lklan-728x90
Menu

Sentra Kerajinan Batu Kapur Mojo, Semanu, Gunungkidul

Gunungkidul merupakan sebuah daerah dataran tinggi yang dipenuhi dengan pegunungan kapur. Penduduk Gunungkidul yang memiliki kreativitas tinggi melihat ini sebagai peluang usaha yang menjanjikan. Di Gunungkidul memang terdapat banyak sentra kerajinan, seperti Sentra kerajinan batu akik di Sawahan, Ponjong. Akhirnya berkat kreativitas masyarakat Gunungkidul memunculkan produk kerajinan yang terbuat dari batu kapur yang sanga menarik.

Batu kapur kini memiliki nilai jual yang tinggi karena telah diolah menjadi berbagai macam jenis ornamen untuk bangunan rumah, seperti relief, ornament, roster (ventilasi), pot lampion, patung dan hiasan taman. Nah kerajinan ini dapat anda temui di daerah Mojo, Ngeposari, Semanu, Gunungkidul.

Sentra Kerajinan Batu Kapur Mojo, Semanu, Gunungkidul

Lokasi Sentra Kerajinan Batu Kapur Mojo

Lokasi sentra berada di Dusun Mojo, Ngeposari, Semanu, Gunungkidul, terletak kurang lebih 8Km dari Kota Wonosari atau kurang lebih 3Km dari Kota Kecamatan Semanu, dan dapat diakses menggunakan kendaraan roda 2 (dua) maupun kendaraan roda 4 (empat) karena akses jalan menuju Desa Wisata Mojo telah beraspal mulus. Hampir di sepanjang jalan Dusun Mojo terdapat pengrajin batu yang juga mendisplay produknya di sekitaran jalan tersebut.

Uniknya Kerajinan Batu Kapur

Relief dinding yang biasa dipasang di tembok rumah, maupun tembok pagar atau bahkan di gapura dan berbagai dinding ini terbuat dari Batu Putih yang berasal dari daerah Wonosari, Gunung Kidul. Salah satunya dari Dusun Mojo ini.

Ada perbedaan penting antara Batu Putih dari Wonosari, Gunung Kidul, dengan Batu Alam (Batu Candi) dari Gunung Merapi. Batu Putih merupakan batuan sedimen dari batu kapur, sedang Batu Alam Gunung Merapi merupakan batuan beku (Andesit).

Batu Putih lebih rapuh dibandingkan dengan batu Candi. Walaupun dari kerapuhan ini mengandung arti bahwa Batu Putih lebih mudah diukir dan dipahat dibanding batu alam. Itulah kenapa relief dinding dengan ukiran ini lebih murah dibanding misalnya Relief patung kepala budha walaupun ukurannya lebih besar.

Bila anda berkunjung ke Gunungkidul, sempatkan mampir ke Sentra Kerajinan Batu di Mojo ya! Di sana anda bisa tahu proses pembuatan ukir batu putih yang indah.

Artikel terkait Sentra Kerajinan Batu Kapur Mojo, Semanu, Gunungkidul