Menu

Pantai Sanglen Yang Bikin Kangen Ke Gunungkidul

Tidak diragukan lagi, Gunungkidul juga dikenal dengan deretan pantainya yang masih alami dan asri. Selain itu, keindahannya pun tak diragukan lagi. Beberapa di antaranya malah belum banyak dijamah pengunjung. Bisa karena aksesnya yang susah, atau malah tak banyak publikasi di media sosial. Saking sepinya, jika kita berkunjung ke pantai tertentu, serasa menjadi pantai sendiri.

Pantai Sanglen Gunung Kidul adalah salah satu nama pantai yang berhasil menarik perhatian wisatawan. Saat ini, hampir semua pantai yang berada di Gunungkidul ramai dikunjungi oleh wisatawan, terutama pada hari-hari libur. Nama-nama pantai seperti Pantai Sundak, Baron, Indrayanti, Drini, Krakal, dan Kukup sepertinya bukan nama yang asing lagi di telinga kita. Akan tetapi, tahukah anda bahwa ada beberapa pantai yang ternyata masih menyimpan ketenangan serta pesona keindahan alam yang masih belum dijamah oleh banyak orang? Salah satunya, adalah Pantai Sanglen Gunung Kidul yang terdapat di antara Pantai Sepanjang dan Pantai Watu Kodok.

Pantai Sanglen Yang Bikin Kangen Ke Gunungkidul

Pantai Sanglen Bakal Jadi Objek Wisata Unggulan Di Gunungkidul

Pantai Sanglen yang berada di Gunungkidul ini bakal digadang- gadang menjadi pantai alami sebagai masa depan dari objek wisata unggulan di Gunungkidul. Pantai Sanglen merupakan kawasan pantai berpasir putih yang berada di wilayah Desa Kemadang Kecamatan Tanjungsari. Suasana alam yang masih murni dan alami dengan air laut yang berwarna biru nampaknya menyimpan potensi besar untuk menjadi objek wisata populer di masa mendatang.

Hamparan pasir putih dan air yang nampak biru menjadi bukti bahwa pantai tersebut masih alami dan belum banyak terkontaminasi oleh aktifitas manusia. Letaknya pun tidak sulit untuk dicari. Pantai yang belum lama dibuka tersebut berada di antara Pantai Sepanjang dan Pantai Watu Kodok.

Rute Menuju Pantai Sanglen

Pantai Sanglen Gunung Kidul tidak menyediakan akses jalan untuk kendaraan, sehingga anda harus memarkir kendaraan anda jika ingin mengunjungi pantai ini. Biasanya, para pengunjung bisa memarkirkan kendaraan di Pantai Watu Kodok. Untuk dapat menempuh tempat wisata Gunung Kidul ini, ada dua rute yang bisa dipilih oleh wisatawan yaitu dari Pantai Watu Kodok dengan mengelilingi karang-karang besar yang berada di bibir pantai. Sementara rute kedua yaitu dengan berjalan kaki melewati persawahan dan rimbunnya tanaman-tanaman liar.

Jika anda memilih rute pertama, anda bisa memilih waktu pada pagi hari sebelum matahari terbit atau bisa juga pada sore hari karena adanya ombak yang besar serta letak karang yang tidak beraturan sehingga cukup berbahaya. Jika anda memilih rute kedua, anda akan menempuh waktu kurang lebih 15 menit karena akan mengitari bukit yang membelah Pantai Watu Kodok serta Pantai Sanglen. Akan tetapi,dengan memilih rute kedua ini, anda dapat menikmati pemandangan indah lainnya yaitu melihat hamparan persawahan dan bukit.

Keindahan Dan Fasilitas Di Pantai Sanglen

Ciri dari pantai ini adalah ada sebuah gubug tua di tengah luasnya hamparan pasir putih yang sedikit curam. Biasanya digunakan oleh masyarakat setempat untuk menyimpan alat pancing, ketika mereka memancing di pantai ini. Dari kejauhan, hanya terlihat beberapa orang warga sekitar pantai sedang memancing. Ombak di pantai ini terlihat lebih besar dari pantai-pantai lain. Pemandangan yang ditawarkan tidak kalah dari pantai-pantai lain di Gunungkidul. Di sebelah kiri pantai, terdapat batu karang sangat besar mempercantik pantai ini.

Dibanding dengan Watu Kodok, Sanglen jauh lebih sepi. Belum ada fasilitas umum seperti toilet yang tersedia. Tak jua kita menemukan beberapa warga yang berjualan di sana. Walau begitu, sekarang akses ke sana jauh lebih mudah. Hal ini terlihat dari tersedianya jalan khusus ke pantai dan lokasi parkir yang tak terlalu jauh dari bibir pantai.

Artikel terkait Pantai Sanglen Yang Bikin Kangen Ke Gunungkidul

Archives