lklan-728x90
Menu

Tanaman produktif lahan kering menghasilkan jutaan rupiah

29/08/2013 | Ekonomi, Informasi Update

Tanaman produktif lahan kering berekonomi tinggi (5)Gedangsari.com – Tanaman produktif lahan kering di wilayah Kabupaten Gunungkidul banyak sekali. Salah satu tanaman itu adalah jenis tanaman Pohon Jeruk. Lebih khusus lagi pada pembahan ini pohon jeruk yang dimaksud berbeda pada tanaman pohon jeruk pada umumnya yang diambil manfaatnya, namun kali ini yang diambil manfaatnya justru daun jeruknya.

Tanaman pohon jeruk ini masyarakat lebih mngenalnya dengan sebutan “jeruk purut”. Ciri khas dari tanaman jeruk  jenis ini adalah aroma daun yang khas berbeda denag jenis lainnya. Maka dari itulah jeruk ini lebih banyak dimanfaatkan daunnya ketimbang buahnya sendiri.

Kegunaan dari daun ini kebanyakan sebagai bumbu masakan. Misalnya masakan tradisional, masakan padang, dan yang paling laku adalah untuk bumbu pembuatan rempeyek.

Tanaman produktif lahan kering berekonomi tinggi (4)Sebatang pohon jeruk berumur sekitar 5-7 tahun dengan ketinggian 3-5 meter daunnya bisanya dapat dipanen setiap 2-3 bulan sekali. Sekali panen dalam satu pohon, daunnya jika dijual dalm rupiah mampu menghaslkan antara 40-60rb.

Dari segi perawatan jenis pohon ini sangat mudah, tidak perlu memberi banyak air atau banyak pupuk, karena jenis tanaman ini sangat cocok tumbuh subuh di wilyayah kering seperti di gedangsari.

Tanaman produktif lahan kering berekonomi tinggi (7)

Tanaman produktif lahan kering berekonomi tinggi (5)

Jika dihitung dari ekonomi produktif, jelas sekali tanaman ini layak untuk dikembangkan. Untuk menhasilkan pendapatan 2juta perbulan dari tanaman ini kita hanya perlu menanam tidak lebih dari 70 pohon saja. Bandingkan dengan jenis tanaman produktif lainnya, tentu tanaman jeruk sebagai bumbu masakan ini jauh lebih menguntungkan dengan biaya perawatan yang sangat kecil.

Tanaman produktif lahan kering berekonomi tinggi (2)

Tanaman produktif lahan kering berekonomi tinggi (7)

Satu peluang yang patut kita coba dan kembangkan agar perkonomian tetap berjalan walupun di lahan kering sekalipun.

Artikel terkait Tanaman produktif lahan kering menghasilkan jutaan rupiah

loading...