lklan-728x90
Menu

Sambut Valentine Day, Coklat Pegagan Pawon Gendis Kulonprogo, Yogyakarta Diserbu Pembeli

Kejelian melihat potensi yang dimiliki di daerah sekitar, bisa mendatangkan rezeki bagi masyarakat sekitar. Seperti halnya yang dilakukan kelompok Pawon Gendhis di Kulonprogo. Ketua  kelompok Pawon Gendhis Dwi Martuti Rahayu mengatakan, ia melihat ada potensi dari tanaman pegagan yang banyak tumbuh di dusun tempatnya tinggal yakni Salakmalang, Kalibawang, Kulonprogo.

Pegagan biasa dianggap sebelah mata karena tumbuh liar di pematang sawah. Hal ini dimanfaatkan kelompok tersebut untuk memodifikasi tanaman pegagan ini menjadi sebuah ide kreatif yang bernilai ekonomis tinggi yakni Coklat Pegagan.

Sambut Valentine Day, Coklat Pegagan Pawon Gendis Kulonprogo, Yogyakarta Diserbu Pembeli

Aneka Coklat Pegagan Laris Manis Menjelang Valentine Day

Seperti saat ini momen yang pas untuk coklat yaitu Valentine Day yang tentunya identik dengan coklat. Momen ini menjadian Coklat Pegagan ini laris manis diserbu pembeli. Selain aneka bentuknya yang unik, coklat pegagan ini memang kaya akan manfaat untuk kesehatan.

Khusus untuk produksi cokelat yang dikombinasikan dengan daun pegagan dan mocaf dimulai sejak dua tahun lalu. Namun inovasi bentuk untuk valentine, baru kali ini dilakukan sehingga cocok untuk dijadikan kado. Permintaan cokelat produksi KWT ini mengalami peningkatan hingga 50 persen menjelang Valentine Day.

Antara lain cokelat sendok, bentuk hati, dan bintang, dan bulat, dihias juga dengan sprinkle. Di buat cokelat sendok karena biasanya yang ada cokelat gagang, kalau sudah dimakan gagangnya dibuang. Kalau sendok ini setelah dimakan sendoknya bisa dimanfaatkan.

Dwi Martuti yang biasa disapa Tuti ini mengungkapkan, dalam sehari rata-rata produksi cokelat sebanyak satu kilogram. Pemasaran meliputi wilayah Kulonprogo, Yogyakarta, serta melalui online. Bahan lokal yang dikombinasikan dalam produk cokelat ini adalah mocaf dan daun pegagan.

Mocaf merupakan tepung singkong yang sudah dimodifikasi dengan fermentasi atau modified cassava flour. Sedangkan daun pegagan semula merupakan tanaman liar yang ternyata kaya kandungan nutrisi. Menurut Tuti, daun pegagan merupakan herbal untuk multivitamin otak, bisa menambah daya ingat, dan menyembuhkan berbagai penyakit.

Harga Coklat Pegagan

Harga cokelat pegagan produksi KWT Pawon Gendis ini juga sangat terjangkau. Untuk cokelat box kecil Rp 6 ribu, box besar Rp 8 ribu, dan cokelat sendok Rp 7 ribu. Sejak Januari lalu cokelat dari Pawon Gendis ini juga dipasarkan melalui salah satu toko oleh-oleh di dekat Bandara Adisucipto. Nah, selain murah tentunya coklat pegagan ini menyehatkan bukan? karena bahan yang digunakan masih alami dan memanfaatkan potensi alam yang ada di sekitar kita.

Artikel terkait Sambut Valentine Day, Coklat Pegagan Pawon Gendis Kulonprogo, Yogyakarta Diserbu Pembeli