Menu

Peran Teknologi di Bidang Pertanian, Meningkatkan Produktivitas

22/04/2020 | Pertanian

Berbicara soal keberlangsungan hidup setiap manusia, maka tak pernah lepas dari aspek pertaniannya. Seperti yang sudah kita sadari sejak dulu, sumber bahan pangan yang kita konsumsi setiap harinya merupakan bentuk dari hasil pertanian itu sendiri. Lalu, pernahkah anda bertanya, seperti apakah peran teknologi di bidang pertanian saat ini.

Seiring berjalannya waktu, perkembangan teknologi kian meningkat pesat. Dari segi pendidikan, bisnis, hingga pertanian pun tak juga ketinggalan. Teknologi yang kini kita gunakan akan terus berubah sesuai dengan kebutuhan kita. Oleh karena itu, sudah dapat dipastikan bila kebutuhan pangan kita juga semakin banyak, maka teknologi pertanian yang digunakan juga akan semakin canggih dan modern.

anakteknik.co.id

Peran Teknologi di Bidang Pertanian, Meningkatkan Produktivitas

Bidang ilmu pertanian yang kini kita kenal memang terbilang sangat luas. Bahkan, berbagai macam tanaman pangan pun juga tersedia. Para petani dituntut untuk lebih cerdas dalam menyikapi setiap tindakan pengelolaan lahan pertanian. Sehingga, dapat memperoleh hasil panen yang melimpah.

Tentu saja, peran teknologi di bidang pertanian sangatlah banyak. Mulai dari proses penanaman, perawatan, penanggulangan hama dan penyakit, hingga panen dan pasca panen. Berikut beberapa peran teknologi yang dapat memudahkan para petani agar semakin sukses dan maju dengan profesinya saat ini.

Proses Penanaman yang Mudah

Tahap yang paling penting sebelum melakukan proses penanaman tanaman pangan, baik itu padi, jagung, maupun tanaman palawija lainnya adalah persiapan lahan tanamnya. Dimana para petani harus mengolah tanah tersebut agar siap ditanami.

Dulunya para petani hanya mengandalkan alat-alat pertanian sederhana seperti cangkul dan semacamnya untuk menggarap dan menggemburkan tanah. Bahkan tak jarang menggunakan bantuan kerbau guna membajak sawah. Saat ini, berkat peran teknologi di bidang pertanian, kita dapat mengandalkan mesin traktor.

Begitu pula dengan proses penanamannya, bibit tanaman pangan saat ini sudah mencapai tingkatan kualitas yang baik. Variannya pun juga sangat beragam. Hal ini pun juga tak lepas dari peran teknologi tersebut. Dengan demikian, para petani memiliki peluang untuk mendapatkan hasil panen yang melimpah karena tanaman yang tumbuh dengan subur.

Produktivitas Hasil Panen Lebih Meningkat

Peran teknologi di dalam bidang pertanian selanjutnya adalah meningkatkan produktivitas hasil panen. Coba kita bayangkan, dengan adanya peran teknologi ini, para petani diberikan keuntungan yang sangat banyak dari segi produktivitas panennya yang melimpah.

Berkat peran teknologi di bidang pertanian juga, para petani memiliki strategi perawatan tanaman yang baik. Terutama soal pengairan dan pemupukan. Misalnya saja, penggunaan mesin pengairan yang bisa diterapkan di semua jenis lahan pertanian, sehingga para petani tidak akan terancam mengalami gagal panen karena kekeringan maupun kekurangan air.

Terkadang, petani kita hanya memanfaatkan air hujan sebagai sumber pengairan lahan maupun sawah mereka. Atau lahan pertanian yang sekiranya dekat dengan sungai, dapat memanfaatkan sungai tersebut. Akan tetapi, dengan adanya teknologi, kita dapat membuat sumber pengairan sendiri.

Begitu pula dengan penggunaan pupuk, para petani tidak hanya menggunakan pupuk kandang saja. Sekarang, sudah tersedia berbagai jenis pupuk yang dapat menyuburkan semua macam tanaman pangan.

Meningkatkan Diversifikasi Tanaman Pangan

Peran teknologi di bidang pertanian yang tak kalah pentingnya adalah meningkatkan diversifikasi tanaman pangan. Sebenarnya, peluang para petani untuk menanam berbagai jenis tanaman pangan di lahan mereka sangatlah besar.

Adanya teknologi ini, para petani mendapatkan kemudahan dalam menanam dan mengelola tidak hanya dalam satu jenis tanaman saja. Semakin banyak jenis tanaman pangan yang dikelola, maka hasil panen yang diperoleh juga akan semakin beragam. Kebutuhan pangan kita pun juga akan semakin tercukupi.

Meningkatkan Jumlah Pendapatan

Semakin banyak hasil panen yang diperoleh, tentu saja akan memperoleh pendapatan yang besar pula. Apalagi jika hasil yang didapatkan memiliki kualitas yang sangat baik, harga jualnya pun akan semakin tinggi.

Peran teknologi di bidang pertanian juga memberikan dampak positif bagi kehidupan para petani. Dimana mereka memiliki kehidupan yang sejahtera karena mendapatkan penghasilan dari hasil panen yang banyak. Dengan adanya teknologi ini pula, para petani diberikan inovasi untuk menjadi petani yang lebih maju dan juga semakin produktif.

Artikel terkait Peran Teknologi di Bidang Pertanian, Meningkatkan Produktivitas

Archives