lklan-728x90
Menu

7 Tempat Wisata Tulungagung Jawa Timur yang Mendunia

Tulungagung merupakan daerah di provinsi Jawa Timur yang menyimpan beragam wisata yang sayang jika dilewatkan. Kabupaten ini terdiri dari wilayah dataran rendah hingga pegunungan. Oleh karena itu, selain mempunyai pantai-pantai yang sangat indah, Tulungagung juga memiliki pesona pemandangan pegunungan serta air terjun yang menarik. Segudang tempat wisata Tulungagung yang wajib anda kunjungi diantaranya yaitu wisata alam dan wisata sejarah.

Jika anda ingin berlibur, Tulungagung adalah tempat yang cocok. Dijamin anda tidak akan kecewa mengunjunginya. Saat anda mengunjungi Tulungagung, akan lebih menyenangkan jika anda berkunjung dengan sanak saudara, pasangan maupun keluarga. Tempat wisata Tulungagung menawarkan beragam wisata menarik yang mampu menjadi daya tarik wisatawan. Tak hanya wisatawan lokal, melainkan juga wisatawan mancanegara yang menyambangi beragam wisata di Tulungagung.

Tempat Wisata Tulungagung

Tempat wisata Tulungagung terbaik yang wajib anda kunjungi, diantaranya yaitu gunung Budheg, pantai Popoh, pantai Coro, goa Gembyang, air terjun Pandanwangi, candi Dadi, dan bukit Cemenung. Berikut ulasan lengkapnya.

1. Gunung Budheg

Gunung Budheg atau juga dikenal dengan nama Gunung Cikrak memiliki ketinggian 585 meter di atas permukaan air laut. Wisata di Tulungagung ini berlokasi di Desa Boyolangu. Gunung Budheg ini biasa dijadikan lokasi latihan bagi para pendaki pemula. Jalur menuju puncaknya menanjak melalui semak berduri dan diselingi dengan merayap pada pinggiran tebing. Jika kita menginap di puncak Gunung Budheg, kita dapat melihat pemandangan kerlap kerlip lampu di malam hari.

2. Pantai Popoh

Pantai ini terletak di Kecamatan Besuki. Berada di kawasan teluk dengan ombak yang tidak terlalu besar. Anda dapat berenang hingga menyewa perahu untuk berkeliling sekitar kawasan teluk. Tempat wisata di Tulungagung ini adalah salah satu tempat yang menyenangkan untuk berlibur bersama keluarga.

3. Pantai Coro

Tempat wisata pantai di Tulungagung ini memiliki pasir berwarna putih. Pantai Coro berada di Kecamatan Besuki. Letaknya tidak jauh dari pusat kota dan kabupaten. Perjalanan menuju pantai Coro ini dapat dituju dari pantai Popoh kemudian ke arah Reco Sewu. Selanjutnya perjalanan dilanjutkan dengan cara berjalan kaki sejauh beberapa kilometer.

4. Goa Gembyang

Wisata Tulungagung juga menyimpan wisata berupa goa, salah satunya ialah goa Gembyang. Goa Gembyang terletak di Desa Kuripansari, Kecamatan Pacet, Mojokerto. Wisata goa ini merupakan sebuah goa alam yang ditemukan di sisi sebelah timur dari sebuah bukit. Lingkungan sekitar goa terlihat asri serta teduh. Mulut goa dan bagian dalamnya cukup luas dan lebar. Ketika kita memasuki goa, kita akan merasakan kesan mistis yang kuat.

5. Air Terjun Pandanwangi

Wisata di Tulungagung selanjutnya adalah air terjun Pandanwangi. Ketinggian air terjun ini sekitar 30 meter dan masih berada dalam kawasan yang sama dengan perkebunan teh Sumber Pandan di Desa Ngelurup, Kecamatan Sendang. Air terjun Pandanwangi ini wajib dikunjungi karena pemandangannya sangat indah dengan cuaca yang sejuk.

6. Candi Dadi

Objek wisata lainnya yang wajib kita kunjungi di Tulungagung adalah wisata Candi. Di antaranya yaitu candi Dadi. Di candi ini kita bisa menemukan sisa-sisa dari bangunan kuno. Dengan begitu, candi Dadi ini cocok untuk kita yang menggemari sejarah.

7. Bukit Cemenung

Tak hanya pantai, air terjun, goa, maupun candi, Tulungagung juga memiliki bukit yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya ialah bukit Cemenung. Bukit Cemenung ini letaknya di Kecamatan Rejotangan. Menurut beberapa sumber, konon bukit ini menyimpan bijih besi dan emas. Bekas-bekas bangunan yang ada di tempat ini juga sudah ada sejak zaman Belanda.

Artikel terkait 7 Tempat Wisata Tulungagung Jawa Timur yang Mendunia