lklan-728x90
Menu

STNK hilang, Gini cara mengurusnya sampai tuntas

Gedangsari.com – Bagi anda anda yang memiliki Sepede motor atau Mobil sudah tidak asing lagi dengan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor). Begitu pentingnya STNK tersebut hingga kemanapun pergi STNk selalu ada di dalam dompet. Yang jelas STNK alat utama supaya taat peraturan lalu lintas agar tidak ditilang Polisi satlantas.

Cara mengurus STNK Hilang di Gungkidul Yogyakarta

Nah kalo Anda pada suatu saat mengalami kehilangan STNK berikut ini langkah-langkah yang segera anda lakukan.

  1. Buat laporan kehilangan STNK ke polsek setempat (lokasi hilangnya STNK) dalam hal ini bisa datang ke Kantor Polsek Kecamatan Gedangsari. (Lokasi berada di sebelah selatan SMKN 1 Gedangsari, dari Kantor Kecamatan Gedangsari keseletan sekitar 400m). Untuk keperluan ini anda perlu menfoto copy KTP Anda (sebagai pelapor) / KTP atas nama pemilik kendaraan dan juga Copy BPKB. Masing-masing 2 lebar dah cukup. Jika BPKB baru “sekolah” sedang dalam masa jaminan, silahkan minta dahulu Surat Pengantar dari pihak yang bersangkutan. Proses selesai di polsek lanjut ke proses selanjutnya.
  2. Langkah kedua adalah memasang iklan di media. Dalam hal ini Radio dan media cetak. Untuk radio bisa memasang iklan woro-woro di radio Argososro Gunungkidul (lokasi : dari arah menuju pasar wonosari ntar ada Bank BNI, dekat BNI itu ada gank masuk ke dalam, tepat di pojok seberang jalan itu lokasi radio. Biaya di sini kisaran 10-20rb.
  3. Masih melanjutkan langkah no. 2. Untuk pemasangan iklan di media cetak anda cukup di Koran Merapi / KR. Alamat lokasinya berada samping terminal lama wonosari. Dari pintu keluar terminal lama itu masuk kedalam kisaran 15 meter. Minta info untuk pasang iklan kehilangan STNK. Biaya 10-20rb.
  4. Langkah selanjutnya menju Polres Gunungkidul bagian Tilang. Letak ruangnya di sebelah selatan layanan SIM. Minta pengantar tilang kalo anda mengalami kehilangan STNK, nanti akan diberikan surat pengantar yang akan memberikan jaminan tentang status SNTK anda yang dapat anda gunakan sebagai pengganti sementara STNK.
  5. Sampai di sini langkah tahap pertama udah selesai. Tunggu hingga minimal 15 hari kedepan setelah anda membuat laporan kehilangan. Jika anda belom genap 15 hari sejak laporan kehilangan anda buat, terus mengurus STNK di samsat dijamin akn ditolak.
  6. OK untuk tahap ini saya anggap anda sudah lebih dari 15 hari untuk tahap no1-5. Jika udah waktunya silahkan datang ke samsat gunungkidul. Sampai sana menuju loket no 2. Masukan berkas di sana. Tunggu nanti akan ditanya + biaya kisaran 60-80rb. Nah kalo masih ada tunggakan pajak motor ntar sekaligus akan diminta untuk perpanjang pajak tapi kalo pajak masih hidup tidak ada tambahan lain. Proses di samsat ini hanya perlu beberapa jam aja tergantung antrian.

Demikian info untuk mengurus kehilangan STNK semoga bermanfaat. Bagi yang belom jelas silahkan tinggalkan komentar.

Artikel terkait STNK hilang, Gini cara mengurusnya sampai tuntas