lklan-728x90
Menu

Pura Rambut Siwi Dengan Panorama Yang Menakjubkan Di Bali

Pura Rambut Siwi merupakan salah satu Pura Hindu terbesar di Bali. Pura ini berada di Desa Yeh Embang Kangin, Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana. Dari Denpasar, lama tempuh menuju pura ini yaitu sekitar 2 jam, sedangkan dari Negara adalah sekitar 30 menit saja. Rambut Siwi memang adalah pura yang sangat indah, berada di tepi tebing, dengan Samudera Hindia yang luas terhampar di depannya. Pura utama berada di atas tebing dan dikelilingi dengan pemandangan Samudra Hindia. Selain bersembahyang, para pengunjung juga bisa menikmati panorama yang indah dari Samudra Hindia yang luas serta berwarna biru. Suasana di tempat ini sangat tenang serta baik untuk memulihkan pikiran kita.

Pada sekitar Pura Rambut Siwi terdapat tujuh pura lain. Bagi para pengunjung yang datang guna bersembahyang, diharapkan mengikuti urutan yang sudah ditentukan. Pertama, persembahyangan dilakukan di Pura Pesanggrahan yang berada di pinggir jalan Denpasar-Gilimanuk. Seterusnya persembahyangan dilanjutkan ke Pura Taman yang berada pada sebelah timur jalan masuk ke lokasi Pura Rambut Siwi. Selepas di Pura Taman, menuju ke Pura Penataran yang berada di timur Pura Rambut Siwi. Berikutnya persembahyangan dilanjutkan ke Pura Goa Tirta, Pura Melanting, Pura Gading Wani serta Pura Ratu Gede Dalem Ped. Setiap persembahyangan pada Pura Ratu Gede Dalem Ped ini, pengunjung akan memperoleh gelang tridatu (hitam, merah, putih). Sesudah itu, persembahyangan diakhiri di Pura Luhur Rambut Siwi.

Pura Rambut Siwi

Pujawali ataupun persembahyangan utama biasanya diadakan setiap enam bulan satu kali. Atau dalam kalernder Hindu pada saat Buda Umanis Prangbakat. Tujuan utama dari Pura ini adalah untuk memuja Tuhan pada perwujudannya sebagai dewa pertanian. Biasanya orang sering salah mengira Pura Pesanggrahan yang berada di sisi samping jalan utama Denpasar menuju Gilimanuk adalah Pura Rambut Siwi. Akan tetapi, memang sebenarnya pura in juga masih termasuk bagian dari Puta Rambut Siwi. Jika kita menghadap ke selatan dari Pura Pesanggrahan ini, akan terlihat Pura Luhur Rambut Siwi dengan latar belakang lautan biru nan indah. Pura Pesanggrahan ini paling kerap disinggahi oleh para pengendara yang biasanya akan pergi ke luar Bali melewati pelabuhan Gilimanuk.

Dalam perjalanan menuju Gilimanuk, setelah memasuki wilayah Kabupaten Jembrana, anda akan menjumpai sebuah Pura di sisi kiri. Di tempat ini anda akan melihat sebagain besar pengendara menghentikan kendaraannya di lokasi ini untuk bersembahyang memohon keselamatan saat perjalanan. Hal ini sebenarnya dilakukan pula oleh masyarakat di Pura-Pura lainnya di Bali seperti pada Pura Goa Lawah serta Pura Pulaki. Bila anda ingin mengunjungi pura ini, anda tidak perlu ragu. Selain sebab biaya untuk mengunjungi Pura Rambut Siwi cukup murah. Menikmati pemandangan serta suasana di pura ini bisa dibilang merupakan langkah yang sangat baik untuk menghabiskan hari-hari liburan anda saat di Bali.

Keindahan Pura Rambut Siwi

Akan sangat tepat jika anda mengunjungi pura ini pada waktu matahari terbenam. Sebab letaknya yang berada pada atas tebing tinggi dan menghadap ke lautan. Anda akan dapat menyaksikan keindahan matahari terbenam yang begitu luar biasa indahnya. Panorama yang ditawarkan memang cukup menyerupai dengan yang ada di Puta Uluwatu. Tapi, Pura Rambut Siwi jauh dari keramaian sehingga lumayan nyaman untuk dikunjungi. Tentu saja hal ini bisa menjadi suatu alternatif yang bagus jika anda sudah sedikit jenuh dengan keramaian yang ada pada Pura Uluwatu. Tapi, tentu saja anda harus bersedia melakukan perjalanan yang lebih lama guna menikmati keindahan dan ketenangan di Pura Rambut Siwi ini.

Artikel terkait Pura Rambut Siwi Dengan Panorama Yang Menakjubkan Di Bali