Menu

Keindahan Wisata Alam Air Terjun Jumog Karanganyar Jawa Tengah

Pada daerah karanganyar banyak terdapat tempat wisata alam yang telah dikenal, salah satunya yaitu Air Terjun Jumog. Tempat wisata tersebut terdapat di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar, tepatnya provinsi Jawa Tengah. Air terjun jumog memiliki ketinggian kurang lebih 30 m serta melukisakan keindahan khas dari pesona alam. Pada air terjun jumog seringkali terlihat pelangi yang menambah pesona keindahannya. Jumog sering dikenal dengan sebutan The Lost Paradise yang artinya “Surga Yang Hilang” oleh masyarakat yang bertempat disekitarnya. Orang yang mengunjungi dari dalam kota (daerah lokal) ataupun luar daerah. Tempat Wisata ini terdapat di Lereng Lawu kurang lebih 500 m pada sebelah baratnya candi sukuh.

Pada waktu dalam perjalanan menuju kawasan wisata air terjun jumog, anda dapat menikmati keindahan alam yang masih segar serta hijau. Anda bisa menghirup udara yang masih natural ataupun alami. Sebab jauh dari rumah industry serta perumahan warga. Disitu bisa mendengar suara hewan alam yang tidak buas. Tapi seiring dengan langkah kita membawa kita pada dunia alam yang menawan, antara lain suara burung dll. umumnya kita berada di kota dengan suara produksi dari mesin-mesin industry, keramaian kota juga antrian kendaraan sebab macet. Kesibukan di kota yang luar biasa bikin kita rindu akan kesunyian serta kedamaian. Oleh sebab itu, obyek wisata alam yang satu ini begitu cocok untuk dikunjungi.

Fasilitas Air Terjun Jumog

Obyek wisata alam air terjun Jumog memberikan banyak layanan pada pengunjungnya, diantaranya adalah Arena permainan anak guna memanjakan anak-anak anda. Jadi anak-anak bisa belajar dan juga bermain dengan wahana-wahana dari alam yang diberikan. Kolam renang yang masih begitu segar serta lumayan besar sehingga anda bisa berenang bersama keluarga tercinta. Terdapat gazebo, rest area yang dapat digunakan untuk istirahat, rumah makan serta hiburan. Selain layanan wisata di atas, di air terjun jumog juga terdapat akomodasi home stay dengan tarif sekitar 50 hingga 250 ribuan tiap malam. Nah untuk makanan khas yang paling populer dan enak di sana adalah Sate ayam dan juga sate kelinci.

Aksesbilitas

Berjarak kurang lebih 40 km ke arah timur Solo. Apabila berangkat dari arah Solo menuju Tawangmangu. pada pertigaan selepas Pasar Karangpandan, ambillah jalur ke kiri menuju arah Ngargoyoso. Jalur ke kanan ialah jalur ke Tawangmangu. Untuk pengguna kendaraan umum bisa menggunakan bis umum dari Solo ke terminal Karangpandan atau arah ke Tawangmangu. Dan dikenakan tarif sebesar Rp 5000 tiap orang , lalu diteruskan naik bis kecil ke Nglorog Candi Sukuh atau Air Terjun Jumog. Atau bisa juga terminal Kemuning (Candi Cetho) dengan tarif kurang lebih Rp 2000 tiap orang.

Selanjutnya naik ojek sebab tidak ada kendaraan umum menuju lokasi candi atau air terjun jumog. Tarif ojek telah tercantum, sekitar Rp 50000 pp, tetapi masih dapat dinego. Kemudian dari tempat parkir air terjun ini jaraknya sekitar 400 m dengan berjalan kaki melewati jalan setapak dengan bentuk tangga turun.  Jalan setapak untuk menuju ke air terjun ini telah tertata dengan baik dengan material batu semen.

Demikianlah ulasan mengenai wisata alam air terjun jumog yang terletak di karang anyar jawa tengah. Semoga dengan diulasnya tentang wisata alam air terjun ini bisa menambah keinginan anda untuk berkunjung ke tempat wisata yang begitu indah ini. Inilah bukti dari kekayaan wisata alam di Indonesia.

 

Artikel terkait Keindahan Wisata Alam Air Terjun Jumog Karanganyar Jawa Tengah

Archives