Menu

Objek Wisata Gunungkidul Terbaru 2020, Intip Penampilan di New Normal

Objek wisata memang tak pernah surut melakukan inovasi dan juga menghadirkan hal yang baru. Salah satu yang menjadi objek wisata adalah nuansa alam yang asri dan juga alami. Wisata Gunungkidul terbaru 2020 ini juga menjadi sebuah daya tarik bagi para wisatawan, baik lokal maupun asing.

Bahkan, pemerintah Gunungkidul pun mulai membuka beberapa destinasi wisata yang akan menjadi pilihan bagi pelancong dan juga masyarakat untuk berekreasi sambil melepas penat. Dimana sajakah destinasi wisata tersebut? Simak ulasannya sebagai berikut.

Wisata Gunung Kidul Terbaru 2020

wisatapro.com

Wisata Gunung Kidul Terbaru 2020

Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan melakukan uji coba terhadap pembukaan destinasi wisata baru di Gunungkidul. Objek wisata tersebut nantinya akan dibuka untuk khalayak umum.

Lokasi wisata tak langsung dibuka dengan bersamaan dan melakukan pembatasan pengunjung. Sebagai langkah membuka destinasi wisata di era new normal ini, pemerintah mengatakan jika mereka akan melalui empat tahap menuju era sekarang ini.

Destinasi pertama yang akan dibuka adalah objek wisata Kali Suci. Ada beberapa tahapan dalam penyusunan SOP, sosialisasi, simulasi, dan juga tahap akhir dalam tahap uji coba. Tahap awal dalam pembukaan objek wisata dilakukan di Gunung Api Purba Nglanggeran, Goa Kali Suci, Pantai Baron, dan juga Pantai Kukup. Tahap yang pertama kali dilakukan adalah simulasi dari keempat wisata tersebut.

Kemudian saat dilakukan pembukaan wisata Gunungkidul terbaru 2020 tersebut, pengunjung sudah diperbolehkan berkunjung namun dengan pembatasan.

Wisata Goa Kali Suci

Objek wisata ini berlokasi di Desa Pacarejo, Dusun Jetis Wetan, Kapanewon Semanu. Jika anda ingin berkunjung ke tempat ini, dapat melalui Kota Yogyakarta dan menuju ke Kota Wonosari.

Rute perjalanan menuju ke lokasi destinasi wisata cenderung mudah. Setelah anda sampai di Kota Wonosari, maka perjalanan anda teruskan ke wilayah Kapanewon Semanu.

Setelah itu, terdapat sebuah gardu PLN di Desa Mijahan, lalu ambil kanan. Rute tersebut menuju ke arah Telaga Jonge. Sebelum Telaga Jonge terdapat pertigaan, lalu ambil kiri. Selanjutnya anda dapat lurus ke kabupaten. Setelah itu, di sebelah kiri jalan sudah tertera sebuah tulisan untuk pintu masuk ke wisata ali Suci.

Wisata Gunungkidul terbaru 2020 ini menghadirkan sebuah aliran sungai yang berada di dalam goa. Kemudian anda akan disajikan sensasi ber-cave tubing selama 1,5 jam. Sebelum anda memilih untuk menikmati wahana tersebut, sebaiknya persiapkan fisik yag kuat.

Karena untuk mencapai wahana cave tubing, anda harus melakukan hiking lumayan jauh. Namun jangan khawatir, setelah anda sampai di lokasi wahana tersebut, maka rasa lelah anda akan terbayar lunas.

Dalam melakukan uji coba pertama kali, pengunjung wajib memberikan identitas yang lengkap, seperti nama alamat hingga nomor kontak yang bisa dihubungi. Kemudian anda juga wajib mematuhi protokol kesehatan yang berlaku saat ini. Hal tersebut tetap wajib dilakukan untuk mengurangi penyebaran virus.

Gunung Api Purba Nglanggeran

Objek wisata ini terletak di daerah Patuk, Gunungkidul. Tak kalah seru dan menantang, Gunung Api Nglanggeran juga menghadirkan spot puncak dengan mendaki terlebih dahulu.

Setelah sampai di puncak, maka anda akan disajikan beberapa pemandangan indah, yakni embung, air terjun Kedung Kandang, Kampung Pitu, hingga wisata pembuatan cokelat.

Objek wisata Gunungkidul terbaru 2020 ini pun pernah mendapat Sustainable Destination Top 100 di dunia. Destinasi ini pun masih menutup lokasi home stay dan juga perkemahan. Saat melakukan simulasi tahap awal ini, objek wisata ini telah menyesuaikan protokol kesehatan.

Untuk menikmati keindahan objek wisata Gunung Api Purba Nglanggeran, anda akan dikenakan biaya retribusi sebesar Rp 15 ribu.

Pantai Baron

Pantai ini adalah salah satu pantai Gunungkidul yang terkenal karena keunikannya. Keunikannya tersebut yakni terdapat aliran sungai yang berada di sekitar pantai. Lokasi wisata ini terletak di Kapanewon Tanjungsari, Gunungkidul. Destinasi pantai ini juga menyediakan berbagai restoran dan makanan khas laut.

Pantai Kukup

Lokasi Pantai Kukup berada di sebelah timur dari Pantai Baron. Keunikan yang ada di objek wisata ini adalah terdapat pulau kecil. Sehingga, anda dapat menyeberanginya dan merasakan sensasi terpaan air laut dan pemandangan laut yang indah.

Di pantai ini juga terdapat banyak sekali toko-toko cinderamata dan toko makanan yang memiliki khas pantai di Gunungkidul. Wisata Gunungkidul terbaru 2020 ini juga termasuk sebagai salah satu destinasi terpopuler di Yogyakarta.

Artikel terkait Objek Wisata Gunungkidul Terbaru 2020, Intip Penampilan di New Normal

Archives