Menu

Antisipasi Virus Corona Covid-19 di Jogja, Penting Untuk Diperhatikan!

24/03/2020 | Kesehatan

Virus Corona atau Covid-19 sudah tak dapat kita pandang sebelah mata lagi terkait penyebarannya. Kian hari, virus ini semakin menyebar luas dengan bukti banyaknya jumlah orang yang sudah terinfeksi. Hal ini tentunya menjadi perhatian kita bersama. Bahkan saat ini Jogja telah menjadi salah satu wilayah yang ada di Indonesia yang sudah menetapkan tanggap darurat bencana virus Corona. Maka dari itu, agar penyebarannya tidak semakin luas, alangkah lebih baiknya jika kita mulai antisipasi virus Corona Covid-19 di Jogja.

nu.or.id

Antisipasi Virus Corona Covid-19 di Jogja

Seperti yang sudah kita tahu bahwa virus Corona merupakan kumpulan virus yang mampu menginfeksi sistem pernafasan. Pada banyak kasus yang sudah terjadi, awal mula gejala yang ditunjukkan ketika virus ini menginfeksi pada tubuh seseorang adalah munculnya infeksi pernafasan ringan seperti flu biasa.

Namun, lambat laun virus Corona dapat menyebabkan infeksi pernafasan berat, seperti Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS), Middle East Respiratory Syndrome, dan infeksi paru-paru atau pneumonia.

Mengingat bahaya yang ditimbulkan oleh virus Corona ini, kini Pemerintah Provinsi Yogyakarta telah mengambil tindakan tepat untuk mencegah penyebaran virus ini agar tidak semakin meluas. Saat ini masyarakat Jogja dapat memantau sendiri adanya penyebaran virus Corona Covid-19.

Pemerintah Provinsi Yogyakarta telah membuat sebuah situs resmi yang diberi nama corona.jogjaprov.go.id. Melalui situs resmi ini, masyarakat Jogja dapat mengetahui penyebaran virus Corona ini secara jelas dan akurat, sehingga dapat melakukan antisipasi virus Corona Covid-19 di Jogja dengan tepat.

Selain itu, adanya situs resmi dari Pemerintah Provinsi Yogyakarta ini memberikan keuntungan kepada masyarakat untuk terus mendapatkan informasi yang terbaru mengenai perkembangan kasus virus Corona.

Bukan hanya itu saja, adanya situs ini pula, membantu masyarakat sebagai media edukasi mengenai virus Corona Covid-19. Mulai dari pengertian, cara penularan, hingga protokol-protokol kesehatan penanganan virus Corona yang ada di Yogyakarta.

Untuk memberikan kemudahan bagi seluruh lapisan masyarakat Jogja, maka telah disediakan nomor hotline 0274 555585 atau 08112764800. Nomor yang sudah tertera ini dapat dihubungi sebagai upaya antisipasi virus Corona Covid-19 di Jogja sekaligus bentuk pencegahan serta penanganan pandemi virus Corona.

Peta Penyebaran Virus Corona Covid-19 di Wilayah Jogja

Sebagai bentuk antisipasi penyebaran virus Corona ini, maka selayaknya anda mengetahui dengan detail wilayah mana saja yang ada di Jogja yang sudah dinyatakan mengalami kasus pandemi virus Corona Covid-19.

Dari situs resmi yang sudah disediakan oleh Pemerintah Provinsi Yogyakarta, daerah-daerah ini dapat dipantau dengan jauh lebih mudah, mulai dari persebaran Orang Dalam Pemantauan atau ODP, Pasien Dalam Pengawasan (PDP), dan pasien yang dinyatakan positif virus Corona Covid-19.

Melansir dari berita terbaru, Senin, 23 Maret 2020, data persebaran kasus virus Corona di kabupaten atau kota di Yogyakarta pada hari Minggu, 22 Maret 2020 kemarin adalah sebagai berikut: Yogyakarta, Orang Dalam Pengawasan berjumlah 128 orang, Pasien Dalam Pengawasan berjumlah 16 orang, positif Corona berjumlah 2 orang.

Untuk wilayah Sleman, Orang Dalam Pengawasan berjumlah 165 orang, Pasien Dalam Pengawasan berjumlah 17 orang, dan positif Corona berjumlah 2 orang. Kabupaten Kulon Progo, sebanyak 32 orang dinyatakan Orang Dalam Pengawasan dan 2 orang merupakan Pasien Dalam Pengawasan.

Kabupaten Gunungkidul, Orang Dalam Pengawasan sebanyak 161 orang dan Pasien Dalam Pengawasan sebanyak 3 orang. Sedangkan untuk kabupaten Bantul sendiri, Orang Dalam Pengawasan berjumlah 68 orang, Pasien Dalam Pengawasan berjumlah 19 orang, dan positif Corona berjumlah 1 orang.

Langkah Tepat Antisipasi Virus Corona Covid-19 di Jogja

Setelah kita sudah mengetahui bagaimana perkembangan penyebaran virus Corona di wilayah Jogja dan sekitarnya, maka sebagai perwujudan sekaligus kepedulian terhadap diri sendiri, keluarga, masyarakat luas, hingga mendukung program pemerintah, maka perlu adanya antisipasi tepat yang dapat kita lakukan bersama.

Menjaga Kebersihan

Menjaga kebersihan ini dapat kita mulai dengan kebiasaan mencuci tangan secara rutin, baik sebelum masuk ke dalam ruangan, sebelum makan, dan kegiatan setelah di luar ruangan lainnya. Anda dapat mencuci tangan dengan menggunakan cairan desinfektan atau menggunakan air dan sabun. Cara ini merupakan salah satu langkah tepat untuk mengantisipasi sekaligus mencegah terjadinya penularan virus Corona.

Menerapkan Social Distancing

Antisipasi dan pencegahan penularan virus Corona lainnya adalah dengan menerapkan social distancing. Dimana kegiatan semacam ini dapat mengurangi keterlibatan dan menjaga jarak antara satu orang dengan yang lainnya, sehingga penyebaran virus Corona diharapkan dapat terhenti.

Pada dasarnya, mengingat jumlah penyebaran virus Corona yang kian meningkat, apalagi di wilayah Yogyakarta, tak perlu risau, panik, dan tetap waspada sehingga segala upaya antisipasi virus Corona Covid-19 di Jogja dapat dilakukan secara benar dan tepat.

Artikel terkait Antisipasi Virus Corona Covid-19 di Jogja, Penting Untuk Diperhatikan!

Recent Post

Berbicara soal keberlangsungan hidup setiap…
Menikmati suasana tempat wisata yang…

Archives