lklan-728x90
Menu

Serunya Jalan-jalan di Bandungan, Kecamatan Baru dengan Segudang Tempat Wisata di Kota Semarang

Kamu tak  perlu merasa kuper jika kamu memang belum pernah mendengar nama Bandungan, sebuah kecamatan baru di Kabupaten Semarang. Bandungan adalah pemekaran dari sebagian Kecamatan di Ambarawa dan juga Kecamatan Jambu. Meskipun mungkin namanya memang belum terlalu hits di kalangan traveller, sebenarnya daerah Bandungan ini memiliki destinasi wisata yang seru banget. Jumlah hotel yang ada di Bandungan bahkan semakin tumbuh dan berkembang demi mengakomodasi para wisatawan. Hal ini tak mengherankan karena di Bandungan mulai dari wisata alam sampai pada wisata sejarah, semua dapat ditemukan di sini.

 

Source: Flickr

Belajar Sejarah di Candi Gedong Songo

Bukan hany bisa belajar sejarah, kamu juga dapat sekaligus berwisata alam di sini. Nama Candi Gedong Songo adalah kompleks percandian Hindu yang terdapat di lereng Gunung Ungaran. Lebih  terpatnya ada pada ketinggian 1.200 mdpl di Desa Candi, Kecamatan Bandungan. Nah, dari lokasi candi ini, bahkan kita bisa menikmati pemandangan Gunung Andong juga Gunung Merapi dengan jelas.

Dulunya, memang ada sembilan candi yang berdiri dalam kompleks Candi Gedong Songo. Namun kini hanya tinggal lima candi yang kondisinya masih utuh. Sementara untuk sisanya berupa reruntuhan. Jika kamu pernah datang ke kompleks Percandian Arjuna di Dieng, maka kompleks Candi Gedong Songo ini akan dapat mengingatkanmu dengan lokasi wisata tersebut karena lokasinya sama-sama berada di ketinggian.

Lebih Dekat dengan Alam di Base Camp Mawar

Ingin puas menikmati alam dan tak berniat menginap di hotel di Bandungan, maka Base Camp Mawar merupakan pilihan yang tepat. Berada di kawasan Sidomukti, Base Camp Mawar adalah salah satu base camp untuk pendakian ke Gunung Ungaran. Biasanya, para pendaki yang tak kuat meneruskan perjalanan ke puncak gunung akan stay menunggu di sini. Namun tak jarang pula ada orang yang memang sengaja untuk datang ke Base Camp Mawar dengan tujuan berlibur sambil camping. Lahannya sangat luas, dikelilingi hutan pinus yang menciptakan keindahan pemandangan spektakuler. Bila tidak ingin repot bawa tenda, kamu bisa menyewa tenda di Base Camp Mawar.

Menikmati Kopi dari Lereng Gunung di Pondok Kopi

Setelah anda booking hotel di Bandungan, sebuah tempat nongkrong bernama Pondok Kopi ini sangat keren. Ini salah satu tempat yang wajib kamu kunjungi. Berbedadengan kebanyakan kedai kopi di kota besar, Pondok Kopi ini terletak di atas lereng gunung. Sehingga, baik pagi, siang, sore, atau malam hari, Pondok Kopi ini selalu menyuguhkan pemandangan mempeesona sehingga kamu betah nongkrong berlama-lama di sini.

Di  tempat ini, lokasi tempat duduk terbagi dalam tiga bagian, yakni di dalam ruangan, teras, dan halaman yang dipenuhi rumput. Kalau cuaca sedang cerah, sebaiknya pilihlah tempat duduk di halaman agar bisa puas menikmati pemandangan alam sekitar. Selain kopi, Pondok Kopi juga menyediakan berbagai menu lain seperti susu, teh, jus, hingga minuman tradisional seperti bajigur, skoteng, wedang jahe, dan bandrek. Ada pula menu makanan seperti roti bakar, kentang, nasi goreng, bakmi jawa kuah, hingga menu paket nasi.

Source: Flickr

Jalan-jalan di Pasar Kembang Bandungan

Daerah pegunungan di Bandungan juga dikembangkan menjadi kawasan agrowisata. Berbagai macam produk yang dikembangkan di Bandungan, biasanya berasal dari kelompok holtikultura berupa sayur, buah, dan bunga. Sebagai salah satu sarana untuk memasarkan produk-produk tersebut, maka dibangunlah Pasar Kembang Bandungan. Sesuai dengan namanya, pasar satu ini menyediakan berbagai macam jenis bunga, mulai dari sedap malam, krisan, gladiol, mawar, melati, aster, dan dahlia. Biasanya, Pasar Kembang Bandungan mulai aktif sekitar pukul 3-5 pagi. Kamu bisa membeli bunga di sini untuk oleh-oleh.

Susan Spa

Setelah lelah menjelajahi aneka wisata di atas, kamu bisa memanjakan diri di Susan Spa, yang terletak persis di atas Pasar Bandungan. Sambil spa, kamu bisa sekaligus menikmati pemandangan khas pegunungan yang begitu indah. Susan Spa juga memiliki fasilitas lain seperti restoran, ballroom, kafe, sauna, jacuzzi, kolam renang, hingga wedding venue. Bahkan sebenarnya Susan Spa merupakan bagian dari resort bernama Susan Spa & Resort, yang merupakan salah satu hotel di Bandungan dengan fasilitas paling lengkap. Kamu bisa menginap di sini untuk beristirahat agar tubuhmu kuat mengeksplor Bandungan secara maksimal.

Yuk, ramai-ramai ajak teman dan keluargamu liburan ke Bandungan!

Artikel terkait Serunya Jalan-jalan di Bandungan, Kecamatan Baru dengan Segudang Tempat Wisata di Kota Semarang