lklan-728x90
Menu

Sentra Kerajinan Blangkon Desa Bejiharjo Gunungkidul

13/08/2015 | Seni Budaya

Sentra Kerajinan Blangkon Desa Bejiharjo Gunungkidul

Sentra Kerajinan Blangkon Desa Bejiharjo Gunungkidul – Blangkon, penutup kepala khas Jawa ini masih banyak ditemui di beberapa daerah, seperti Jogja dan Solo. Bahkan para wisatawan seringkali mencari penutup kepala tradisional ini sebagai suvenir dan buah tangan.

Padukuhan Bulu, Desa Bejiharjo, Kecamatan  Karangmojo, menjadi salah satu sentra pengrajin blangkon di Kabupaten Gunungkidul. Salah satu warisan budaya ini masih terus dikembangkan masyarakat setempat sebagai modal hidup untuk mencukupi kebutuhan keluarga.

Filosofi Blangkon Bagi Masyarakat Jawa

Wakino, salah satu pengrajin blangkon tertua di wilayah Bulu mengatakan, dalam melestarikan bisnis ini membutuhkan jangka waktu yang tidak instan. Butuh segenap hati dan pengabdian untuk melestarikannya. Wakino mengaku menggeluti usaha tersebut sejak berumur 13 tahun.

Bagi masyarakat awam atau non jawa, blangkon hanyalah sekedar tutup kepala, tetapi tidak bagi Wakino, menurutnya blangkon adalah simbol adat yang memiliki nilai histori dan filosofi yang dalam. Blangkon melambangkan  pangkat atau derajat seseorang pada zaman dahulu yang kerap dipakai para raja.

Artikel terkait Sentra Kerajinan Blangkon Desa Bejiharjo Gunungkidul

loading...