lklan-728x90
Menu

6 Tempat Wisata Di Nganjuk Yang Sedang Populer

Nganjuk salah satu Kabupaten di Jawa Timur. Kabupaten ini berbatasan dengan sejumlah Kabupaten di Jawa Timur diantaranya Kabupaten Kediri dan Ponorogo di selatan, Kabupaten Bojonegoro di utara, Kabupaten Jombang di Timur dan Kabupaten Madiun di Barat. Nganjuk memang tidak sepopuler kota Malang ataupun Surabaya. Tapi dari segi pariwisata, tempat wisata di Nganjuk mempunyai potensi yang tak kalah menarik.

Kota yang dijuluki “Kota Angin” ini menyimpan berbagai tempat wisata menarik yang kebanyakan di dominasi oleh wisata alam. Salah satu yang paling terkenal yaitu air terjun Sedudo. Namun tak hanya itu saja, masih banyak tempat wisata di Nganjuk yang patut anda kunjungi.

Tempat Wisata Di Nganjuk Populer

1. Tempat Wisata Air terjun Sedudo

Wisata Air terjun Sedudo adalah air terjun paling populer di Nganjuk. Air terjun 105 meter ini terletak di Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, Nganjuk. Anda akan disuguhi pemandangan air terjun indah dengan hawa khas pegunungan.

Selain terkenal pemandangan alam air terjunnya yang indah. Air terjun Sedudo juga terkenal mitosnya yang diyakni warga setempat dapa membuat awet muda untuk orang yang mandi di air terjun terstebut di bulan Suro. Mitos ini sudah ada sejak zaman Majapahit.

Setiap Tahun Baru Jawa, air terjun Sedudo sering digunakan untuk upacara ritual. Memandikan arca dalam upacara Parna Prahista dan sisa airnya dipercikan bagi keluarga agar bisa berkah keselamatan juga awet muda.

2. Air Terjun Merambat Roro kuning

Objek wisata Air terjun Roro Kuning atau air Merambat Roro Kuning ini berlokasi di Desa Bajulan, Kecamatan Loceret, Nganjuk. Lokasi air terjun Roro Kuning ini tidak begitu jauh dari monumen perjuangan Jenderal Soedirman.

Roro Kuning berada padaketinggian 600 meter di bawah permukaan air laut serta memiliki tinggi sekitar 15 meter. Seperti namanya, “Merambat” air terjun ini tak seperti air terjun pada umumnya yang airnya jatuh dari ketinggian. Air terjun Roro Kuning airnya merambat atau mengalir di sela bebatuan.


3. Goa Margo Tresno

Alamat Goa Margo Tresno terdapat di Desa Sugihwaras, Kecamatan Ngluyu, berjarak 35 km arah utara kota Nganjuk. Selain wisata goa disekitarnya disuguhi pemandangan pegunungan yang segar dan alami. Tak hanya itu, ada sumber mata air alami yang jernih dilengkapi fasilitas kolam renang dan pusat kuliner.

Di kawasan sekitar Goa Margo Tresno juga ada lagi goa-goa lainnya seperti terhubung satu sama lain. Di Goa ini sering digunakan untuk berbagai ritual.

4. Wisata Candi Ngetos

Bangunan Candi Hindu yang merupakan peninggalan zaman kerajaan Majapahit ini berlokasi di Desa Ngetos, Kecamatan Ngetos, Nganjuk. Candi ini diperkirakan dibuat pada abad XV. Candi ini untuk tempat pemakaman raja Hayam Wuruk Majapahit. Candi Ngetos ini terbuat dari bahan batu bata merah  yang bangunannya secara fisik ada yang sudah rusak.

5. Candi Lor

Wisata Candi lain di Nganjuk yaitu Candi Lor. Lokasi di Desa Candirejo, Kecamatan Loceret, Kabupaten Nganjuk. Candi ini dibuat tahun 937 Masehi terbuat dari batu bata merah. Candi ini juga jadi simbol berdirinya kota Nganjuk. Di daerah sekitar Goa Lor udaranya sejuk juga masih asri.

6. Taman Rekreasi Anjuk Ladang

Salah satu taman yang ada di sekitar stadion olahraga Anjuk Ladang ini adalah taman yang rindang dan sejuk. Di taman ini telah dilengkapi dengan sejumlah fasilitas penunjang wisata misalnya Jogging track dan perkemahan. Selain itu ada koleksi hewan-hewan. Taman Rekreasi Anjuk Ladang ini cocok untuk wisata keluarga

Artikel terkait 6 Tempat Wisata Di Nganjuk Yang Sedang Populer