobster dengan kualitas baik yang akan dijual serta untuk indukan pilih lobster sesuai kriteria yang bagus agar saat anda memanennya lagi hasilnya tetap melimpah. Budidaya udang lobster air laut ini bisa anda jadikan ladang penghasilan.

Artikel terkait Tips Jitu Budidaya Udang Lobster Air Laut, Jaminan Anti Gagal

Recent Post

Berbicara soal keberlangsungan hidup setiap…
Menikmati suasana tempat wisata yang…

Archives