lklan-728x90
Menu

Pusat Gempa 3,8 SR Di Barat Daya Gunungkidul, Warga Panik

20/10/2015 | Berita & Peristiwa

Gedangsari.com – Wilayah Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, diguncang gempa pada Selasa pagi, 20 Oktober 2015. Gempa terjadi sekitar pukul 07.00 wib. Meski singkat, guncangan gempa ini cukup terasa dan membuat kaget dan panik sejumlah warga DIY.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa itu berkekuatan 3,8 skala richter. Gempa terjadi pada pukul 06.53.26 WIB dan berlokasi di 8.02 lintang selatan, 110.51 bujur timur atau 15 kilometer barat daya Gunungkidul dengan kedalaman mencapai 10 kilometer.
Pusat Gempa 3,8 SR Di Barat Daya Gunungkidul, Warga Panik
Belum diketahui secara pasti kerusakan yang ditimbulkan oleh gempa ini. Namun pantauan di sejumlah akun jejaring media sosial warga DIY menyebutkan guncangan gempa dirasakan oleh sebagian warga, saat mereka baru memulai aktivitasnya di pagi hari.
Meski gempa hanya berkekuatan 3.8 skala richter, getaran cukup terasa karena gempa terjadi di darat, seperti peristiwa serupa beberapa waktu yang lalu dengan lokasi yang hampir sama.
Yuwono, warga Kabupaten Gunungkidul, mengaku sempat merasakan goncangan yang cukup besar namun berlangsung cukup cepat. “Sebelum beranjak keluar rumah, gempa sudah selesai,” katanya.
Dwi Daryanto, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bantul, mengatakan gempa yang berlokasi di darat memang sebagian dirasakan warga Bantul. Namun tidak ada kerusakan akibat peristiwa itu.

Artikel terkait Pusat Gempa 3,8 SR Di Barat Daya Gunungkidul, Warga Panik