lklan-728x90
Menu

Suasana Indah Di Luweng Sampang, Gedangsari, Gunungkidul

Akhir pekan memang waktu yang menyenangkan untuk berlibur. Apalagi jika anda berada di Yogyakarta, provinsi yang selalu istimewa jika bicara soal pariwisata. Beberapa waktu terakhir banyak tempat-tempat wisata baru yang bermunculan di seluruh bagian Yogyakarta. Tak terkecuali di Kabupaten Gunungkidul yang menjadi salah satu surga wisata di Yogyakarta.

Kabupaten Gunung Kidul ternyata menyimpan sejuta keindahan alam yang sangat mengagumkan. Tak hanya deretan pantainya yang sangat indah, di balik lekuk Gunungnya ternyata Kabupaten yang terletak di Tenggara Kota Jogja tersebut menyimpan banyak air terjun nan indah. Salah satunya adalah Air terjun Luweng Sampang. Luweng (dalam bahasa Jawa) berarti lubang atau sumur. Begitu juga dengan Luweng Sampang ini terlihat hanya seperti lubang jika diamati dari atas air terjun dengan aliran air yang tidak terlalu deras debit airnya juga cukup kecil. Namun ketika kita berada di bawah aliran air terjun, kita akan melihat keindahan air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 8 meter ini.

Suasana Indah Di Luweng Sampang, Gedangsari, Gunungkidul

Nuansa Indah Luweng Sampang, Green Canyon nya Gunungkidul

Lokasi Luweng Sampang ini terletak di Desa Sampang, Kecamatan Gedangsari. Di desa yang berbatasan langsung dengan Kecamatan Gantiwarno, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Luweng Sampang merupakan sebuah air terjun yang memiliki bentuk dan ornamen unik hasil pengikisan air sungai yang terlihat jelas melukis badan sungai yang berupa batu. Air terjun kecil tampak dari celah yang membelah batu sehingga membentuk gua atau luweng. Hal tersebut yang menyebabkan air terjun ini disebut Luweng Sampang..

Curug Luweng Sampang memiliki tinggi kurang lebih 5 meter, dengan lebar kurang lebih 1,5 meter. Kanan kirinya merupakan bebatuan besar hingga mirip dengan bukit kecil. Keunikan pola bebatuan Curung Luweng Sampang memiliki kemiripan di Antelope Canyon, Amerika Serikat yang membedakannya pada warna bebatuannya.

Sesampainya di Luweng Sampang kita disuguhkan pemandangan yang menarik, terutama motif batu batuannya, mungkin karena batu tersebut sudah cukup lama terkena air jadi tergerus mengikuti aliran air. Dua air terjun akan menyapa kita dengan gemericik suaranya serta membuka mata kita melalui keindahan bebatuannya yang terus setia menjalani perannya sebagai jalur aliran air sungai tersebut.

Artikel terkait Suasana Indah Di Luweng Sampang, Gedangsari, Gunungkidul