lklan-728x90
Menu

Segarnya Ngadem Di Pemandian Umbul Cokro Tulung Klaten

Klaten adalah sebuah kabupaten yang berada diantara Kota Solo dan Yogyakarta, sangat disayangkan kalau Klaten Cuma dianggap sebagai jalur wisata. Sebagian besar pelancong dari luar kota lebih memilih untuk ke Solo atau Yogyakarta sebagai tujuan wisata mereka. Padahal di Kabupaten Klaten ini banyak menyimpan keanekaragaman tempat wisata yang begitu menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Wisata Air Umbul Cokro Tulung yang sangat cocok sekali untuk dinikmati bersama orang dekat ataupun keluarga.

Di Kabupaten Klaten Jawa Tengah terdapat satu pemandian yang bernama Umbul Cokro Tulung, berlokasi di Desa Desa Cokro, Kecamatan Tulung – Klaten. Udara sejuk, air yang bersih dan alami dengan pepohonan yang rindang menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung yang ingin melepas penatnya rutinitas pekerjaan sehari-hari.

Segarnya Ngadem Di Pemandian Umbul Cokro Tulung Klaten

Padusan Di Umbul Cokro Tulung

Destinasi wisata air yang bernama asli Wisata Air Umbul Inggas ini lebih dikenal oleh masayarakat dengan nama Wisata Air Umbul Cokro Tulung dan wisata ini biasanya sepaket dengan wisata kuliner pemancingan Janti yang berada di satu kawasan. Wisata ini sudah lama dikenal oleh masyarakat sekitaran Kota Solo dan Yogyakarta, karena wisata ini sudah lama berada. Wisata Air ini berasal dari mata air alami sumber mata air Cokro yang berada disisi utara tempat wisata ini. Dengan luas sekitar 15000 meter persegi tempat ini sudah sangat berbeda dari sekitar 10 tahun yang lalu. Wisata ini semakin berbenah diri untuk kenyamanan para pengunjungnya.

Seperti Umbul Ponggok yang juga berada di Klaten, pemandian ini juga sangat ramai ketika menjelang bulan puasa. Tradisi Padusan yang merupakan ritual membersihkan diri menyambut datangnya bulan Ramadhan ini sudah menjadi budaya bagi sebagian masyarakat muslim di Karesidenan Surakarta. Dalam acara padusan ini biasanya pengunjung juga disuguhi dengan hiburan orkes dangdut dan berbagai macam jajanan.

Wahana dan Fasilitas Di Umbul Cokro

Satu hal yang membuat Umbul Cokro Tulung sangat terkenal yaitu konsep lokasi wisata yang tampak sangat alami dan berbeda dengan lokasi wisata air yang ada di daerah Solo Raya.

Sungai yang dialiri air jernih ini mengalir di bawah pepohonan rindang yang membuat suasana sangat terasa adem sekali dan juga segar. Umbul Cokro Tulung mempunyai kedalaman kurang lebih 80 cm dan aliran airnya yang tenang, sungai ini seakan menjadi lokasi sempurna untuk mandi dan bermain air di tengah hari bahkan saat matahari berada tepat di atas kepala.

Seiring dengan perkembangan jaman, kini tempat wisata Umbul Cokro Tulung lebih dikenal dengan nama Water Boom Cokro. Berbagai fasilitas wahana air ada di tempat wisata ini, diantaranya water sliding, flying fox, taman air, pancuran, kolam bermain, area parkir yang luas, gazebo, dan juga jembatan dibangun di tempat ini.

Di area Pemandian Umbul Cokro Tulung Klaten memiliki berbagai macam fasilitas yang bisa dinikmati oleh para pengunjung. Selain tersedia selter-selter untuk bersantai, ditempat ini juga tersedia wahana bermain air, tempat berenang, flying fox dan panggung hiburan live konser di hari tertentu. Tiket masuk ke area ini Rp 10.000, dan untuk bermain flying fox cukup membayar Rp. 15.000.

Akses menuju Pemandian Umbul Cokro juga tidaklah sulit, dari Delanggu Klaten bisa langsug menuju ke barat arah Cokro, jika menggunakan angkutan umum bisa naik bus jurusan Klaten yang lewat Cokro.

Jadi, bagi anda yang ingin merasakan segarnya mata air ini bersama keluarga silakan datang segera ke Umbul Cokro Tulung Di Klaten.

 

Artikel terkait Segarnya Ngadem Di Pemandian Umbul Cokro Tulung Klaten