lklan-728x90
Menu

Tempat Wisata Waduk Jatiluhur Purwakarta Jawa Barat

Waduk Jatiluhur dibangun atau didirikan pada tahun 1957 dan baru bisa diselesaikan dalam waktu 10 tahun oleh kontraktor yang berasal dari Negara Perancis. Tempat ini merupakan waduk serbaguna yang pertama kali ada di Negara Indonesia. Selain bermanfaat sebagai bendungan dan juga sarana untuk PLTA, waduk ini juga banyak sekali diminati oleh wisatawan sebagai objek wisata dari berbagai daerah. Waduk ini juga jadi sumber pengairan untuk sawah-sawah para penduduk lokal. Pengunjung yang mempunyai hobi memancing biasanya menghabiskan waktu untuk melakukan kegiatan memancing mereka di Waduk Jatiluhur ini.

tempat-wisata-waduk-jatiluhur-purwakarta-jawa-barat

Sesudah di lakukan penataan serta pengelolaan secara professional wilayah wisata ini di waduk jatiluhur di namakan GRAMA TIRTA JATILUHUR. Nama itu didapat dari bahasa sansekerta yang memiliki makna kampung air. Waduk jatiluhur ini berlokasi di Kecamatan jatiluhur, dan di kabupaten Purwakarta jawa barat. Selain berguna sebagai bendungan dan juga sarana PLTA waduk ini juga dijadikan sebagai irigasi persawahan masyarakat di sekitar. Selain itu banyak sekali fasilitas yang bias anda nikmati di waduk jatilubur ini. Antara lain kolam renang yang di bagi menjadi 4 yang terdiri atas kolam renang olimpic, kolam dangkal, kolam untuk anak anak, serta kolam untuk dewasa.

Wisata Waduk Jatiluhur

Selain itu ada juga penginapan, bungalow, water boom, ware slide, dan ada juga ruang pertemuan serta playground. Di waduk ini memang banyak sekali ada beragam macam ikan yang dapat ditangkap. Serta salah satunya yaitu ikan keramba jarring apung yang juga dibudidayakan di wilayah ini. Anda bisa memancing di siang hari ataupun pada malam hari. Biasanya saat malam hari suasana pada waduk ini semakin ramai. Sebab para pengunjung setelah memancing bisa menikmati hasil tangkapannya seperti ikan bakar yang lezat dan gurih.

Ada berbagai fasilitas lain yang bisa dinikmati di Waduk Jatiluhur. Seperti halnya kolam renang, restoran ataupun warung makan, tempat penginapan, bungalow, tempat bermain anak, bar. Ada juga lapangan tenis, area perkemahan, sarana rekreasi, tempat bilyard, sarana olahraga air, serta masih banyak lagi. Olahraga air yang disuguhkan juga ada bermacam-macam seperti sky air, naik kapal ataupun perahu, selancar angin, mendayung, serta kapal pesiar. Selain itu, yang asyik di objek wisata Waduk Jatiluhur yaitu kita bisa melihat Stasiun Satelit Bumi punya Indosat. Tentunya tidak hanya bermacam fasilitas yang menarik para pengunjung. Akan tetapi, suasana di Waduk Jatiluhur Purwakarta sendiri terlihat begitu permai dengan perbukitan, udara sejuk, pepohonan rindang. Dan keadaan yang tenang membuat pikiran menjadi lebih rileks.

Fasilitas Waduk Jatiluhur

Waduk jatiluhur ini juga ada tempat untuk budidaya ikan keramba jaring apung. Kalian yang punya hobi memancing dapat berburu ikan waktu siang ataupun pada malam hari. Bila malam datang suasana semakin seru sambil menikmati ikan hasil pancingan anda sendiri. Yang tidak mendapatkan ikan jangan khawatir di sana juga ada warung makan yang hoby akan wisata kuliner juga ada restoran. Serta ada warung makan yang menjual berbagai macam makanan yang lezat. Sebab di atas waduk jatiluhur ini terdapat perkampungan ataupun lebih tepatnya kampung air yang menjajakan beraneka makanan.

Menikmati lezatnya ikan  bakar serta es degan ataupun es kelapa muda sambil menikmati pemandangan waduk yang terbentang luas.  Waduk ini tidak kalah indah dari pada waduk sempor . Anda juga dapat berkeliling dengan perahu motor pada kawasan waduk jatiluhur. Atau berkeliling waduk pada waktu sore hari juga menarik dapat menikmati moment sunset yaitu saat saat yang romantic apalagi saat bersama pasangan.

Artikel terkait Tempat Wisata Waduk Jatiluhur Purwakarta Jawa Barat