lklan-728x90
Menu

Wisata Goa Di Semanu Gunungkidul Yang Indah Dan Wajib Anda Kunjungi

Wisata Goa Semanu Gunungkidul  –  Tempat wisata di Gunungkidul Yogyakarta memang memiliki keunikan dan daya pikat tersendiri bagi para pengunjung. Ini karena Gunungkidul memiliki beberapa landmark dan juga destinasi yang sangat indah. Selain pantai, di sana juga ada beberapa air terjun, goa dan juga keindahan alam yang sangat menarik. Gunungkidul sendiri merupakan salah satu tempat wisata di Jogja paling menarik dan populer. Tempat Wisata Goa yang Indah di Gunungkidul Yogyakarta, adalah tempat wisata terindah. Pernahkah anda mengunjungi wisata pantai di Gunung Kidul ? Pasti seru karena Gunungkidul terkenal dengan deretan pantainya yang sangat indah. Selain terkenal dengan wisata pantainya, Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta juga terkenal dengan wisata berupa goa alami.

wisata-goa-di-semanu-gunungkidul-yang-indah-dan-wajib-anda-kunjungi

Goa yang terdapat di Gunungkidul ini ada lebih dari 60 goa. Keberadaan goa alami yang ada di Gunungkidul tidak dapat dilepaskan dari keberadaan kawasan karst di kabupaten tersebut. Karst adalah sebuah bentuk permukaan bumi pada umumnya dicirikan dengan adanya depresi tertutup (closed depression), drainase permukaan, dan gua. Daerah ini dibentuk oleh pelarutan batuan, kebanyakan batu gamping. Daerah karst terbentuk oleh pelarutan batuan terjadi di litologi lain, terutama batuan karbonat lain misalnya dolomit, dalam evaporit seperti halnya gips dan halite, dalam silika seperti halnya batupasir dan kuarsa, dan di basalt dan granit dimana ada bagian yang kondisinya cenderung terbentuk gua (favourable). Kawasan karst yang ada di Kabupaten Gunungkidul ini masih termasuk Kawasan Karst Pegunungan Sewu

Dengan adanya puluhan goa yang ada di Kabupaten Gunungkidul ini tentunya sangat potensial untuk dikembangkan menjadi tujuan wisata. Beberapa tempat wisata goa di Gunungkidul diantaranya memang sudah dikembangkan sebagai tempat wisata yang sangat digemari oleh masyarakat. Hal itu karena goa yang ada di Gunungkidul ini memiliki keindahan yang sangat luar biasa indahnya yaitu berupa stalagtit dan stalagmit yang menjulang di tengah goa. Beberapa diantaranya bahkan dialiri aliran sungai bawah tanah, sehingga menambah keindahan dan kemegahan goa di Kabupaten Gunungkidul ini.

Goa Jomblang Semanu Gunungkidul

Wisata Goa Semanu Gunungkidul yang pertama adalah Goa Jomblang. Gua Jomblang merupakan salah satu dari ratusan kompleks wisata goa Semanu Gunungkidul yang terkenal karena keunikan serta keindahan tak terbantahkan. Berlokasi di rentangan perbukitan karst pesisir selatan yang memanjang dari Gombong, Jawa Tengah; hingga kawasan karst Pegunungan Sewu, Pacitan, Jawa Timur, Gua Jomblang pernah dijadikan tempat pengambilan gambar Amazing Race Amerika pada tahun 2011. Gua vertikal yang bertipe collapse doline ini terbentuk akibat proses geologi amblesnya tanah beserta vegetasi yang ada di atasnya ke dasar bumi yang terjadi ribuan tahun lalu. Runtuhan ini membentuk sinkhole atau sumuran dengan luas mulut gua sekitar 50 meter persegi. Dalam bahasa Jawa sumuran juga dikenal dengan istilah luweng, hingga gua ini pun sering disebut dengan nama Luweng Jomblang.

Wisata Goa Semanu Gunungkidul, Goa Jomblang ini ternyata memiliki cerita sejarah yang sangat kelam. Pada era tahun 1970-1980 an, gua ini dipakai untuk lokasi pembunuhan massal anggota PKI. Ratusan anggota PKI diperkirakan menemui ajalnya di goa Jomblang tersebut. Menurut cerita, mereka berkelompok dijejerkan di bibir gua dengan tangan saling terikat satu dengan yang lain. Ketika salah satu ditembaki sampai jatuh ke dalam gua maka anggota lainnya semua akan ikut terjatuh. Kisah ini sempat membuat takut masyarakat setempat ditambah lagi cerita-cerita angker tentang goa tesebut. Diceritakan juga adanya penjelajah yang hilang di gua tersebut. Pada tahun 1990an masyarakat sekitar gua menggelar doa bersama di gua tersebut. Sejak itu, tidak ada cerita atau kejadian lagi penjelajah gua yang hilang ditelan Goa Jomblang Gunungkidul. Bagi yang belum terbiasa, jalur yang dipakai untuk mencapai dasar gua akan sangat melelahkan. Ditambah lagi cerita-cerita seram mengenai goa tersebut dari para penjelajah yang pernah masuk, mungkin akan membuat para penjelajah merasa gentar sebelum memasuki gua tersebut. Akan tetapi begitu masuk ke dalamnya segala perasaaan yang menganggu sebelumnya akan tergantikan oleh keindahan Goa Jomblang.

keindahan-goa-jomblang-semanu

Keindahan Goa Jomblang Semanu

Saat berada didasar goa, dapat kita temukan beberapa tumbuhan tumbuh subur merimbun, pada dinding kapurnya ditumbuhi tanaman perdu. Setelah sampai dasar, penjelajah dapat beristirahat pada sebuah bilik bentukan alam. Selanjutnya penjelajah dapat meneruskan perjalanan menyusuri lorong yang menghubungkan goa Jomblang dengan gua vertikal lainnya yang bernama gua Grubug. Lorong penghubung dua goa tersebut cukup lebar dengan panjang sekitar 500 meter. Untuk menyusuri lorong tersebut dapat dengan mudah dilalui karena terdapat jalan setapak yang terbentuk dari bebatuan yang disusun memanjang. Tetapi penjelajah harus berhati-hati karena jalan tesebut sangat licin karena udara dalam gua yang lembab. Setelah sampai pada ujung lorong yang merupakan dasar goa Grubug, penjelajah bisa melihat keindahan yang luar biasa. Terdapat dua stalagmit yang cukup besar berwarna hijau kecoklatan berdiri tegak di tengah dasar gua Grubug.

Apabila penjelajah dapat mencapai dasar gua Grubug tepat pukul 13.00 WIB akan dapat melihat pemandangan yang eksotik dari sinar matahari yang menerobos masuk ke dalam kegelapan ke dasar gua Grubug. Sinar matahhari juga menyentuh sejumlah stalagtit dan stalagmit yang terbentuk dari tetesan air selama ribuan tahun. Terdapat aliran sungai yang berasala dari Kalisuci terletak pada sisi sebelah utara dari stalagmit besar tersebut. Penjelajah dapat menggunakan perahu karet pada saat musim kemarau untuk menelusuri jalur sungai tersebut. Aliran sungai tersebut menghubungkan dasar gua Grubug dengan beberapa gua lainnya di wilayah pegunungan karst tersebut. Pada musim penghujan aliran sungai tersebut lumayan deras sehingga disarankan tidak mencoba menelusuri sungai tersebut karena sangat berbahaya.

Oleh karena itu, siapapun yang hendak caving di Goa Jomblang wajib menggunakan peralatan khusus yang sesuai dengan standar kemanan caving di goa vertikal dan harus didampingi oleh penelusur goa yang sudah berpengalaman. Bagi yang belum terbiasa, jalur yang dipakai untuk mencapai dasar goa akan sangat melelahkan. Ditambah lagi cerita-cerita seram mengenai gua tersebut dari para penjelajah yang pernah masuk, mungkin akan membuat para penjelajah merasa gentar sebelum memasuki goa tersebut. Akan tetapi begitu masuk ke dalamnya segala perasaaan yang menganggu sebelumnya akan tergantikan oleh keindahan Goa Jomblang. Anda akan dimanjakan pemandangan hjaunya hutan yang sangat subur, aneka lumut, paku-pakuan, semak, hingga pohon-pohon besar tumbuh dengan rapat. Hutan dengan vegetasi yang subur ini sering dikenal dengan nama hutan purba. Sejak proses runtuhnya tanah ke bawah, vegetasi ini terus hidup dan berkembang biak hingga saat ini.

Fasilitas Dan Harga tiket Goa Jomblang

Jumlah maksimal yang diijinkan untuk masuk Gua Jomblang dalam waktu yang bersamaan adalah 25 orang. Hal ini bertujuan untuk menjaga stabilitas ekosistem dan kondisi gua. Harga tiket caving Jomblang Rp 450.000 sudah termasuk guide, peralatan SRT set, makan siang, asuransi IAG (tidak termasuk transport). Pembayaran dilakukan secara cash di lokasi. Jika perlu transportasi dari Jogja, tersedia mobil Avanza berkapasitas 6 orang dengan biaya Rp 500.000 (pulang pergi). Berangkat dari Jogja jam 7.30, tiba di Gua Jomblang jam 9.30, persiapan dan masuk Gua jam 10.30 selesai jam 13.30. Untuk memasuki gua ini tidak dipungut biaya. Rumah Kepala Dukuh Jetis Wetan sudah lama digunakan sebagai tempat persinggahan sementara selain untuk menitipkan barang-barang sebelum masuk ke gua. Kepada Dukuh dan istrinya biasanya akan menyambut tamu yang datang dengan menyediakan air putih atau teh hangat kepada pejelajah. Selain itu kepala dukuh juga mempersilahkan untuk menggunakan kamar mandinya untuk dipergunakan membersihkan lumpur-lumpur selama perjalanan ke dalam gua. Atas kebaikan kepala dukuh yang membuka rumahnya untuk setiap penjelajah yang singgah tersebut biasanya penjelajah memberikan sejumlah uang seikhlasnya.

goa-seropan-sensasi-explorasi-perut-bumi

Goa Seropan Sensasi Explorasi Perut Bumi

Wisata Goa Semanu Gunungkidul yang kedua adalah Goa Seropan. Gua seropan terletak di desa Semuluh, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, dan mempunyai panjang 888 meter. Gua seropan sendiri merupakan gua yang sangat indah dengan berbagai keunikan yang ada didalam gua itu sendiri, keadan wilayah gua seropan yang masih alami dan asri menambah kenyamanan dan ketenangan saat berada dilokasi ini, anda akan mendapatkan suatu wisata alam yang lebih disini. Keistimewaan gua seropan akan anda dapatkan mulai dari luar gua hingga masuk kedalam perut gua. Mulai dari luar gua anda akan dimanjakan dengan tebing- tebing kapur yang bisa anda taklukan, digua ini anda bisa menemukan 13 jalur panjatan dengan berbagai tingkat kesulitan yang bervariasi, panjat tebing diluar Gua Seropan cocok bagi anda yang baru belajar panjat tebing dan masih pemula, jadi tidak ada salahnya jika anda mencobanya.

Tempat ini menjadi tempat yang sangat cocok bagi para petualang yang ingin mengeksplorasi perut bumi sambil menyelusuri lorong-lorong gua dengan keunikan dan lukisan alam yang tergambar jelas di dinding gua. Selain itu, Gua Seropan juga menawarkan keindahan dan suasana asri sehingga siapapun yang datang berkunjung pun makin takjub dengan keaslian polesan alam yang masih terlihat di sana. Keistimewaan lain dari Gua Seropan yang dapat sobat traveler nikmati adalah banyaknya tebing-tebing kapur yang masih terlihat sangat alami. Goa ini juga terkenal dengan sungai bawah tanahnya yang ketika musim hujan memiliki debit air yang cukup tinggi, di dalamnya juga terdapat air terjun. Air sungai bawah tanah ini pernah dimanfaatkan penduduk untuk sumber air bersih dengan menggunakan pompa air, sehingga mulut goa satu ini juga dilengkapi pintu jeruji untuk menghindari tangan-tangan tak bertanggung jawab.

Memasuki dan menyusuri bawah tanah gua seropan, anda akan menyusuri gua ini dengan tinggi dan rendah gua yang bervariasi, dan kondisi dasar gua ini berair dan berlumpur dengan tinggi ari yang bervariasi hingga maksimal sampai lutut. Batuan stalagmite dan stalaktit yang terbentuk ratusan tahun akan menghiasi setiap perjalanan anda ,panjang lorong gua ini kurang lebih 211 meter dan pada percabangan lorong terdapat sungai bawah tanah yang memiliki debit air yang besar 750 liter/ detik, dan air bawah tanah itu dijadikan sebagai pembangkit listrik dengan menggunakan microhydro technologi. Yang paling ditunggu dalam perjalan menyusuri gua ini adalah menemukan air terjun yang terdapat dalam gua seropan, suatu fenomenal yang mungkin tidak akan anda temukan di gua- gua yang lainnya. Air terjun dengan ketinggian 7 meter yang bisa menghilangkan lelah anda, dan menyegarkan semuanya, anda akan menemukan sesuatu yang berbeda digua seropan ini.

Susur Goa Seropan

Tidak dikenakan biaya apapun untuk masuk kedalam gua seropan, namun bagi anda yang ingin berkunjung kegua ini diwajibkan untuk membawa perlengkapan sendiri dengan standar  karts agar tidak terjadi hal yang tidak  diinginkan. Karena, tidak tersedia fasilitas untuk caving (menyusuri goa). Namun, Anda bisa meminta bantuan Acintyacunyata Speleological Club (ASC) jika tidak punya peralatan, apalagi keahlian caving. Untuk masuk ke objek ini, belum dikenakan biaya retribusi apa pun. Selain bisa menyusuri goa, Anda yang hobi panjat tebing bisa menyalurkan kesenangan Anda di sini. Ada 13 jalur pemanjatan dengan berbagai tantangan. Kedalamannya mencapai 60 meter. Oleh karena itu, mempersiapkan fisik dan mental sebelum adu nyali di goa ini sangat penting. Selain pesona air terjun bawah tanah, perjuangan Anda menuju dasar goa juga dibayar dengan keelokan sungai bawah tanah yang memiliki debit air 750 liter per detik. Itu debit air di musim kemarau.

Lorong ke arah hulu, seluruhnya terendam air dengan kedalaman antara 1 meter sampai 1,5 meter. Pada bagian sisi dalam belokan sungai, biasanya air lebih dalam. Lorong ini berakhir pada sebuah sump, yaitu lorong gua yang seluruhnya terendam air, dari dasar sampai atap. Ke arah hilir, kedalaman air relatif lebih dangkal, sekitar 0,6 meter sampai kedalaman 1,5 meter. Lorong ini berakhir pada sebuah tempat di mana terdapat air terjun pertama dengan ketinggian secara keseluruhan sekitar 8 meter. Setelah air terjun pertama ini, lorong masih berlanjut sekitar 200 meter sebelum berakhir pada air terjun kedua setinggi 9 meter. Selanjutnya, aliran air sungai bawah tanah ini berakhir pada sebuah sump berikutnya. Sebenarnya tujuan menyusur Gua Seropan adalah untuk memetakan bidang-bidang diskontinyu yang pada umumnya berupa struktur geologi, tetapi kadang kurang jelas akibat proses pelarutan. Namun, keberadaan stalaktit yang berjajar membentuk kelurusan dapat mengindikasikan adanya bidang diskontinyu. Di beberapa segmen gua, stalaktit dan stalagmit menyatu membentuk tiang, menyangga gua sehingga tidak runtuh.

Akses menuju Gua Seropan sudah terbilang mudah. Selain bisa menggunakan kendaraan pribadi, wisatawan juga bisa melancong dengan menggunakan kendaraan umum. Bagi Anda yang membawa kendaraan sendiri, Anda bisa mengambil jalan Wonosari dan melanjutkan perjalanan ke arah Bedoyo. Waktu tempuh kurang lebih 1,5 hingga 2 jam dari kota Yogyakarta. Untuk yang menggunakan kendaraan umum, Anda bisa menggunakan bus jurusan Yogyakarta-Wonosari dan kemudian disambung dengan bus umum menuju ke Bedoyo. Bagi yang berminat menyelusuri goa ini, bisa menemui terlebih dahulu penduduk sekitar yang dimandat sebagai juru kunci goa, karena untuk masuk goa kita harus melewati gerbang besi yang digembok.

Demikian ulasan tentang Wisata Goa Semanu Gunungkidul yang wajib untuk anda kunjungi. Semoga dengan adanya ulasan tentang wisata Goa Semanu gunungkidul ini bisa menjadi referensi bagi anda yang ingin berwisata di Gunungkidul, khususnya di Kecamatan Semanu ini. Dengan mengetahui keindahan wisata goa Semanu Gunungkidul ini anda pasti tidak akan menyesal dan ingin kembali lagi untuk merasakan wisata ini dengan mengajak teman dan kerabat dekat anda.

 

 

 

 

 

 

Artikel terkait Wisata Goa Di Semanu Gunungkidul Yang Indah Dan Wajib Anda Kunjungi