lklan-728x90
Menu

5 Tempat Wisata di Karanganyar yang Tidak Boleh Dilewatkan

Kabupaten Karanganyar merupakan salah satu kabupaten yang memiliki beragam obyek wisata. Karanganyar berlokasi dekat dengan kota Surakarta (Solo). Tak heran jika tempat wisata di Karanganyar menjadi sebuah destinasi wisata yang yang tak dapat dilepaskan ketika berkunjung ke wisata Solo. Salah satu hal yang menjadi daya tarik wisata dari kabupaten Karanganyar ini adalah pesona keindahan alamnya yang begitu memukau. Terlebih lagi, wisata alam tersebut hanya dapat dijumpai di Karanganyar.

Wisata alam di Karanganyar sangatlah mencuri perhatian pengunjung. Hal ini dikarenakan hampir sebagian wilayahnya berada di lereng gunung Merapi. Selain kondisi alamnya, Karanganyar juga terkenal dengan tanaman hiasnya. Banyak pengunjung yang menjadikan tanaman hias dan berbagai macam sayuran menjadi oleh-oleh saat berkunjung ke Karanganyar. Pastinya ada beberapa tempat wisata di Karanganyar yang menjadi spot menarik untuk anda kunjungi. Untuk mengetahuinya, baca ulasannya berikut ini.

Tempat Wisata di Karanganyar

Jejeran tempat wisata hits di Karanganyar yang paling diminati diantaranya ialah Grojogan Sewu, candi Sukuh, air terjun Jumog, perkebunan teh Kemuning, dan air terjun Pringgodani. Berikut ulasan lengkapnya untuk anda yang ingin mengetahui daya tarik 5 tempat wisata di Karanganyar tersebut.

1. Grojogan Sewu

Grojogan Sewu terletak di bawah lereng kaki gunung Lawu yang berlokasi di Kalisoro, Tawangmangu, Karanganyar. Untuk menuju tempat wisata di Karanganyar ini, anda hanya perlu menyusuri anak tangga sekitar 1250 buah. Grojogan sewu ini berada dalam kawasan cagar budaya sehingga satwa dan tanamannya tumbuh secara liar. Satwa yang hidup liar di tempat ini ialah kera. Untuk itu, para wisatawan dihimbau agar selalu hati-hati dan menjaga barang bawaan dengan baik jika tak ingin diserobot kera tersebut.

2. Candi Sukuh

Salah satu wisata di Karanganyar ini dibangun dari jaman dahulu kala. Struktur bangunan candi Sukuh ini cukup berbeda dari candi lain yang ada di Indonesia. Bangunan candi Sukuh lebih condong seperti bangunan suku maya yang dapat kita temukan di luar negeri. Selain itu, bangunan patung yang ada memiliki nuansa erotis. Nuansa erotis ini memiliki artian sebuah kesuburan pada masanya. Lokasi candi ini berada di daerah Berjo, Ngargoyoso, Karanganyar.

3. Air Terjun Jumog

Air terjun Jumog termasuk tempat wisata hits yang baru dikelola dengan baik oleh pemerintah setempat. Hal ini menjadikan air terjun Jumog semakin nyaman, bersih dan menyenangkan untuk dikunjungi. Untuk menuju air terjun ini, pengunjung hanya perlu menuruni anak tangga yang tidak terlalu banyak serta melewati jembatan. Suasana kesejukan lereng gunung Lawu akan dirasakan para wisatawan.

4. Perkebunan Teh Kemuning

Hamparan pohon teh yang tertata rapi dengan suasana alam yang menyegarkan membuat perkebunan teh Kemuning paling diminati. Perkebunan teh ini juga menjadi tempat untuk merasakan ekstrem sport. Salah satu ekstrem sport yang bisa anda coba ialah paralayang. Ekstrem sport ini berada di sebuah bukit dekat kebun teh yang berlokasi di venues bukit paralayang Segoro, Kemuning, kabupaten Karanganyar. Lokasi perkebunan teh ini berdekatan dengan daerah candi dan air terjun.

5. Air Terjun Pringgodani

Air terjun Pringgodani berlokasi di blumbangan yang hanya berjarak sekitar 5 km dari terminal Karanganyar. Guyuran air terjun Pringgodani ini memiliki ketinggian sekitar 100 meter. Keindahan alam air terjun ini masih sangat alami dan belum banyak diketahui oleh banyak orang. Hal ini dikarenakan lokasi air terjun Pringgodani belum dikelola dengan baik oleh pemerintah setempat.

Artikel terkait 5 Tempat Wisata di Karanganyar yang Tidak Boleh Dilewatkan