lklan-728x90
Menu

Puncak Sosok Jogja, Wisata Baru yang Hits dan Murah Meriah

Kawasan wisata puncak memang mudah ditemui di Jogja. Selain Puncak Becici dan Puncak Kosakora, Jogja masih memiliki wisata puncak lainnya. Sebut saja Puncak Sosok. Puncak Sosok Jogja ini tengah menjadi wisata hits yang banyak dikunjungi wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Tak mengherankan karena kawasan wisata puncak yang satu ini menyuguhkan pemandangan alam yang begitu memukau. Untuk lebih jelasnya, anda simak saja info lengkap mengenai Puncak Sosok di Jogja berikut ini.

Puncak Sosok Jogja

Tempat wisata hits yang ada di Jogja ini sudah dikembangkan sejak tahun 2017 kemarin oleh masyarakat beserta pemerintah setempat. Saat anda mengunjungi Puncak Sosok, anda akan disambut oleh hamparan sawah dan bukit. Setelah itu, anda perlu menuruni tangga menuju sebuah panggung terbuka. Sebelum tangga, anda akan melihat beberapa gazebo dan spot kereta mini yang dihadirkan khusus untuk anak-anak balita. Selain itu, di dekat parkiran juga sudah dilengkapi dengan fasilitas mushola dan toilet. Sebelah kanan kiri tangga ada ayunan kayu, jungkat-jungkit, dan beberapa tempat duduk.

Perlu diketahui, Puncak Sosok Jogja adalah tempat favorit komunitas pesepeda gunung. Hal ini dikarenakan Puncak Sosok memiliki track downhill yang ekstrim dan sangat memacu adrenalin. Jika anda melihat sebelah kiri panggung, maka anda bisa menemukan beberapa pagupon atau rumah burung merpati. Adapun ciri khas utama dari Puncak Sosok ini ialah rumah bambu yang didesain sedemikian rupa hingga menjadi warung yang instagramable. Rumah bambu ini dilengkapi dengan atap daun kelapa yang keren dan bisa anda gunakan untuk berswafoto.

Untuk wisata kulinernya, anda bisa mencoba mencicipi sego wiwit dan sego sambal teri. Tak hanya itu, di kawasan Puncak Sosok juga terdapat gorengan, jagung bakar, serta makanan instan. Di bukit depan warung ini ada spot kandang kelinci yang sekilas mirip dengan Cimory di Semarang. Lokasi wisata dengan konsep ramah keluarga ini selalu ramai dikunjungi wisatawan, terutama saat sore. Saat malam hari, Puncak Sosok berubah menjadi Bukit Bintang.

Harga Tiket Masuk

Bagi anda yang tertarik ingin mengunjungi Puncak Sosok, anda bisa langsung mendatangi lokasinya. Untuk memasuki kawasan wisatanya pun, anda tak perlu mengeluarkan banyak uang. Hal ini dikarenakan pengelola masih belum menetapkan tarif tiket masuk Puncak Sosok alias gratis. Anda hanya perlu mengeluarkan biaya parkir sebesar Rp. 2.000 saja.

Lokasi dan Rute

Puncak Sosok berada di Jambon, Bawuran, Pleret, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk menuju Desa Bawuran dari Kota Jogja, anda bisa melewati jalan Imogiri timur. Setelah anda tiba di perempatan Jejeran, anda belok saja ke kiri atau ke timur. Lurus saja hingga mentok dan ketemu dengan jalan Pleret. Kemudian belok ke kanan. Dari sini lurus saja sampai ketemu pertigaan dan belok kiri. Ikuti jalan tersebut melalui jembatan Segoroyoso. Apabila anda sudah ketemu dengan pertigaan (jika lurus arah patuk), maka anda belok saja ke kiri kemudian lewat jalan Bawuran. Lokasi Puncak Sosok tidak jauh dari situ. Anda hanya perlu ikuti petunjuk jalan yang ada.

Desa Bawuran adalah desa yang ada di kawasan perbukitan. Sebenarnya ada banyak potensi wisata namun tersembunyi. Sebelum hadir Puncak Sosok, sebelumnya sudah ada Puncak Gebang yang menawarkan panorama serupa. Lokasi Puncak Sosok ini terletak sekitar 1 km dari Puncak Gebang. Puncak Sosok sebenarnya masih baru tahap pengembangan, namun sudah banyak pengunjungnya.