lklan-728x90
Menu

Syawalan Tim Penanggulangan Bencana Desa Hargomulyo

27/07/2016 | Pemerintahan

Tradisi syawalan dikenali oleh masyarakat Jawa sebagai rangkaian dari tradisi keagamaan karena dilekatkan pelaksanaannya seminggu setelah Hari Raya Idul Fitri dilaksanakan. Bahkan di beberapa tempat dinamakan sebagai Bakda Ketupat (Lebaran Ketupat) atau lebaran kedua setelah lebaran utama pada perayaan Idul Fitri 1 Syawal. Berbagai kelompok masyarakat di berbagai daerah mempunyai ciri dan caranya masing-masing dalam memaknai Lebaran Ketupat.

Syawalan Tim Penanggualangan benmcana Desa Hargomulyo

Syawalan Tim Penanggualangan benmcana Desa Hargomulyo

Ketupat dalam bahasa Jawa diterjemahkan dengan “Laku Lepat” yang di dalamnya mengandung empat makna yakni: lebar, lebur, luber dan labur. Lebar artinya luas, lebur artinya dosa/kesalahan yang sudah diampuni, luber maknanya pemberian pahala yang berlebih, dan labur artinya wajah yang ceria. Secara keseluruhan bisa dimaknai sebagai suatu keadaan yang paling bahagia setelah segala dosa yang demikian besar diampuni untuk kembali menjadi orang yang suci dan bersih.

Tim Penanggulangan Bencana Alam  Syawalan Bersama Pemerintah Desa

Untuk mempertahankan tradisi yang telah lama dilaksanakan dan di lestarikan oleh warga masyarakat maka tim penanggulangan bencana Alam Desa Hargomulyo mengadakan syawalan bersama pemerintah desa Hargomulyo. Syawalan yang sedianya akan dilaksanakan di balai desa Hargomulyo namun di tunda dan di alihkan di tempat rumah pak Munawar di dusun Jambon karena di sekitar lingkungan balai desa ada yang sedang berduka karena di tinggal dari salah satu keluarganya.

Namun walaupun tempat acara di alihkan secara mendadak tapi acara masih bisa berjalan sesuai dengan rencana awal yang telah di rencanakan hanya tempat saja yang berbeda. Turut hadir juga Bapak kepala desa Hargomulyo dan ketua tim bencana desa Hargomulyo. Satu acara yang telah di jadwalkan tidak bisa terlaksana pada hari itu yaitu belajar gamelan bersama tim penanggulangan bencana, karena gamelan posisi ada di balai desa dan tidak memungkinkan untuk di pindah. Walaupun acara nggamel bersama tidak bisa terlaksana pada hari itu di ganti dan di jadwalkan pada hari yang lain.

Dengan Adanya Tim Penanggulangan Bencana Warga Masyarakat Dapat Terbantu

Keberadaan tim penanggulangan bencana alam di desa Hargomulyo sangatlah penting setiap saat. dengan adanya tim penanggulangan bencana warga masyarakat dapat terbantu dari segi fisik maupun material. Segala masalah yang berkaitan dengan bencana akan segera teratasi. Tim ini bergerak dalam bidang sosial tidak ada gaji dari pemerintah.

Setiap ada bencana tim ini akan langsung datang ke tempat lokasi terjadinya bencana, akan mengidentifikasi tentang kejadian bencana yang terjadi seperti penyebab dan waktu terjadinya bencana. Setelah di identifikasi maka akan langsung di laporkan ke tim penanggulangan bencana tingkat kabupaten. Jika keadaan bencana yang terjadi parah maka tim bencana tingkat kabupaten akan turun lapangan membantu tim penanggulangan bencana tingkat desa.

Saat ini tim penanggulangan bencana alam desa Hargomulyo selalu aktif mengadakan sebuah pertemuan setiap satu bulan sekali sekaligus arisan. pertemuan ini bertujuan untuk mengkondisikan semua tim agar selalu waspada terhadap bencana alam. Selain pertemuan tim bencana alam selalu berkomunikasi saling tukar informasi melalui perangkat udara yang dimilikinya yaitu HT.

Tim penanggulangan bencana tingkat desa Hargomulyo selain berkiprah pada bencana namun mereka juga ikut berkiprah dalam kesenian yaitu kesenian karawitan. Seni karawitan dari tim PB mengadakan latihan satu kali dalam setiap minggunya. Saat ini semua tim PB yang ikut dalam seni karawitan sudah sangat mahir dalam menjalankan tugas masing masing alat yang di pegangnya.

Mudah mudahan tim bencana tingkat desa Hargomulyo tetap terus berjalan dalam membantu meringankan beban masyarakat dan yang selalu mengingatkan warga masyarakat terhadap kerawanan bencana alam yang mengancam. dengan diadakannya acara syawalan ini mudah mudahan kesalahan kita semua di maafkan.

 

Artikel terkait Syawalan Tim Penanggulangan Bencana Desa Hargomulyo