Menu

5 Tempat Wisata di Tuban Jawa Timur Terpopuler 2017

Letaknya yang strategis menjadikan Tuban sebagai destinasi wisata yang hits. Daerah yang terletak diperbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur ini menyimpan beragam wisata pantai yang sayang jika dilewatkan. Wisata pantai di Tuban memang begitu terkenal karena kawasan ini berada tepat di Pantai Utara Jawa Timur. Tak mengherankan jika berbagai tempat wisata di Tuban mampu menarik perhatian wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Karena letaknya yang strategis, Tuban juga dijadikan sebagai pusat perdagangan oleh Kerajaan Majapahit di zaman dulu. Selain itu, Tuban dikenal sebagai pusat penyebaran agama Islam oleh Walisongo. Selain wisata pantainya yang hits, Tuban masih memiliki berbagai destinasi wisata lainnya, seperti wisata alam, kuliner, dan juga religi. Banyak tempat wisata di Tuban yang sebaiknya anda kunjungi untuk mengisi waktu liburan maupun akhir pekan anda.

Tempat Wisata di Tuban

Beberapa tempat wisata di Tuban yang menjadi daya tarik wisatawan diantaranya yaitu Pantai Boom Tuban, Air Terjun Nglirip, Goa Ngerong, Pemandian Bektiharjo, dan Makam Sunan Bonang. Berikut ulasan lengkapnya.

1. Pantai Boom Tuban

Pantai Boom Tuban merupakan semenanjung buatan yang mulanya adalah pelabuhan kuno di masa Majapahit. Tempat wisata di Indonesia yang satu ini letaknya di Desa Kutorejo, Tuban. Tepatnya terletak sekitar 150 m dari Pusat Kota Tuban. Oleh karena itu, pantai Boom Tuban ini dapat dijangkau dengan mudah. Soal fasilitas yang tersedia di pantai Boom Tuban ini dapat dibilang cukup lengkap. Adapun objek wisata yang bisa anda kunjungi di pantai Boom Tuban diantaranya yaitu jalan yang menjorok ke laut, sumur tua, dan gazebo yang dapat digunakan untuk melihat sunrise maupun sunset.

2. Air Terjun Nglirip

Air terjun ini berada sekitar 37 km dari Pusat Kota Tuban. Tepatnya, air terjun Nglirip terletak di Desa Mulyo Agung, Singgahan, Tuban. Wisata air terjun ini sangat populer dengan beragam keunikannya. Salah satu keunikan wisata ini yaitu warna airnya berbeda dengan lainnya. Air terjun Nglirip ini berwarna biru tosca pada musim kemarau. Tak heran jika air terjun Nglirip selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan domestik dan mancanegara. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter.

3. Goa Ngerong

Wisata di Jawa Timur yang satu ini berada di Jalan Rengel No. 155, Rengel, Tuban. Goa Ngerong memiliki objek wisata yang menarik, diantaranya yaitu adanya kura-kura putih dan ribuan kelelawar yang bergantungan di atap goa. Selain itu, di goa Ngerong juga ada ikan tawes yang belum terungkap cerita mistiknya. Untuk menelusuri goa ini, pengunjung dapat menggunakan perahu karet. Nantinya pengunjung akan menemukan air terjun yang begitu eksotis pada kedalaman 1 km.

4. Pemandian Bektiharjo

Bagi anda yang hobi berenang sebaiknya mengunjungi pemandian Bektiharjo ini. Tempat wisata ini berada di Desa Bekti Harjo, Kecamatan Semanding, Tuban. Berbeda dengan wisata air kolam renang pada umumnya, pemandian Bektiharjo ini menggunakan air alami dari sumbernya. Keindahan lainnya yaitu adanya kera liar yang sudah jinak dan dapat diajak bermain atau sekedar anda beri makan.

5. Makam Sunan Bonang

Makam Sunan Bonang ini tidak pernah sepi peziarah. Tak heran jika Tuban terkenal sebagai Kota Wali. Yang mana pada zaman dulu, di kota Tuban ini dikenal sebagai pusat penyebaran agama Islam. Nah, salah satu karya Sunan Bonang yang sangat populer hingga masa kini yaitu Tombo Ati.

Artikel terkait 5 Tempat Wisata di Tuban Jawa Timur Terpopuler 2017

Archives