lklan-728x90
Menu

Wow…Gurun Pasir Yang Eksotis Ini Ada Di Jogja

DIY boleh jadi dinobatkan sebagai Provinsi dengan bentuklahan terlengkap di dunia. Mulai dari kenampakan gunung api merapi di sebelah utara, kenampakan pegunungan karst Gunugkidul, beberapa sungai besar, pegunungan lipatan di Imogiri, Serta kenampakan pesisir pantai di sebelah selatan. Salah satu fenomena kepesisiran yang menakjubkan di Indonesia adalah keberadaan Gumuk Pasir di Pesisir selatan Yogyakarta, tepatnya di Parangkusumo.

Gumuk pasir atau bukit pasir atau sand dune di tepi pantai dapat kita temukan di Yogyakarta, tepatnya di Pantai Parangtritis. Gumuk pasir di Pantai Parangtritis ini jenisnya adalah barchans atau bulan sabit. Fenomena alam ini menarik untuk dijadikan obyek wisata.

Gumuk Pasir

Fenomena Terbentuknya Gumuk Pasir

Gumuk Pasir terbentuk oleh adanya angin sehingga angin yang membawa material pasir ini akan membentuk bermacam-macam bentuk gumuk pasir. Material vulkanik Gunung Merapi berupa batuan yang pecah menjadi kerikil dan akhirnya menjadi butiran pasir terbawa angin menuju pantai tertahan oleh ombak dan angin yang sangat kuat dari Samudera Hindia menghasilkan seni indah gumuk pasir ini.

Keindahan Gumuk Pasir

Keindahan Gurun Pasirnya Jogja

Gumuk Pasir Parangkusumo atau dikenal dengan padang pasirnya Yogyakarta terbentuk selama ribuan tahun. Selain objek wisata, gumuk pasir ini juga dijadikan objek penelitian. Bahkan rencanaya Gumuk Pasir Parangkusumo akan dimasukkan dalam daftar Unesco World Heritage karena merupakan fenomena alam yang tidak biasa dan hanya ditemukan satu-satunya di Asia Tenggara.  Memiliki luas sekitar 2 km dari muara Pantai Parangtritis dan Pantai Depok menjadikan Gumuk Pasir objek yang indah bagi para fotografer.

Area Gumuk Pasir Parangkusumo juga pernah dijadikan syuting film Wanita Berkalung Sorban, video klip Angnes Monica dan group band Letto. Tidak hanya itu, tempat ini juga dijadikan tempat pengambilan gambar untuk prewedding dan manasik haji sebagai contoh keadaan padang pasir di Mekah yang akan dirasakan oleh para rombongan haji.

Eksotosnya Gumuk Pasir

Gumuk Pasir Parangkusumo memiliki suhu yang cukup ekstrim. Dimana ketika siang suhu sangat panas dan terik namun ketika malam hari suhu berubah menjadi sangat dingin. Sedangkan pasir yang terdapat di area ini terbilang unik karena memiliki karakteristik yang sama dengan gurun pasir yang terdapat di Meksiko. Gumuk Pasir Parangkusumo juga dijadikan wisata yang seru untuk bermain ski pasir (Sandboarding). Dengan ketinggian sekitar 20 meter, pengunjung dapat meluncur sepanjang 200 meter. Terdapat pengaman untuk siku, lutut dan helm sehingga pengunjung tidak perlu takut untuk meluncur.

Artikel terkait Wow…Gurun Pasir Yang Eksotis Ini Ada Di Jogja