Menu

Wisata Ala Timur-Tengah di Gumuk Pasir Parangtritis

Di antara Pantai Depok dan Pantai Parangtritis, Gurun Pasir merupakan pemandangan yang sangat indah dan mengesankan yang terdapat di Pantai Parangtritis. Gurun Pasir biasanya banyak ditemui di berbagai negara Timur Tengah atau Afrika Utara. Wisata Gurun pasir ini hanya terdapat di Yogyakarta tepatnya di kawasan wisata Pantai Parangtritis, sehingga menjadi magnet bagi para wisatawan berbagai lokal. Anda tidak perlu berkunjung ke luar negeri di sini pun anda bisa menikmati keindahannya.

Gumuk ini merupakan hasil dari fenomena yang berabad-abad, yang merupakan hasil dari aktivitas gunung merapi, kali opak serta pantai parangtritis. Pasir yang berada di gumuk ini dihasilkan oleh gunung merapi yang dialirkan oleh kali opak sehingga sampai ke pantai selatan. Kemudian adanya hantaman oleh ombak besar secara terus menerus, yang menghasilkan butiran pasir yang sangat halus. Butiran pasir halus tersebut tersapu oleh angin ke daratan, maka terciptalah sebuah gurun yang dinamai gumuk pasir.

Gumuk ini terkenal dengan nama Gurun Pasir Parangtritis untukĀ  sekarang ini Gumuk Pasir mempunyai daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Wisatawan yang tadinya hanya ingin ke Pantai Parangtritis dan Pantai Depok, mereka menyempatkan untuk berkunjung ke Gumuk Pasir salah satu fenomena alamĀ  di Asia Tenggara. Gumuk Pasir ini telah diakui sebagai world heritage atau sebagai warisan dunia, sehingga popularitas tempat ini sangat meningkat untuk mengunjungi Yogyakarta.

Daya Tarik Gumuk Pasir

Para pengunjung dapat berselancar menikmati sensasi dari Gumuk Pasir itu sendiri. Kita dapat berselancar dengan mengunakan papan seluncur atau sering disebut dengan sandboarding. Di Gumuk Pasir ini banyak tempat penyewaan papan selancar dengan berbagai macam harga sesuai dengan durasinya.

Lokasi Gumuk Pasir Parangtritis

Gumuk Pasir Parangtritis ini berada di Jl. Pantai Parangkusumo RT. 1, Grogol 10, Kretek, Parangtritis, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55772. Wisata ini terletak disebelah timur Pantai Depok atau barat Pantai Parangtritis, tepatnya berada di tengah-tengah kedua pantai tersebut. Rute jalannya sangat mudah, bahkan aspalnya mulus sehingga para wisatawan dapat dengan mudah menemukan.

Artikel terkait Wisata Ala Timur-Tengah di Gumuk Pasir Parangtritis

Archives