lklan-728x90
Menu

5 Tempat Wisata di Bojonegoro yang Makin Hits di 2017

Bojonegoro merupakan sebuah kota yang terletak di perbatasan. Kota ini berbatasan dengan Jawa Tengah. Secara geografis, Bojonegoro berbatasan dengan Tuban di sebelah utara, sebelah barat dengan Blora, sebelah timur dengan Lamongan, dan sebelah selatan dengan Nganjuk, Madiun, serta Ngawi. Karena letaknya di perbatasan, banyak orang menganggap tidak ada tempat wisata di Bojonegoro. Padahal, Bojonegoro menyimpan beragam tempat wisata yang tak kalah menarik dengan obyek wisata di kota-kota lainnya.

Kota Bojonegoro terdapat beragam tempat wisata yang wajib anda kunjungi. Tempat wisata di Bojonegoro menyajikan beraneka ragam keunikan. Beberapa tempat wisata yang ada di Bojonegoro menyuguhkan fenomena alam yang sangat menarik perhatian wisatawan. Selain fenomena alam, Bojonegoro juga memiliki wisata budaya yang menyimpan beragam sejarah. Tentunya, beragam wisata budaya tersebut juga harus kita ketahui dan sebaiknya dikunjungi.

Tempat Wisata di Bojonegoro

Tempat wisata di Bojonegoro yang menarik untuk anda kunjungi bersama keluarga, diantaranya yaitu Kayangan Api, Museum Rejekwesi, Waduk Pacal, Air Terjun Kedung Maor, dan Batu Semar. Berikut ulasan lengkapnya.

1. Kayangan Api

Kayangan Api merupakan fenomena alam dimana api keluar dari dasar tanah. Hal ini terjadi karena keluarnya gas alam dari dasar bumi. Fenomena alam ini jarang terjadi di belahan bumi. Fenomena ini hanya bisa dihitung dengan jari api abadi seperti ini. Kayangan Api yang ada di Desa Sendangharjo ini tidak pernah padam meski hujan menerpa.

2. Museum Rejekwesi

Di museum Rejekwesi ini populer dengan koleksi gajah purbakala dimana diperkirakan hidupnya 1k tahun. Museum Rejekwesi ini menyimpan fosil dengan diameter panjang 37 cm, lebar 25cm, dan juga tebal 20cm. Museum Rejekwesi ini berlokasi di jalan Patimura no. 09, Bojonegoro. Jika anda berkunjung ke museum Rekewesi ini, anda bisa belajar mengenai benda-benda klasik zaman dahulu, purbakala, dan koleksi lainnya.

3. Waduk Pacal

Waduk Pacal merupakan peninggalan kolonial Belanda yang didirikan pada tahun 1933. Tempat wisata ini dimanfaatkan oleh penduduk lokal untuk mencari ikan dan juga bertambak. Waduk Pacal memang memiliki sumber air yang cukup. Tempat wisata waduk Pacal ini sendiri berlokasi di Desa Kedungsumber, Kecamatan Temayang, Bojonegoro. Tepatnya, waduk Pacal ini berada di jalan raya Bojonegoro-Nganjuk. Jika anda melewati jalan ini, pasti anda akan melihat waduk Pacal.

4. Air Terjun Kedung Maor

Air terjun Kedung Maor merupakan air terjun yang berasal dari waduk Pacal. Jika tiba musim penghujan, air terjun Kedung Maor ini sangat deras alirannya. Lain halnya, jika tiba di musim kemarau, debit air terjun Kedung Maor menurun. Untuk pergi ke air terjun Kedung Maor ini, sebaiknya di saat musim kemarau saja. Hal ini karena pada saat tersebut, alirannya relatif kecil sehingga anda bisa berenang di sekitarnya.

5. Batu Semar

Batu Semar merupakan sebuah batu yang begitu besar. Obyek wisata hits ini mempunyai berat hingga 80 ton yang ditanam di depan pendopo Kabupaten Bojonegoro. Memiliki lebar 4 m, panjang 4m, dan dengan ketinggian 3 m. Obyek wisata yang satu ini berasal dari Dusun Bendotan, Krodonan, Gondang. Awal mula Batu Semar ini akan dijadikan sebagai lambang alun-alun. Batu Semar mencerminkan warga Bojonegoro yang mempunyai tekad dan terus berkarya. Batu Semar ini seringkali dijadikan baground oleh para pengunjung yang datang ke pendopo Bojonegoro. Tak heran jika Batu Semar ini menjadi destinasi wajib di kota Bojonegoro.

Artikel terkait 5 Tempat Wisata di Bojonegoro yang Makin Hits di 2017