lklan-728x90
Menu

Situs Sokoliman Yogyakarta

Situs Sokoliman YogyakartaSitus Sokoliman Yogyakarta – Situs Sokoliman merupakan situs kepurbakalaan yang terletak di Dusun Sokoliman II, Desa Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul, DI Yogyakarta, tidak jauh (sekitar 5 km) dari objek wisata Gua Pindul. Situs ini berfungsi sama seperti situs Bleberan, di Kecamatan Playen, Gunungkidul, yaitu menampung dan mengamankan benda-benda cagar budaya, terutama yang bersifat megalitik, khususnya yang ditemukan di Desa Bejiharjo. Lokasinya berbatasan dengan lahan milik Perhutani yang ditanami kayu putih.

Di situs berukuran luas 2000 meter persegi ini dikumpulkan ratusan menhir (termasuk menhir arca), batu-batu penyusun kubur batu, serta punden yang sebelumnya terserak di kebun-kebun penduduk atau di lahan milik Perhutani. Sampai tahun 2014 terdapat 137 menhir, lima kubur batu (tidak lengkap), dan tujuh papan kubur batu. Selain itu terdapat satu punden yang dipindahkan dari sumber air di dusun tersebut, yang tiap tahun didatangi penduduk dalam rangka “bersih desa”. Terdapat pula menhir arca “Mbah Gandhok” yang dipindahkan dari lahan milik penduduk untuk menghidari vandalisme.

Adanya peninggalan purbakala di kawasan ini diketahui setelah dilakukan penelitian awal oleh J.L. Moens dan van der Hoop pada tahun 1934. Mereka melaporkan adanya bekal kubur yang berbentuk manik-manik, alat-alat besi, fragmen gerabah, dan benda-benda perunggu di kawasan Dusun Gunungbang, Desa Bejiharjo, tempat ditemukannya beberapa kubur batu (sampai sekarang masih di lokasi).

Keistimewaan Situs Sokoliman

Situs Sokoliman Yogyakarta,

Satu hal yang ,menarik dan menjadi keistimewaan Situs Megalitikum Sokoliman ini adalah bahwa diseputar Sokoliman juga terdapat beberapa arca batu putih/kapur yang coraknya menyerupai arca jaman peradaban Siwa-Budha. Setiap tahun sehabis masa panen, masyarakat sering mengelar ritual bersih dusun atau bersih kali di lingkungan arca ini.

keistimewaan lainya, masyarakat sekitar situs ikut serta dalam mengelola peningalan-peningalan ini.masyarakat yang terlihat antusias dan bangga dengan adanya situs ini, bagi anda yang menyukai kajian sejarah dan arkeogologi tentu akan sangat senang berkunjung ke situs sokoliman ini, kaena anda dapat meneliti sejarah peradaban manusia purba Indonesia.

Artikel terkait Situs Sokoliman Yogyakarta