Menu

Musim Buah Srikaya Gunungkidul, Buah Tropis Yang Laris Manis

Srikaya atau Annona Squamosa adalah salah satu jenis buah yang dapat dijumpai di wilayah Gunungkidul. Buah ini merupakan salah satu buruan masyarakat lokal maupun wisatawan bila berkunjung ke Kota Gaplek ini.  Sayangnya karena hanya buah musiman sehingga agak sulit dijumpai di pasaran.

Buah dengan bentuk khas ini memiliki daging buah berwarna putih dengan biji hitam yang ada di dalamnya. Rasanya yang manis menjadikan buah ini banyak dicari para penggemarnya. Srikaya dan Gunungkidul seakan sudah tidak terpisahkan. Bila sedang musim seperti saat ini, Gunungkidul seakan kebanjiran buah manis yang memiliki banyak biji ini. Bahkan hampir di setiap sudut dan ruas jalan kita bisa dengan mudah menemukan srikaya.

Musim Buah Srikaya Gunungkidul, Buah Tropis Yang Laris Manis

Buah Srikaya Banyak Diburu Wisatawan Lokal Dan Mancanegara

Srikaya memiliki daging buah berwarna putih. Jika buah srikaya sudah matang maka akan memiliki rasa yang manis dan akan memiliki biji berwarna hitam mengkilap. Buahnya berbentuk bulat, kulit buah memiliki ciri khas kulit totol-totol menyerupai benjolan yang cukup banyak dan memenuhi kulit buah.

Buah Srikaya ini merupakan jenis tanaman yang berasal dari daerah tropis. Di daerah pesisir selatan misalnya, srikaya banyak ditemui di pinggiran jalan. Buah ini hanya dapat ditemui setahun sekali, yaitu saat musim hujan tiba.

Buah srikaya biasanya dihargai Rp 15 ribu per keranjang yang berisi 5 sampai 6 buah. Dan dalam sehari,biasanya para penual bisa meraup rezeki sekitar Rp 50 ribu. Buah yang tergolong musiman dan langka ini tidak membuat harganya melambung di pasaran. Harga dari buah ini sangat terjangkau yakni antara Rp 7.000 – Rp 8.500 perkilogram.

Walaupun harganya murah, masih banyak warga Gunungkidul yang setia menanam buah Srikaya di pekarangan rumahnya. Bahkan tersiar mitos pula bahwa  tanaman buah Srikaya yang ditanam di depan rumah dipercaya dapat mendatangkan rezeki. Wisatawan lokal dan Mancanegara pun sangat senang dengan buah srikaya ini. sehingga Buah Srikaya ini selalu laris manis dan diserbu pembeli.

Artikel terkait Musim Buah Srikaya Gunungkidul, Buah Tropis Yang Laris Manis

Recent Post

Berbicara soal keberlangsungan hidup setiap…
Menikmati suasana tempat wisata yang…

Archives