lklan-728x90
Menu

Sekolahan Yang Lebih Mengutamakan Pendidikan Agama Menjadi Pilihan Para Orang Tua

28/07/2016 | Pendidikan, Serba - Serbi

Bahwa pendidikan agama merupakan proses pendidikan dan memberikan pengetahuan, membentuk kepribadian, sikap, serta keterampilan para siswa dalam mengamalkan norma, nilai, serta ajaran agamanya. Pendidikan agama ini sekurang-kurangnya dilaksanakan melalui mata pelajaran ataupun kuliah pada semua jurusan, semua jenjang, serta semua jenis pendidikan.

Pendidikan agama adalah upaya yang dilakukan oleh seorang pendidik dalam membina dan mengarahkan siswa pada ajaran agama. Tidak hanya memahami materi agam yang disampaikan, tetapi peserta didik diharapkan dapat menerapkan ajaran tersebut dalam kehidupan.

pentingnya ilmu agama dalam sekolahan

pentingnya pendidikan agama dalam sekolahan

 

Misalnya dengan saling menghormati dan menghargai perbedaan agama yang ada di Indonesia, serta menjalin kerukunan dengan seluruh umat beragama, baik di lingkungan sekolah, di lingkungan rumah, maupun di lingkungan bermasyarakat.

Menentukan Tempat Sekolah Menjadi Pertimbangan Yang Paling Utama

Penentuan sekolah untuk ke jenjang yang lebih tinggi adalah menjadi pertimbangan yang paling utama bagi orang tua  murid, dengan memilih sebuah sekolahan yang sesuai, dengan harapan bisa mencapai kesuksesan dalam belajar baik secara akhlak maupun intelektualnya, agar ada keseimbangan anatar jasmani dan rohani.

Dengan bukti bahawa sekolah-sekolah suwasta yang mengutamakan pendidikan agamanya juga menjadi pilahan para oarang tua untuk memasukan putra dan putrinya di sekolah suwasta. Dalam menentukan sekolahan tidak hanya di dominan pada sekolah negri saja. Bahkan saat ini sekolah negeri masih banyak kekurangan murid baik tingkat TK, SD, SLTP maupin tinggkat SMA di sebabkan para orang tua tidak hanya memasukan sekolah pada sekolahan negri saja.

Contohnya Sekolah TK RA Masyitoh di dusun ngasinan Desa Hargomulyo  kecamatan  gedangsari pada tahun ajaran 2016 mendapat kepercayaan yang penuh pada orang tua murid dengan bukti siswa baru mencapai 50 orang siswa. Sekolah ini baru beberapa tahun berdiri di bawah yayasan islam Nahdatul Ulama dan lebih mengutamakan pada pendidikan agamnya. Seperti juga SMP muhammadiyah Gedangsarai yang terletak di desa mertelu saat ini smp itu juga bisa berjalan belajar mengajar dengan baik.

Ketika itu SMP muhamadiyah menjadi salah satu sekolah menengah sentral Di Gedangsari yang pertama terletak b di Desa mertelu di kecamatan gedangsari memiliki murid yang sangat banyak yang terdiri dari berbagai daerah dari gedangsari. Namun setelah SLTP3 gedangsari berdiri, SMP Muhamadiyah sempat mengalami kekurangan murid karena rata-rata beralih ke sekolah negri yang baru. Namun saat ini sekolah SMP Muhamdiyah masih bisa terus berjalan bahkan juga memilki murid yang cukup banyak juga karena sekolah ini bergerak lebih banyak di bidang agama.

Pendidikan Agama  Memiliki Manfaat Yang Cukup Besar

Pendidikan agama yang telah diwajibkan pemerintah tentu memiliki manfaat yang cukup besar bagi seluruh warga negara Indonesia. Bahkan walau tidak diwajibkan pun nampaknya pendidikan agama akan terus berkumandang di seluruh penjuru tanah air, karena dengan pendidikan agama ini akan tercipta generasi masyarakat yang tidak hanya pintar secara ilmu pengetahuan, tapi juga pintar dari sisi rohani.

Manfaat utama yang dirasakan dari adanya pendidikan agama adalah terciptanya manusia yang memiliki landasan rohani yang kuat sesuai agama yang dianutnya. Dengan landasan keagamaan ini manusia akan senantiasa memiliki batasan dalam berbuat, bisa membedakan mana yang baik, dan mana yang buruk. Hal ini sejalan dengan dasar negara kita yang berlandaskan atas ketuhanan yang maha Esa

Artikel terkait Sekolahan Yang Lebih Mengutamakan Pendidikan Agama Menjadi Pilihan Para Orang Tua