lklan-728x90
Menu

Warna- Warni Keindahan Kebun Bunga Krisan Hargobinangun

Bunga Krisan (CRHYSANTIMUM), salah satu bunga yang berasal dari negeri Cina. Di Indonesia sendiri bunga krisan sangat akrab disebut sebagai bunga Aster / Seruni. Bunga Krisan mampu tumbuh dengan baik di ketinggian 700-1200 Dpl. Krisan itu sendiri merupakan tanaman daerah subtropika dan merupakan tanaman hari pendek (short day plant). Bunga Krisan dapat segera berbunga jika mendapatkan penyinaran kurang dari 14,5 jam (13-16 jam), sehingga krisan perlu diberikan penambahan cahaya pada malam hari.

Warna- Warni Keindahan Kebun Bunga Krisan Hargobinangun
Tanaman hias Krisan pertama kali dikenalkan di dusun Wonokerso, Hargobinangun, Pakem, Sleman, oleh Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) DIY. Di dusun wonokerso, kita dapat melihat banyak sekali tanaman krisan dikelola dengan baik. Bunga krisan dari berbagai warna dapat kita nikmati keindahannya, itu jika kita datang di saat semua bunga krisan berbunga. Namun, meskipun tidak datang disaat bunga krisan berbunga semua, kita juga masih bisa menikmati beberapa bunga krisan yang bermekar di kebun lain. Tentu saja kebun tersebut masih dalam pengawasan Astha Bunda yang menaungi penanaman bunga krisan di dusun Wonokerso.

Pembudidayaan Bunga Krisan Di Sleman

Jumlah kubung (rumah lindung) bunga Krisan yang dimiliki berupa kubung produksi sebanyak 41 kubung dengan luas 7.890 m2, kubung indukan 2 kubung dengan luas 1300 m2 yang berkapasitas 45.000 batang dan direncanakan terdapat penambahan kubung sebanyak 6 buah dengan luas 1.100 m2.

Pembudidayaan Bunga Krisan Di Sleman

Varietas yang dibudidayakan untuk spray yaitu Aster Putih, Puspita Nusantara, Regent Putih, Lerbin, Ever Green, Funny Captive, Remix Red dan Pasopati. Sedangkan untuk jenis standart dibudidayakan Snow White, Shena Select, Fiji Yellow, Fiji White, Sakuntala dan Anastasya. Kapasitas  produksi bunga sekitar 394.500 batang / musim tanam ( 1 tahun 3 musim tanam).  Pengembangan Krisan di  Kabupaten Sleman masih sangat mungkin untuk dikembangkan mengingat prospek pasar yang masih sangat terbuka terutama untuk toko  bunga dan dekorator. Saat ini budidaya bunga krisan hanya mampu mensuplay 10% dari kebutuhan yang ada di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Dan besar kemungkinan untuk mensuplay kebutuhan nasional dan ekspor.

Artikel terkait Warna- Warni Keindahan Kebun Bunga Krisan Hargobinangun