Menu

Air Terjun Terdekat di Gunungkidul Sebagai Destinasi Wisata Alam

Gunungkidul menjadi surganya tempat wisata. Pasalnya, kawasan ini menyediakan banyak wisata, terutama untuk wisata alamnya. Sehingga Gunungkidul menjadi tempat yang sering didatangi wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Salah satu yang bisa ditemui ketika berada di Gunungkidul yaitu wisata air terjun. Air terjun terdekat di Gunungkidul memiliki banyak pilihan.

Air Terjun Terdekat Di Gunungkidul Sebagai Destinasi Wisata Alam

dakatour.com

Daftar Air Terjun Terdekat di Gunungkidul

Untuk memudahkan wisatawan menemukan tempat liburan menarik berupa air terjun yang ada di Gunungkidul, maka baca sampai selesai. Hal ini agar bisa menambahkan daftar tempat liburan yang menarik untuk dikunjungi nantinya, baik bersama teman maupun keluarga.

Air Terjun Sri Gethuk

Untuk tempat liburan pertama adalah ari terjun Sri Gethuk yang berlokasi di Playen, Gunungkidul. Air terjun ini berada di tepian Sungai Oyo. Inilah yang membuat pengunjung harus berjalan kaki atau bisa menggunakan perahu getek. Namun untuk menggunakan perahu, pengunjung akan dikenakan biaya Rp 10.000 per orangnya (PP).

Ketika sampai di lokasi, nantinya pengunjung akan disuguhkan pemandangan yang indah serta tempat yang nyaman. Pasalnya, pengunjung bisa menikmati udara yang segar dan sejuk dengan gemericik suara air terjunnya.

Air sungainya memiliki warna hijau yang bisa digunakan pengunjung untuk berenang sepuasnya. Untuk melakukan aktivitas renang, pengunjung disarankan menggunakan pelampung dengan menyewanya sebesar Rp 20.000 untuk satu orang. Kenapa disarankan menggunakan pelampung? Pasalnya, kedalaman sungai mencapai 5 meter.

Tempat liburan ini memiliki fasilitas yang lumayan lengkap, seperti warung makan, toilet, wahana bermain, tempat untuk istirahat, dan flying fox. Untuk menikmati pemandangan, pengunjung bisa datang di jam operasional, mulai jam 07.00 sampai 17.00 WIB dengan biaya tiket Rp 10.000.

Luweng Sampang

Lokasi wisata ini berada di Jl. Juminahan, Sampang, Mongkrong, Sampang, Gedang Sari, Kabupaten Gunungkidul. Jam buka untuk wisata ini mulai jam 08.00 sampai 17.30 WIB dengan biaya tiket Rp 2.000 saja. Tentu dengan biaya ini, anda bisa menikmati keindahan air terjun dengan murah. Jika ingin mengunjungi tempat ini, ada baiknya jika musim penghujan.

Dimana pengunjungnya bisa menikmati indahnya air terjun layaknya Green Canyon. Jika memiliki dana yang terbatas, maka tempat liburan ini bisa menjadi alternatifnya dan yang paling utama adalah tempat ini memiliki banyak spot foto yang indah untuk dipamerkan di media sosial. Tempat wisata air terjun terdekat ini menjadi salah satu destinasi yang wajib dikunjungi ketika liburan tiba.

Air Terjun Kedung Kandang

Salah satu wisata air terjun terdekat ini bisa menjadi rekomendasi. Pasalnya, wisata ini sudah populer sejak tahun 2014 lalu, lokasinya berada di Gunung Api Purba Nglanggeran. Pesona air terjun dengan pemandangan hamparan sawah hijaunya membuat daya tarik tersendiri untuk pengunjung.

Air terjun ini memiliki debit air yang cukup besar. Dalam menjangkau lokasi wisata ini, pengunjung harus berjalan kaki sekitar 20 sampai 30 menit dari lokasi parkir. Guna menikmati wisata alam ini, bisa saat musim penghujan, karena musim kemarau airnya tidak bisa mengalir dengan sempurna. Untuk mencapai lokasi, pengunjung akan melewati area persawahan yang berundak dengan pemandangan yang memanjakan mata.

Selain memiliki pemandangan yang indah, airnya yang jernih dan dingin akan membuat hawa semakin sejuk. Untuk beristirahat, bisa menggunakan gazebo yang sudah disediakan. Supaya bisa menikmati liburan, maka datang di jam operasionalnya. Mulai jam 08.00 sampai 18.00 WIB dengan dikenakan biaya tiket Rp. 7000.

Wisata Alam Curug Gede

Jika anda berada di Patuk, ada baiknya untuk singgah di Desa Gembyong, Gunungkidul. Disana ada tempat yang menarik untuk dikunjungi. Tempat ini adalah wisata alam Curug Gede yang memiliki air terjun deras dengan airnya yang berwarna biru kehijauan.

Menariknya, tempat ini memiliki jarak air terjun yang berdekatan satu dengan yang lainnya. Jarak ini kurang lebih hanya sekitar 50 meteran saja. Namun jangan berkunjung ketika musim kemarau karena airnya pasti akan menyusut tidak seperti musim penghujan.

Pengunjung bisa menikmati indahnya pemandangan dengan berjalan kaki kurang lebih 100 meter dari lokasi parkir dengan biaya masuknya hanya Rp 4000. Tergolong wisata yang murah bagi anda yang memiliki dana terbatas untuk liburan. Jam buka tempat wisata air terjun terdekat ini mulai jam 08.00 sampai 17.00 WIB.

Artikel terkait Air Terjun Terdekat di Gunungkidul Sebagai Destinasi Wisata Alam

Archives