Panitia Hari Besar Islam Desa Hargomulyo putuskan Hari Raya Idul Adha Sama Dengan Pemerintah

Posted on

Seputar Pengertian Idul Adha (hari raya Kurban) merupakan hari raya umat Islam yang jatuh pada tanggal 10 Dzulhijah tahun Hijriyah. Seluruh umat Islam mengagungkan nama kebesaran Allah, takbir selama empat hari berturut-turut. Idul Adha selalu memberikan makna bagi setiap umat Islam. Bahkan dalam batas-batas tertentu memiliki makna juga bagi umat lain, karena Idul Adha memiliki misi kemanusiaan .

hhhheeIdul Adha adalah sebuah hari raya Islam. Pada hari ini diperingati peristiwa kurban, yaitu ketika Nabi Ibrahim (Abraham), yang bersedia untuk mengorbankan putranya Ismail untuk Allah, akan mengorbankan putranya Ismail, kemudian digantikan oleh-Nya dengan domba.

Peristiwa ini memberikan kesan yang mendalam bagi kita. Betapa tidak. Nabi Ibrahim yang telah menunggu kehadiran buah hati selama bertahun-tahun ternyata diuji Tuhan untuk menyembelih putranya sendiri. Nabi Ibrahim dituntut untuk memilih antara melaksanakan perintah Tuhan atau mempertahankan buah hati dengan konsekuensi tidak mengindahkan perintahNya. Sebuah pilihan yang cukup dilematis. Namun karena didasari ketakwaan yang kuat, perintah Tuhanpun dilaksanakan. Dan pada akhirnya, Nabi Ismail tidak jadi disembelih dengan digantikan seekor domba.

Namun dalam memperingati sebuah peristiwa yang besar itu di indonesia ada sembuah perbedaan penentuan tanggal 10 Dzulkhijah. idul adha pada tahum ini  pemerintah resmi memgumumkan bahwa tanggal 10 dzulkhijah jatuh pada hari kamis tanggal 23 september 20015 dengan metode Rukyat. Namun ormas islam dari Muhamadiyah dengan hitungan hisab menentukan hari raya idul adha jatuh pada tnggal 23 september 2005.

Dengan adanya perbedaan penentuan 10 zulkhijah ini maka Panitia Hari Besar Islam Desa Hargomulyo menggelar rapat, bersama seluruh takmir masjid se desa hargomulyo untuk membuat kesepakatan tentang pelaksanaan idul adha. dalam pertemuan itu menghasilkan penentuan hari raya idul adha. jadi hari ray idul adha di desa hargomulyo akan dilaksanakan secara bersam pada tanggal 24 september 2015 sama denhan pemerntah.

Originally posted 2015-09-21 22:37:04.