lklan-728x90
Menu

Sensasi Wisata Di Pantai Parang Racuk Gunungkidul

Anda yang ingin berlibur ke Gunungkidul bersiaplah dengan pantai- pantainya yang begitu menawan. Anda dapat memilih lokasi wisata pantai mana yang ingin anda tuju. Namun ada salah satu pantai yang memiliki sensasi wisata yang begitu asyik di Gunungkidul yakni Pantai Parang Racuk. Selain pantai Watu Gupit yang sudah kita bahas kemarin, saat ini kita akan membahas tentang Pantai Parang Racuk yang berpotensi tinggi.

Pantai Parang Racuk Gunug Kidul bisa menjadi alternatif pantai yang dikunjungi. Pantai ini terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul. Pantai ini juga masih berada dalam area Pantai Baron. Saat berada di Bukit Pantai Baron tepatnya di sebelah timur Anda bisa melihat dari kejauhan lokasi pantai ini. Ada banyak tebing curam yang bisa dilihat. Begitu pula laut lepas yang melegakan siapa saja yang memandang.

Sensasi Wisata Di Pantai Parang Racuk Gunungkidul

Potensi Memukau Pantai Parang Racuk

Menawarkan sebuah pemandangan yang cukup ekstrim lantaran kedalaman tempat untuk mencapainya juga membutuhkan tenaga ekstra berjalan kurang lebih 20 menit. Melewati bukit-bkit karang. Memang tak ada pantai di tempat ini, melainkan sebuah bukit karang yag berhubungan langsung dengan kedalaman laut. Tinggi bukit karang dengan laut kurang lebih 18-20 meter.

Sebuah tempat yang sangat indah, meski harus ekstra hati-hati tentunya. Dari ketingian karang ini kita akan dapat melihat luasnya laut dan dahyatnya hempasan ombak laut selatan. Bagaimana tidak, dari tempat ini kita akan bisa melihat sensasi hantaman ombak yang debur airnya bisa mencapai lebih dari 15 meter.

Yang menark dari pantai ini adalah terdapatnya beberapa sumber energi alternatif yang dikembangkan adalah Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yaitu tenaga listrik yang berasal dari sinar matahari. Selain itu ada pula Pembangkit Listrik Tenaga Gelombang (PLTG) ada pula yang menyebutkan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Ombak (PLTO) yaitu sumber energi listrik yang berasal dari gelombang laut atau ombak.

Anda akan segera bisa menilik atau melihat Pantai Parang Racuk Gunug Kidul ini dari dekat. Selain itu Anda juga bisa melihat prototipe PLTO atau PLTG yang ada dipasang di pantai ini pada 2006. Bahkan prototipe ini merupakan satu-satunya di Indonesia. Anda juga bisa melihat prototipe pembangkit energi alternatif lainnya yang dipasang di pantai ini sejak 2002. Anda bisa melihat kincir angin, sel surya (solar cell), dan alat-alat lainnya. Anda tidak hanya melihat potensi alam yang mengagumkan tetapi juga melihat potensi alam yang digunakan untuk mengembangkan sumber energi alternatif.

 

Artikel terkait Sensasi Wisata Di Pantai Parang Racuk Gunungkidul