lklan-728x90
Menu

4 Tempat Wisata di Blitar Jawa Timur yang Instagramable

Blitar begitu terkenal sebagai tempat dimakamkannya Soekarno, presiden pertama Republik Indonesia. Selain dikenal sebagai Kota Patria dan Kota Proklamator, Blitar juga disebut sebagai Kota Peta (Pembela Tanah Air). Dibalik sejarahnya tersebut, Blitar ternyata juga menyimpan berbagai tempat wisata. Tempat wisata di Blitar tersebut diantaranya yaitu wisata alam, wisata pantai, dan wisata sejarah. Jika anda ingin berlibur, Blitar adalah destinasi wisata yang cocok untuk anda.

Dijamin anda tidak akan kecewa saat mengunjungi berbagai tempat wisata di Blitar. Apalagi jika anda berkunjung dengan saudara, pasangan, maupun keluarga tentu liburan anda akan lebih menyenangkan. Blitar itu sendiri merupakan sebuah daerah yang berada di sisi selatan provinsi Jawa Timur. Blitar ini terletak sekitar 167 km sebelah barat daya Surabaya dan juga 80 km sebelah barat Malang. Rencanakan liburan anda bersama keluarga ke berbagai wisata menarik di Blitar.

Tempat Wisata di Blitar

Berikut tempat wisata di Blitar yang wajib harus dikunjungi jika anda sedang berkunjung ke Blitar.

1. Gunung Butak

Gunung Butak merupakan gunung stratovolcano yang berada di Jawa Timur. Wisata ini terletak berdekatan dengan Gunung Kawi. Bagi anda yang gemar mendaki gunung, Gunung Butak merupakan pilihan yang tepat untuk dijadikan objek pendakian. Gunung Butak adalah sebuah gunung yang secara administratif telah masuk daerah perbatasan Malang dan juga Blitar.

Salah satu jalur pendakian Gunung Butak ini merupakan jalur favorit para pendaki. Pendaki dapat melalui Sirah Kencong yang ada di kabupaten Blitar. Sirah Kencong itu sendiri merupakan perkebunan teh yang ada di desa Ngadirenggo, kecamatan Wlingi, Blitar. Jadi, ketika mendaki Gunung Butak melalui Sirah Kencong ini, pendaki akan melewati perkebunan teh dengan pemandangan hijau yang menyegarkan mata.

2. Pantai Jolosutro

Wisata pantai Jolosutro berada di Desa Ringinrejo. Terletak di perbatasan antara Blitar dan Malang. Pantai Jolosutro ini sangat berbeda dengan pantai Tambakrejo. Pasalnya, warna pasir pantai Jolosutro berwarna hitam. Pantai Jolosutro ini termasuk bagian dari pantai Selatan dengan ombak yang cukup besar.

Untuk bisa sampai ke pantai Jolosutro ini, pengunjung harus menempuh jarak sekitar 45 km dari pusat kota. Pantai terletak di teluk kecil di daerah perbuktian sehingga terbilang unik. Di tepian pantai, pengunjung bisa menemukan batuan karang dalam berbagai ukuran.

3. Air Terjun Sirah Kencong

Air terjun Sirah Kencong ada di kawasan perkebunan teh yang bernama Sirah Kencong. Lokasi tepatnya, air terjun Sirah Kencong ini berada di Desa Ngadirenggo, Kecamatan Wlingi. Lingkungan di sekitarnya masih alami. Untuk sampai ke air terjun ini, pengunjung harus berhati-hati. Karena selama anda berjalan kaki ke air terjun ini, anda akan melewati hutan belantara.

4. Gua Embultuk

Wisata gua ini merupakan gua alam yang penuh dengan stalagmit dan juga stalaktit. Bahkan Gua Embultuk ini merupakan salah satu gua terindah yang ada di dunia. Gua Embultuk ini terletak di desa Tumpakkepuh, kecamatan Bakung. Berada di arah selatan kota Blitar dan berjarak sekitar 40 km. Panjang gua sekitar 1500 meter. Sementara luas dan juga tingginya sekitar 3 meter.

Dengan panjang sekitar 1,5 km, pesona stalagmit dan juga stalaktit akan membuat wisatawan merasa betah berkunjung ke tempat ini. Wisata gua ini sangat ramai dikunjungi oleh banyak turis. Terlebih lagi saat liburan sekolah tiba. Jalan menuju gua ini pun sudah direnovasi sehingga dapat dilewati kendaraan roda empat.

Artikel terkait 4 Tempat Wisata di Blitar Jawa Timur yang Instagramable