lklan-728x90
Menu

Sentra Perajin Batik Unjuk Hasil Karya di Tegalrejo

Foto Proses dan cara membatik kain (3)Gedangsari.com – Sentra perajin batik yang berada di wilayah desa Tegalrejo (Batas Kec. Bayat Klaten) unjuk kebolehan dalam praktekum pada pelatihan batik hari ke-4 pada PNPM pola MP3KI. Sekitar 50 hasil praktek kerajinan batik kain ditunjukan pada hari tersebut.

Pelatihan yang dikutim oleh kelompok Batik Tunggal Jaya (Tegalrejo) dan Kelompok Batik Indah (Candi), menghasilkan berbagai macam kain batik berbagai motif.

 

Motif-motif batik pada pelatihan ini antara lain motif Pekalongan, Motif Bunga, Motif Dedaunan, Kupu-kupu, Motif wayang dan Motif Buah Srikaya yang menjadi ikon dari Desa tegalrejo.

Pelatihan ini memberikan Pelatihan Penguatan agar peserta bisa lebih selangkah lebih maju dalam proses produksi kain batik. Peserta yang berasal dari kedua kelompok pada dasarnya sudah memiliki kemampuan dalam membuat pola batik, sehingga fokus pelatihan ini lebih pada pemberian warna da kain batik.

Foto Proses dan cara membatik kain (17)Peserte yang didominasi kaum ibu-ibu dan sebagian kecil kaum lelaki ini dengan penuh semangat tetap mengikuti pelatihan yang di arahkan oleh Bpk. Surono selaku tutor dan praktisi perajin batik dari wilayah Desa Tegalrejo sendiri.

Akhir dari pelatihan pada hari Jumat 28 Nopember 2014 telah berhasil membuat bermacam kerajian kain batik seperti pada Galery Batik Tegalrejo

 

 

Artikel terkait Sentra Perajin Batik Unjuk Hasil Karya di Tegalrejo