lklan-728x90
Menu

Upacara hari jadi Kabupaten Gunungkidul ke-183, acara pakai adat Jawa.

hari jadi gunungkidul 183

Gedangsari.com – Pelaksanaan upacara hari jadi Kabupaten Gunungkidul ke-183 terseleggara tepat pada hari Selasa 27 Mei 2014 di alun-alun wonosari kabupaten Gunungkidul. Hal yang unik dalam seteiap acara peringan hari jadi tersebut adalah penggunaan adata jawa pada pelksanaan upacara. Secara ceremonial penggunaan bahasa menggunakan bahasa jawa. Termasuk juga aba-aba pada pelaksanaan uapaca juga menggunakan bahasa jawa. Tidak lupa pula sebagi pelengkap, seluruh peserta upaca mengguakan adat jawa baik laki-laki maupun perempuan.

upacara hut gunungkidul 2014

Dalam upacara peringan hari jadi kabupaten gunungkidul tersebut, hadir sebagai inspektur upacara adalah SRI SULTAN HAMENGKUBUWONO X.  Hadir pula dalam acara tersebut sebagai tuan rumah bupati Gunungkidul Hj. Badingah beserta jajaran sekda dan juga pns dilingkungan pemerintah kabupate gunungkidul. Turut sebagai peserta seluruh perangkat desa di wilayah kabupaten gunungkidul.

Seni Tari Gambyong dengan 183 penari

tari gambyong gunungkidul

Sebelum acara dimulai, peserta upacara di suguhi tontonan menarik nan apik berupa tarian gambyong yang bawakan oleh para penari sebanyak 183 di tengah lapangan. Tontonan itu sangat menarik untuk ditinggalkan. Sealain tarian yang memukau yang dibawakan oleh para siswi gabungan dari sekolah-sekolah di gunungkidul, tarian diiringi gamelan oleh penabuh abdi dalem KRATON NGAYOGYOKARTO HADININGRAT.

Rebutan Gunungan di alun-alun

rebutan gunungan

Tidak lengkap rasanya jika dalam adat budaya di gunungkidul tanpa kehadiran GUNUNGAN hasil bumi yang diperebutkan. Begitu pula dalam acara hari jadi kabupaten Gunungkidul tersebut, secara simbolik 18 gunungan yang berasal dari 18 kecamatan di gunungkidul diserahkan ke pada bupat gunungkidul oleh para camat. Yang selanjutnya akan diberikan ke masyarakat.

rebutan gunungan gunungkidul kirab

 

 

Artikel terkait Upacara hari jadi Kabupaten Gunungkidul ke-183, acara pakai adat Jawa.