Menu

Punthuk Mongkrong Magelang,Tempat Sunrise Dan Sunset Tercantik

Kabupaten Magelang merupakan kabupaten yang unik. Secara geografis, Kabupaten Magelang berada di cekungan sejumlah rangkaian pegunungan. Dengan kata lain, Kabupaten Magelang dikelilingi oleh beberapa pegunungan yang menjadi batas dengan kabupaten lainnya. Di bagian timur Kabupaten Magelang terdapat Gunung Merbabu dan Gunung Merapi sebagai perbatasan dengan Kabupaten Boyolali. Di sebelah barat terdapat Gunung Sumbing sebagai perbatasan dengan Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Temanggung. Sementara itu, di bagian barat daya terdapat rangkaian Pegunungan Menoreh.

Punthuk Mongkrong merupakan wisata puncak perbukitan yang belum lama ini dikembangkan masyarakat desa di lereng perbukitan Menoreh. Daya tarik wisata yang ditawarkan dari tempat ini adalah pemandangan Candi Borobudur, Gunung Merapi, dan Gunung Merbabu dari atas bukit. Sementara ini Punthuk Mongkrong merupakan Punthuk tertinggi diantara punthuk lain seperti Punthuk Setumbu, Punthuk Sukmojoyo, dan Punthuk Gupakan.

Punthuk Mongkrong Magelang,Tempat Sunrise Dan Sunset Tercantik

Keistimewaan Punthuk Mongkrong Magelang

Arti kata punthuk itu sendiri adalah tanah yang ‘mawur’, tidak padat dan tidak pula mudah terurai seperti halnya pasir. Dimana di sekelilingnya gundul, alias tidak ditumbuhi oleh rumput atau pohon. Wisata Alam Punthuk Mongkrong merupakan tempat wisata alam yang menyajikan pemandangan sunrise dan sunset yang menakjubkan. Di sana telah disediakan rumah pohon dan beberapa tempat duduk yang terbuat dari bambu sebagai tempat menantikan sunrise atau pun sunset. Di sekeliling Punthuk pun gersang, hanya ditumbuhi pepohonan seadanya. Punthuk Mongkrong berada di Desa Giritengah, Borobudur.

Akses Menuju Punthuk Mongkrong

Anda bisa menggunakan sarana transportasi umum berupa mobil angkutan pedesaan atau ojek sepeda motor dari terminal ataupun pasar Borobudur.

Akses menuju ke Puntuk Mongkrong cukup memadahi, dengan jalanan beraspal bagus. Medan menuju Punthuk Mongkrong cukup menantang  dengan jalanan cor beton yang hanya bisa dilewati kendaraan roda dua atau berjalan kaki sampai ke puncak punthuk. Untuk Kendaraan roda empat harus diparkir di tempat yang lumayan jauh jaraknya dari pos pendakian punthuk.

Bagi anda yang ingin menikmati wisata sunrise disarankan membawa alat penerang (senter) karena jalan menuju puncak punthuk belum dilengkapi  fasilitas penerangan yang memadai.

Fasilitas Di Punthuk Mongkrong

Puncak Punthuk Mongkrong adalah puncak tertinggi diantara obyek wisata perbukitan di sekitar Candi Borobudur,  ditandai dengan tugu batu bertuliskan “Situs BG 212 Punthuk Mongkrong Pangruwating Diyu”.  Area puncak cukup sempit dan dikelilingi jurang dengan fasilitas bangku tempat duduk, rumah pohon dan spot foto selfie di tebing yang curam.

Berada di ketinggian sekitar 624 mdpl membuat Punthuk Mongkrong menjadi tempat yang tepat untuk menikmati pemandangan sekitar Kabupaten Magelang. Gunung Merapi, Merbabu, serta rangkaian Pegunungan Menoreh akan terlihat sangat jelas. Dari Punthuk Mongkrong juga akan terlihat Candi Borobudur dan Gereja Ayam yang merupakan jantung wisata di Borobudur. Lalu, dari puncak Punthuk Mongkrong akan terlihat dengan jelas Punthuk Sukmojoyo yang juga merupakan wisata alam pemandangan sunrise dan sunset.

Selain pemandangannya yang mempesona, Desa Giritengah pun terkenal akan budidaya lebah madu. Konon katanya, Desa Giritengah merupakan desa yang pernah disinggahi oleh Pangeran Diponegoro dahulu semasa perang melawan Belanda. Berlokasi di Kecamatan Borobudur membuat Punthuk Mongkrong di Desa Giritengah menjadi salah satu tujuan wisata yang wajib dikunjungi bagi para wisatawan Candi Borobudur.

Jadi bagi anda yang ingin menikmati suasana dan cantiknya sunrise dan sunset datang saja ke Magelang dan nikmatilah indahnya sunrise dan sunsetnya di Punthuk Mongkrong ini.

 

Artikel terkait Punthuk Mongkrong Magelang,Tempat Sunrise Dan Sunset Tercantik

Archives