lklan-728x90
Menu

Telusur Wisata Budaya Dan Sejarah Di Pesanggrahan Gambirowati

Hasil budaya masa prasejarah adalah hasil budaya yang dibuat dan dipakai oleh manusia dalam dimensi yang cukup panjang yaitu sejak manusia pertama hingga abad V-VI Masehi, selanjutnya peninggalan budaya dari masa klasik seperti candi, masa Islam seperti pesanggrahan, makam, wayang dan yang mewakili masa kolonial berupa bangunan dengan arsitektur lokal yang dipengaruhi oleh karakter arsitektur dari luar, rumah tradisional serta monumen bersejarah.

Gunungkidul adalah salah satu kabupaten di Yogyakarta yang memiliki banyak ragam wisata yang terdapat di dalamnya. Namun dari beberapa objek wisata di Gunungkidul yang masih jarang dipedulikan oleh wisatawan, mungkin karena informasi yang kurang atau tidak adanya promosi pada objek wisata yang mengagumkan ini.

Telusur Wisata Budaya Dan Sejarah Di Pesanggrahan Gambirowati

Pesanggrahan merupakan salah satu objek wisata budaya yang ada di Gunungkidul. Seperti Petilasan Kembang Lampir yang sudah pernah kita bahas, ada pula Petilasan Gunung Gambar. Dan salah satunya Pesanggrahan Gambirowati yang kini mulai dilirik dan dikembangkan menjadi objek wisata budaya. Pesanggrahan Gambirowati merupakan sebuah bangunan periode Islam yang terletak di dusun Watugajah, Desa Girijati Kecamatan Purwosari.

Sejarah Budaya Pesanggrahan Gambirowati

Candi atau Situs Gambirowati seluas 13.200 m2 ini  terletak pada ketinggian 138 mdpl memiliki struktur bangunan berteras dan berbahan batu putih. Di dalam Oudheidkundige Verslaag tahun 1925 FDK Bosch menyebut bangunan tersebut berasal dari abad XVI.

Pesanggrahan Gambirowati ini berdasar gaya arsitektur dan pilar-pilar yang masih nampak, bercorak Islam. Sedangkan berdasarkan konteks lingkungan, berupa lautan dan pegunungan diperkirakan pesanggrahan ini tidak hanya berfungsi sebagai tempat peristirahatan akan tetapi juga mempunyai fungsi filosofis dan spiritual.

Menurut kisah tutur yang berkembang di masyarakat sekitar pesanggarahan mengatakan bahwa bangunan tersebut merupakan bekas pesanggrahan putra-putra Prabu Brawijaya.

Ungkapan yang bijak mengatakan bahwa menyelami masa lampau mutlak diperlukan untuk mengenal masa kini, sedangkan memahami masa kini dapat memberi kemampuan masa depan yang lebih harmonis.

Artikel terkait Telusur Wisata Budaya Dan Sejarah Di Pesanggrahan Gambirowati