lklan-728x90
Menu

Destinasi Wisata Waduk Malahaya Brebes Jawa Tengah

Waduk Malahayu merupakan salah satau waduk yang terletak di dekat perbatasan Jawa Tengah-Jawa Barat. Pasnya di Kecamatan Kecamatan Banjarharjo, Kabupaten Brebes, di Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Pada mulanya waduk ini menggenang pada perbatasan Desa Malahayu dengan Desa Cipajang serta Desa Penanggapan. Akan tetapi akibat mendangkalan kini secara umum hanya menggenangi area Desa Malahayu sekaligus lokasi bendungan utamanya. Waduk Malahayu berjarak kurang lebih 6 km dari pusat Kecamatan Kecamatan Banjarharjo ataupun 17 km dari Kecamatan Kecamatan Tanjung.

destinasi-wisata-waduk-malahaya-brebes-jawa-tengah

Waduk Malahayu dibangun atau didirikan  pada tahun 1934-1937 serta diresmikan pada 19 Mei 1938 oleh Kolonial Belanda. Bangaunan Waduk ini dibuat dengan cara membendung Sungai Kebuyutan ataupun Sungai Ciblandongan yang mempunyai Daerah Aliran Sungai (DAS) dengan luas 63 Km2 bersama anak sungainya seperti Sungai Cimandala, Sungai Pabogohan, serta Sungai Ciomas. Pada waktu diresmikan waduk ini mempunyai kapasitas tampungan yang mencapai 69 Juta m3. Dengan wilayah layanan irigasi mencapai sekitar 18.456 Hektar. Akan tetapi pengukuran tahun 1977, daya tampung Waduk Malahayu tinggal 46 Juta m3 akibat dari sedimentasi.

Mitos Waduk Malahaya

Mitos yang hidup di masyarakat pada sekitar waduk ini yaitu setiap pasangan pengantin yang baru, wajib membasuh mukanya dengan air waduk. Konon katanya, pasangan yang melaksanakan hal itu akan menjadikan langgeng mengarungi bahtera rumah tangga. Sebab itu, hampir setiap ada pengantin yang baru, mereka selalu menyempat nyempatkan dirinya untuk berkunjung ke lokasi waduk tersebut. Uniknya, mereka kadang-kadang datang masih memakai pakaian pengantin, dengan diiringi puluhan bahkan ratusan para pengiring. Tradisi ini dilakukan selain dipercaya mengandung hikmah kelanggengan bagi pasangan itu, juga sebagai usaha tolak bala.

Tempat Wisata Waduk Malahayu Banjarharjo di Malahayu Brebes Jawa Tengah adalah tempat wisata yang sebaiknya anda kunjungi sebab pesona keindahannya tidak ada bandingnya. Wisata Waduk Malahayu Banjarharjo di Malahayu Brebes Jawa Tengah merupakan sebuah bendungan peningggalan dari penjajahan Belanda. Bangunan Waduk ini sangatlah indah ,hanya saja yang perlu disayangkan saat ini perawatan yang kurang maksimal. Hingga pesona keindahan waduk malahayu agak memudar. Tapi tidak terlepas dari itu waduk malahayu memiliki misteri misteri yang begitu menyeramkan.

Wisata Waduk Di Brebes

Konon katanya ada seekor ular, untung yang menjadi seekor ular yang dulunya sempat dipelihara oleh seorang petani yang bernama ki jaminar. Ki jaminar mencangkul sawah tidak sengaja mencangkul ekor ular hingga terputus. Sebab merasa bersalah dan kasian ki jaminar membawa ular tersebut ke rumahnya serta memberikan nama si buntung. Akan tetapi lama kelamaan tanpa diduga sibuntung tambah besar sampai akhirnya sibuntung dilepaskan di waduk malahayu. Pernah Ada orang hampir saja tenggelam diwaduk itu. Akan tetapi anehnya orang tersebut tiba tiba ada ditepian waduk. Banyak orang mengatakan bahwa sibuntung sang penjaga waduk sudah membantu menyelamatkan orang yang hampir saja tenggelam tersebut.

Berbagai fasilitas disediakan di kompleks wisata ini. Diantaranya adalah kolam renang anak, mainan anak, becak air, perahu pesiar, perahu dayung, panggung terbuka dan disediakan tempat parkir yang lumayan luas. Pada tiap Idul Fitri diadakan Pekan Wisata dengan pentas orkes melayu ataupun dangdut sebagai hiburan. Sementara untuk Sedekah Waduk, dilakukan oleh masyarakat setempat pada tiap hari raya. Terkadang ada acara lomba balap perahu, lomba mancing, serta banyak lagi. Penduduk sekitar juga menggunakan perahu compreng sebagai rekreasi air dalam mengelilingi waduk. Ikan Mujaer goreng merupakan hidangan teristimewa di lokasi wisata ini. Ada beberapa warung makan yang mendirikan bangunan di timur waduk yang menyajikan ikan mujair goreng dengan harga yang murah.

Artikel terkait Destinasi Wisata Waduk Malahaya Brebes Jawa Tengah