lklan-728x90
Menu

Inilah 5 Tempat Wisata Di Pasuruan Yang Hits Banget

Kalau kamu berdomisilinya di Pulau Jawa mungkin gak salah kalau kamu coba melirik sedikit Kabupaten Pasuruan. Belum tahu ada tempat wisata di Pasuruan yang kece? Gak usah baper, langsung aja cek rangkuman tempat wisata di pasuruan yang hits banget ini.

Main Air di Coban Baung

Coban atau Air Terjun alternatif liburan gak ada matinya. Di Pasuruan Coban Baung bisa jadi pilihan kamu bermain air seharian. Air terjun yang mempunyai ketinggian sekitar 100 meter ini masuk di kawasan Taman Wisata Alam Gunung Baung. Lokasi coban ini terbilang unik diapit oleh Kebun Raya Purwodadi yang dekat dengan pertemuan Sungai Welang serta Sungai Beji.

Coban Baung tepat di Dusun Sumbersuko Desa Kertosari Kecamatan Purwodadi, Pasuruan. Luas area sekitar 195,50 hektar. Untuk aksesnya, jangan galau karena sangat dekat dengan Kebun Raya Purwodadi jadi gak bakal ada drama melewati lembah ataupun bukit untuk menikmati kesejukan Coban Baung.

Fasilitas di coban ini terbilang sederhana yakni kamar mandi dan saung kecil untuk istirahat. Untuk tiket masuknya cukup Rp. 5000 plus parkir. Pengelola juga menyiapkan fasilitas kece lainnya yaitu Baung Camp dengan adanya paket hiking, air sof gun, flying fox, camping, river board, hingga outbound training.

Coban Putuk Truno

Belum puas main air? Kamu langsung kemas-kemas menuju ke Coban Putuk Truno aja. Coban ini punya ketinggian air kurang lebih 45 m dan tepat di kaki Gunung Welirang dan Arjuno. Masuk dalam kawasan wisata Tretes. Sebenarnya 400 m dari coban ini juga ada Coban Kakek Bodo yang populer. Tapi buat kamu yang ingin suasana yang lebih syahdu baiknya kamu ke Coban Putuk Truno aja.

Akses ke lokasi coban ini cukup mudah. Kamu tinggal mendatangi kawasan Prigen, Pasuruan. Gak pakai nyasar karena coban ini sudah dikenal luas oleh warga sekitar. Tiket masuk air terjun terjangkau banget, cuma bayar Rp. 10.000.

Pemandian Banyu Biru

Inilah pemandian kolam alami yang ada semenjak jaman penjajahan Belanda. Pasti pemandian ini kondang banget di Pasuruan. Dengan jaraknya yang hanya 5 langkah dari Pasuruan, maksudnya 15 km dari Pasuruan.

Gak hanya terkenal karena ketuaannya, Pemandian Banyu Biru ini juga agak ngeri. Soalnya saat kamu berenang di birunya air di kolam ini, kamu akan ditemani ikan-ikan yang cukup besar. Tapi kalau kamu tetap ramah dan berbagi tempat dengan ikan dijamin kamu akan aman.

Ketuaan pemandian di Desa Sumberejo, Kecamatan Winongan, Pasuruan ini kian terasa karena adanya arca peninggalan Kerajaan Majapahit. Jangan sampai gak jepret-jepret ya.

Tiket masuk ke Pemandian Banyu Biru cuma Rp. 5000 aja. Sedangkan ongkos parkir motor dikenakan Rp 2.000, mobil Rp 4.000, dan untuk sepeda Rp 1.000.

Sunset Danau Ranu Grati

Danau kece andalan warga Pasuruan dan sekitarnya ini namanya Danau Ranu Grati. Danau alami ini luasnya sekitar 200 ha dengan pegunungan Tengger menjadi latar belakangnya. Cocok nih buat jeprte-jepret.

Danau Grati berjarak kurang lebih 30 menit dari kota Pasuruan. Berada antara 3 desa yakni Desa Sumberdawesari, Desa Ranuklindungan, dan Desa Gratitunon di Kecamatan Grati. Ada banyak hal yang dapat kamu lakukan pada danau ini. Salah satunya yakni berlayar di atas danau dengan perahu. Gak hanya itu, kamu juga bisa mancing atau bersepeda air.

Pesona Hamparan Pasir di Gunung Bromo

Kamu yang pernah nonton film Pasir Berbisik yang diperankan Dian Sastro pasti ingat dengan hamparan pasir yang diabadikan di film ini. Lautan pasir di Gunung Bromo ditampilkan begitu indahnya. Memberisensasi seolah-olah kita menyaksikan alam di Negeri Antah Berantah.

Artikel terkait Inilah 5 Tempat Wisata Di Pasuruan Yang Hits Banget