lklan-728x90
Menu

Sosialisasi Sertifikasi Tanah, Dari Badan Pertanahan Nasional

Sertifikat tanah adalah dokumen formal yang memuat data yuridis dan data fisik yang dipergunakan sebagai tanda bukti dan alat pembuktian bagi seseorang atau badan hukum ( privat atau public ) atas suatu bidang tanah yang dikuasai atau dimiliki dengan suatu hak atas tanah tertentu.

sertifikat tanah

Masyarakat pedesaan masih jarang yang memiliki sertifikat tanah, karena kurangnya pengetahuan tentang fungsi dan manfaat dari sebuah sertifikat tanah. Selain sebagai tanda hak milik tanah sertifikat juga biasa di gunakan sebagai agunan pinjaman di sebuah bank. Masyarakat biasanya mengurus sertifikat jika tanah yang dimiliki adalah tanah yang asalnya jual beli. Karena tanah yang berasal dari jual beli sering timbul masalah di kemudian hari.

Pengarahan Pembuatan Sertifikasi Tanah

Ada berapa jenis pengurusan sertifikasi menurut asal usul tanah di antaranya  jual beli, warisan dan hibah. Untuk sertifikat tanah warisan Badan Pertanahan Nasional Gunungkidul (BPN) telah mengadakan sosialisasi di Balai Desa Hargomulyo, Kecamatan Gedangsari. Dalam hal ini BPN memberikan penjelasan dan arahan pembuatan sertifikasi tanah yang berasal dari sebuah warisan.

Sertifikasi tanah warisan merupakan sertifikasi yang paling mudah dan murah dalam pengurusannya. Maka dari itu Badan Pertanahan Nasional (BPN) Gunungkidul rencananya akan memberikan sertifikasi gratis bagi warga Desa Hargomulyo. Namun dalam sertifikasi gratis yang akan diberikan oleh BPN kepada warga Hargomulyo  hanya di target sekitar kurang lebih seratus sertifikat sedesa hargomulyo. Dalam program ini tentu saja bekerja sam dengan pemerintah desa Hargomulyo

Sertifikat Hak Milik adalah sertifikat dengan status hukum terkuat diantara status hukum pertanahan yang lainnya. Hak yang melekat pada sertifikat hak milik memiliki sifat hak turun temurun dan terpenuhi yang dimiliki oleh seseorang yang namanya tercantum sebagai pemilik dalam sertifikat hak milik tersebut.

 

Artikel terkait Sosialisasi Sertifikasi Tanah, Dari Badan Pertanahan Nasional