lklan-728x90
Menu

Lokasi dan Rute Situs Warungboto, Bangunan Megah yang Penuh Sejarah

Situs Warungboto adalah salah satu wisata hits yang ada di Jogja. Kawasan wisata ini semakin banyak dikunjungi wisatawan. Tak mengherankan karena Situs Warungboto terbukti mampu menampilkan pesona bangunan megah dan penuh seni. Tak hanya itu, Situs Warungboto juga menyimpan nilai sejarah tersendiri. Untuk anda yang tertarik ingin mengunjungi Situs Warungboto, pastikan anda mengetahui rute Situs Warungboto terlebih dahulu.

Lokasi dan Rute Situs Warungboto

Situs Warungboto bisa anda temukan di perbatasan antara Kelurahan Rajawinangun, Kecamatan Kotagede dan Kelurahan Warungboto, Kecamatan Umbulharjo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk menuju lokasi Situs Warungboto, anda bisa menuju XT Square lalu ke timur sedikit. Setelah itu, nantinya ada perempatan, anda ambil kiri dan lurus saja ke utara sekitar 500 meter. Nantinya anda akan menemukan pertigaan. Di tempat ini, anda akan menemukan plakat Situs Warungboto yang tidak terlalu terlihat dari jalan utamanya.

Sejarah Situs Warungboto

Tempat wisata Situs Warungboto mulanya adalah tempat pesanggrahan atau tempat istirahat keluarga kerajaan. Situs Warungboto ini dibangun pada masa pemerintahan Sultan Hamengku Buwono I serta diteruskan oleh Sultan Hamengku Buwono II. Situs Warungboto menyimpan beberapa kolam seperti halnya Tamansari. Tak hanya itu, kawasan wisata ini juga mempunyai bangunan berteras dan bertingkat-tingkat cukup megah. Tempat ini sangat sesuai untuk anda yang hobi berfoto-foto. Anda nantinya juga bisa menelusuri jejak sejarah kesultanan Yogyakarta.

Situs ini telah lama terbengkalai, akan tetapi setelah direnovasi oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya, Situs Warungboto ini semakin banyak dikunjungi wisatawan. Gempa tektonik pada tanggal 27 Mei 2006 mengakibatkan kerusakan parah pada sisa-sisa bangunan Situs Warungboto ini. Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) pun mulai mengupayakan perbaikan Situs Warungboto dalam beberapa tahun belakangan ini. Usai dilakukan perbaikan pada bangunan utama tahun 2016, Situs Warungboto pun mulai didatangi oleh ratusan pengunjung setiap minggunya.

Pada 2016, Situs Warungboto dilakukan perbaikan pada bangunan tengah yang ada kolam, bangunan sayap sisi selatan, pagar, dan bangunan bertingkat sisi selatan. Untuk sekarang ini, perbaikan fokus pada bagian utara bangunannya. Perbaikan Situs Warungboto membutuhkan waktu yang cukup lama. Perbaikannya rumit karena tidak boleh salah bangun. Selain itu, perbaikannya harus mengikuti gambar aslinya. Bangunan yang cukup parah dibongkar, sementara bangunan yang masih kokoh hanya diperbaiki. Bangunan asli Situs Warungboto bisa dilihat dari warnanya yang gelap atau cenderung hitam. Sementara bangunan yang telah dibongkar, warnanya lebih terang.

Harga Tiket Masuk

Untuk anda yang ingin memasuki kawasan tempat wisata Situs Warungboto, anda tak perlu khawatir mengenai tiket masuknya. Hal ini dikarenakan pengelola Situs Warungboto Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) masih belum menarik retribusi sampai saat ini. Pasalnya, proses pembugaran belum juga usai sepenuhnya. Hanya saja, apabila anda berkunjung, pastikan anda mematuhi peraturan yang ada. Adapun peraturan di Situs Warungboto seperti halnya dilarang untuk memanjat dinding, dan masih banyak lainnya.

Keberadaan Situs Warungboto ini mampu memberikan berkah tersendiri bagi penduduk sekitar. Bahkan tukang parkir Situs Warungboto mengaku mampu memperoleh pendapatan setidaknya Rp. 150.000 per hari saat musim liburan dan weekend. Hal ini menjadi bukti bahwa tempat wisata Situs Warungboto benar-benar banyak dikunjungi, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Setelah anda mengetahui rute Situs Warungboto, pastikan anda segera mengunjunginya. Jangan lupa untuk mengajak keluarga, pasangan, dan sahabat anda. Dijamin liburan anda akan terasa lebih seru.

Artikel terkait Lokasi dan Rute Situs Warungboto, Bangunan Megah yang Penuh Sejarah

loading...