lklan-728x90
Menu

Tips Mudik Lebaran Yang Aman Bagi Warga Gunungkidul

01/07/2016 | Informasi Update

Lebaran sudah hampir tiba, tinggal menghitung hari Idul Fitri sudah di depan mata. Hari raya lebaran ini merupakan momen yang dinantikan bagi warga Gunungkidul yang merantau baik di Jakarta maupun di tempat lain. Lebaran pasti identik dengan mudik, semua yang merantau berbondong- bondong pulang ke kampung halaman masing- masing.

Musim mudik selalu identik dengan membeludaknya kendaraan dan timbulnya kemacetan, terutama di Pulau Jawa. Yang sudah mahfum terjadi, masih adanya tren mudik jarak jauh dengan menggunakan sepeda motor. Diperkirakan ratusan ribu atau bahkan jutaan sepeda motor akan memadati arus mudik Lebaran 2016 ini.

Mudik atau pulang kampung bukan suatu beban berat bagi yang kebetulan kampung halamannya bisa ditempuh dalam hitungan jam, namun bagi yang harus menempuh perjalanan seharian atau bahkan berhari-hari apalagi dengan membawa kendaraan pribadi, acara mudik harus dipersiapkan benar-benar, terutama kondisi fisik. Hal ini untuk menciptakan rasa aman dan nyaman selama perjalanan. Yang tak kalah pentingnya adalah kondisi kendaraan, pastikan jauh-jauh hari bahwa kendaraan yang akan dipakai sudah siap ‘tempur’.

Tips Mudik Lebaran Yang Aman Bagi Warga Gunungkidul

Tips Mudik Lebaran Ke Gunungkidul

Wilayah Gunungkidul yang memang terkenal banyak warga perantau akan menjadi salah satu destinasi para pemudik. Membanjirnya pemudik ini tentu saja berakibat pada meningkatnya volume kendaraan di jalanan Gunungkidul secara drastis. Keramaian yang ada ini membuat potensi terjadinya kecelakaan menjadi cukup tinggi. Di tengah intensitas kendaraan yang begitu tinggi, tentunya para pemudik perlu lebih bijaksana saat berkendara.

Salah satu hal yang penting dan harus selalu diperhatikan adalah kesiapan fisik sehat jasmani dan rohani serta yang tak kalah pentingnya cek kendaraan yang akan dipakai untuk mudik. Kasatlantas juga berpesan agar para pemudik tidak membawa muatan baik barang maupun penumpang secara berlebihan karena selain berbahaya juga akan sangat mengurangi tingkat kenyamanan penumpang. Sebagaimana diketahui, dengan kepadatan lalu lintas yang terjadi, tentu sangat berpengaruh terhadap waktu tempuh dan laju kendaraan sehingga menjadi lebih lama untuk sampai ke tujuan.

Sebelum perjalanan semua kelengkapan harus dicek, seperti komponen kendaraan perlengkapan keamanan serta surat-surat kendaraan harus komplit.

Jangan lupa membawa peta jalur mudik, karena ini sangat penting dan berguna. Hendaknya pilihlah peta yang memuat jalur-jalur alternatif secara detail, ini penting sekali apabila terjadi kemacetan di suatu titik. Dan jangan lupa peta tersebut dilengkapi dengan nomor-nomor telepon penting, info tol sepanjang Pulau Jawa, dan lainnya.

Para pemudik dengan perjalanan jauh dihimbau agar tidak tergesa-gesa saat di perjalanan, karena itu sangat beresiko. Jika badan terasa lelah dan mengantuk ada baiknya untuk istirahat sejenak untuk memulihkan tenaga dan menghilangkan rasa kantuk. Lebih lanjut ia menerangkan khusus pemudik yang memasuki wilayah Kabupaten Gunungkidul dihimbau untuk tidak menyalip kendaraan lain saat berada di tikungan. Hal semacam ini sangat beresiko mengingat  topografi jalan di Kabupaten Gunungkidul medannya beragam, lika-liku serta banyak tanjakan dan turunan.

Intinya keselamatan itu yang paling utama, jangan tergesa-gesa, kedepankan berkendara aman.

Harap simpan tenaga dan tetap jaga kesehatan untuk siap pulang balik setelah mudik. Jangan pulang balik di pas mepet sekali besoknya harus sudah masuk kantor dan anak-anak masuk sekolah, pasti kelelahan kan? Ada baiknya ambil waktu sehari istirahat sebelum besoknya melakukan aktifitas rutin.

Nah, demikianlah tips mudik lebaran yang aman bagi warga Gunungkidulyang hendak pulang ke kampung halaman. Selamat Mudik!

 

jasa buat blog

Artikel terkait Tips Mudik Lebaran Yang Aman Bagi Warga Gunungkidul

loading...