lklan-728x90
Menu

Wisata Bukit Panguk, Kediwung Wisata Asri Nan Alami

Nama sebutan Bukit Panguk sudah tidak asing lagi bagi warga wilayah masyarakat kediwung. Panguk yang berarti anguk-anguk atau bisa diartikan melihat dari tempat ketinggian tertentu. Sesuai dengan namanya bukit panguk memang berada di atas tebing yang oleh warga sekitar tebing tersebut dikenal dengan sebutan Tebing Watu Lawang (TWL),yang di bawahnya adalah lembah hijau dan sungai kali oya.

Dusun Kediwung merupakan salah satu dari pedukuhan yang ada di Desa Mangunan, Dlingo Bantul, Yogyakarta. Lokasinya jauh dari perkotaan yang mana suasananya masih asri dan terdapat banyak pepohonan. Batas administrasi dusun ini, sebelah utara berbatasan dengan dusun Kanigoro, sebelah selatan dan barat berbatasan dengan Sungai Oyo sedangkan sebelah timur berbatasan dengan kabupaten Gunung Kidul.

Wisata Bukit Panguk, Kediwung Wisata Asri Nan Alami

Pemandangan Bukit Panguk, Kediwung

Maraknya wisata perbukitan membuat Dinas Pariwisata Bantul semakin gencar mempromosikan beberapa kawasan perbukitan yang potensial, khususnya obyek wisata yang ada di padukukan Kediwung, Dsa. Mangunan, Kec. Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Karakter tanah di Desa Mangunan ini memang berbukit-bukit. Tak heran bila di sini banyak spot keren yang sangat potensial sekali untuk dijadikan tempat wisata. Selain Bukit Kebun Buah Mangunan, muncul lagi bukit Panguk yang kini sedang getol dikembangkan dan dipublikasikan oleh Dinas Pariwisata setempat.

Bukit dan tebing yang membuat terpesona setiap orang yang mengunjunginya ini. Menawarkan exotika alam dan sangat berpotensi dalam pelestarian lingkungan, kebudayaan dan pariwisata. Berada dalam perlindungan dan pengawasan Dinas Kehutanan ini terdapat hutan jati dibukit dan hutan pinus dideretan lembah atau kaki bukit. Bukit Panguk ini sangat digemari dari berbagai kalangan masyarakat dan dari touris lokal maupun international.

Udara yang masih segar dan banyak panorama alam dari deretan pegunungan seribu, bukit dan lembah serta aliran sungai yang indah.Terdapat juga Tebing Watu Lawang (TWL) dan dua goa yang mempunyai cerita dari warga masyarakat sekitar yaitu goa pertapaan dan goa soo. Area yang menantang adrenalin bagi pemanjat dan pecinta alam ini. Sangat cocok dan asik untuk aeromodeling flaying fox ataupun juga kegiatan berkemah.

Apa Saja Fasilitas Di Bukit Panguk?

Bukit Panguk yang baru diresmikan tanggal 16 Mei 2016 ini recommended buat kamu yang menyukai suasana alam perbukitan. Seperti saudaranya yaitu Bukit Buah Mangunan, Bukit Panguk juga menyuguhkan keindahan alam perbukitan yang memesona, yang mampu menghipnotis siapapun yang menginjakan kaki. Di bawah bukit, terdapat aliran sungai Oya yang semakin menambah keindahan bukit Panguk. Sementara di sekelilingnya, mata kamu akan dijamu oleh rimbunnya pepohonan hijau. Harmonisasi alam anatara tebing, bukit, sungai dan rimbunnya pepohon tentu menjadikan obyek wisata bukit Panguk sangat pas untuk ngadem.

Tempatnya yang terbilang masih baru, membuat kamu lebih leluasa menghabiskan waktu di sini, baik untuk santai-santai, qualty time bersama teman atau pacar, foto-foto, atau bahkan ngevlog yang sekarang lagi hits banget.

Meski terbilang masih sangat baru, namun fasilitas di sini sudah lumayan lengkap. Mulai dari warung-warung yang menjajakan cemilan dan minuman, jadi buat kamu yang lapar atau ingin jajan bisa lah nongkrong sebentar di warung-warung tersebut. Ada juga gardu pandang, nah gardu pandang ini yang biasa dijadikan spot buat foto-foto para wisatawan. Kalau sudah puas foto-foto, disediakan juga tempat buat duduk-duduk santai.

Rute Menuju Bukit Panguk

Untuk Sampai DiBukit Panguk, bisa melalui beberapa jalur bisa via Bantul, via kota Jogja maupun via Gunung Kidul. Dari arah tersebut, kamu bisa mengambil jalur menuju Dlingo, dari Dlingo kamu terus pacu kendaraanmu sampai tiba di kawasan Mangunan. Nah, sesampainya di Mangunan, kamu pacu lagi kendaraanmu sampai tiba di padukuhan Kediwung. Jika kamu sudah tiba di padukuhan Kediwung, itu artinya kamu sudah dekat sekali dengan Bukit Panguk. Kamu tinggal mengikuti papan petunjuk jalan yang menunjukan ke arah Bukit Panguk.

 

Artikel terkait Wisata Bukit Panguk, Kediwung Wisata Asri Nan Alami