lklan-728x90
Menu

Taman Nasional Gunung Halimun Salak Liburan Paling Asyik

Taman Nasional Gunung Halimun Salak yaitu Taman Nasional hutan hujan dataran rendah paling luas di pulau Jawa. Tempat wisata ini terletak di Jawa Barat dengan Kawasan konservasi dengan luas 113.357 hektare. Meliputi wilayah yang bergunung-gunung dengan dua puncak paling tinggi nya. Yaitu Gunung Halimun (1.929 Mdpl) dan Gunung Salak yang lebih tinggi  282 meter dibandingkan gunung Halimun. Pegunungan yang lainnya berada dalam baris pelangi taman nasional ini yaitu Gunung Kencana (1.831 Mdpl), Gunung Endut (1.471 Mdpl). Selain itu ada juga Gunung Sumbul (1.926 Mdpl) Gunung Botol (1.850 Mdpl), serta Gunung Sanggabuana (1.920 Mdpl). Masih ada lagi yaitu Gunung Kendeng Selatan (1.680 Mdpl), dan Gunung Halimun Selatan (1.758 Mdpl). Gunung di jawa barat ini indah sekali pemandangannya.

taman-nasional-gunung-halimun-salak-liburan-paling-asyik

Dengan kekayaan yang terdapat di dalamnya, taman Nasional Gunung Halimun Salak adalah tempat wisata alam yang digemari oleh wisatawan. Baik wisatawan domestik ataupun dari mancanegara. Ada juga penyedia jasa wisata telah benyak mempunyai paket wisata yang diperuntukkan kegiatan nya di Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Paket wisata pada Taman Nasional Gunung Halimun Salak terpisah dalam beberapa kelompok ketertarikan wisata. Diantaranya adalah paket wisata pendakian puncak gunung, paket wisata alam atau ekowisata. Paket wisata budaya serta wisata desa, dls. Ada juga Lansekap alam Taman Nasional Gunung Halimun Salak yang begitu Indah dengan luasan kawasan sekitar 113.357 hektare.

Taman Nasional Halimun Salak

Dimana ada lebih dari 500 spesies tumbuhan yang tergolong pada 266 generasi serta 93 suku. Serta tempat menetapnya 200 spesies burung migram ataupun endemik. Semua itu adalah kekayaan alam serta hayati untuk kegiatan wisata alam.  Tempat wisata pendidikan serta ekowisata. Adat Kasepuhan serta komunitas masyarakat adat yang tinggal dan berselimut dengan kabut Halimun. Dengan kearifan lokal juga tetap memegang budaya leluhurnya adalah obyek wisata budaya serta wisata desa. Di Taman Nasional Gunung Halimun Salak ada banyak kawasan pariwisata yang sudah berkembang pesat. Dan dalam proses pengembangan seperti halnya Desa Wisata Malasari, Desa Wisata Kiarasari. Kampung Citalahab Central, jalur pendakian ke kawah ratu, Jalur pendakian ke puncak salak 1 serta 2 dls.

Desa wisata malasari terletak di kecamatan nanggung kabupaten Bogor Barat mempunyai lansekap alam yang begitu indah dengan pesona keramah tamahan para penduduknya. Dalam buku sebaran potensi Desa wisata malasari  diibaratkan bahwa pengembangan kepariwisataan yang berorientasi jangka panjang serta menyeluruh. Sesuai dengan karakter wilayah, keadaan lingkungan, kontek sosial dan dinamika budaya. Guna menciptakan keselarasan serta sinergitas antara wisatawan dan masyarakat dengan memunculkan hubungan yang timbal balik. Serta saling menghargai dalam pemampaatan sumber daya yang memperhitungkan kelesetarian alam, kebiasaan, nilai adat istiadat. Warisan dan budaya jadi prinsip dalam pengembangan kepariwisataan Desa Wisata Malasari.

Desa Wisata Malasari

Sebararan Potensi Ujung Barat yaitu disebut kampung Nyuncung, sebab pedukuhan ini letaknya berada diujung barat Desa Malasari. hampir semua warganya berprofesi sebagai petani, peternak. Dan beberapa keluarga bermata pencaharian sebagai pembuat sapu awis dan anyam-anyaman kerajinan tradisional. Untuk potensi wisata yang berada di kampung ujung barat Desa Malasari yaitu air terjun 7 tingkat yang dikenal dengan curug nyunclung lainnya adalah curug Bajing. Air terjun Pasakan, lansekap sawah terasering, camping ground & kebudayaan. Misalnya upacara adat sedekah bumi serta seren tahun.

Sebaran Potensi desa ujung Selatan yaitu Citalahab merupakan dua perkampungan yang terletak di ujung selatan DWM. Antara lain Citalahab Central dan Citalahab kampung, dengan penduduk 110 jiwa yang sebagian besar berprofesi sebagai pemandu wisata. Citalahab Central adalah area yang dikembangkan menjadi kawasan ekowisata pada tahun 1997. Potensi wisata yang ada dalam kawasan Citalahab merupakan Canopy Trail, jalur interpretasi, stasiun pengamatan Cikaniki. Selain itu juga ada camping ground, curug Macan, Homestay dan Guest House Citalahab Central.

Potensi Kampung Malasari

Sebaran potensi kampung Malasari & sekitarnya adalah Kampung Malasari yang dikelilingi dengan persawahan. Dengan memakai sistem terasering berlatar berbagai tipe hutan yang dibelakangnya. Pada waktu ini kampung Malasari merupakan pusat pemerintahan Desa yang sebelumnnya tahun 1947 menjadi pusat pemerintahan Bogor pertama. Saat itu Bupatinya Ipik Gandanamah. Dikampung ini ada juga Pendopo Boepati 1947, curug Sawer, makam leluhur. Pesawahan dengan sistem terasering serta perayaan budaya seren tahun.

Sebaran Potensi kampung Hanjawar & sekitarnya yaitu Nama Hanjawar diambil dari sebuah nama pohon sejenis dari palem-paleman. Yang pohon tersebut dahulunya banyak tumbuh disekitar tempat itu. Penduduk Hanjawar masih kental dengan nilai-nilai tradisi serta kepercayaan leluhur. Bermacam macam aturan adat masih melekat dilaksanakan serta ditaati. Seperti upacara sedekah bumi dengan melakukan memendam nasi bersam lauk pauknya kedalam tanah. Itu sebagai bentuk rasa syukur kepada alam.

Wisata Lereng Gunung Salak

Dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak memiliki beberapa puncak gunung yang cukup tinggi.  Puncak Salak I yang memiliki Tinggi puncak 2.211 Mdpl. Kedua, Puncak Salak II yang mempunyai ketinggian puncak 2.180 Mdpl. Secara administratif area Gunung Salak berada di Kabupaten Sukabumi serta Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Gunung Salak bermula dari bahasa sansekerta “Salaka” yang mempunyai makna Perak, Gunung Salah disebut juga Gunung Perak.

Banyak air terjun yang berada di gunung yang masih di nilai misteri ini. Antara lain adalah Curug Ciherang, curug Ngumpet, Curug Sewu ataupun curug seribu. Curug cigamea yang punya Pesona Keindahan Air Terjun yang berada di gunung ini memiliki keunikan nya sendiri. Selain itu pada adalah pesona kawah Ratu, Pura Parahyangan Agung Jagatkartta di Desa Tamansari, Kecamatan Tamansari. Serta Kampung Budaya Sindangbarang yang ada di Desa Pasir Eurih, Kecamatan Tamansari. sementara Lereng Gunung Salak yang diolah Taman Nasional Halimun Salak mempunyai area pariwisata dengan nama kawasan Salak Endah yang banyak terdapat air terjun.

Fauna Taman Nasional Halimun

Hutan-hutan primer serta berbagai kondisi habitat lainnya menyuguhkan tempat hidup untuk aneka jenis margasatwa di TN Gunung Halimun Salak ini. Tidak kurang dari 244 spesies burung, 27 spesies antara lain adalah jenis endemik Pulau Jawa yang mempunyai daerah sebaran terbatas. Dari antaranya ada juga 23 spesies burung migran. Area ini juga telah ditetapkan oleh BirdLife. Yaitu organisasi internasional pelestarian burung, sebagai wilayah burung penting (IBA, important bird areas). Dengan nomor ID075 di Gunung Salak dan ID076 di Gunung Halimun. Area di wilayah ini terutama penting untuk melestarikan jenis-jenis elang jawa yaitu Spizaetus bartelsi. Luntur jawa (Apalharpactes reinwardtii), ciung-mungkal jawa, celepuk jawa (Otus angelinae), serta gelatik jawa atau Padda oryzivora.

Dilihat dari bentuk kawasan tersebut, Taman Nasional Gunung Halimun Salak dengan bentuk seperti bintang atau jemari. Hingga batas yang mengelilingi kawasan taman nasional ini membuat lebih panjang. Pengelolaan kawasan ini lebih sukar dibandingkan dengan pengelolaan kawasan dengan bentuk relatif bulat. Apalagi di dalamnya ada beberapa enklave berupa perkebunan, permukiman masyarakat tradisional & beberapa aktivitas pertambangan emas. Ada juga pembangkit energi listrik panas bumi serta pariwisata. Termasuk juga permukiman-permukiman masyarakat adat Kasepuhan Banten Kidul. Banyak  petani tradisional ataupun pendatang sudah tinggal di wilayah ini sebelum kawasan ini dijadikan sebagai areal konservasi. Sehingga jadi tantangan pengelola, para pihak serta masyarakat lokal dalam mengembangkan model pengelolaan kawasan TNGHS yang lebih kolaboratif serta berkelanjutan.

Artikel terkait Taman Nasional Gunung Halimun Salak Liburan Paling Asyik