lklan-728x90
Menu

Puncak Sindoro Jawa Tengah Idola Para Pendaki Gunung

Kegiatan pendakian gunung sepertinya semakin disukai oleh anak-anak muda. Hal ini dibuktikan dengan semakin banyaknya orang yang senang melakukan pendakian tiap harinya dan munculnya banyak komunitas para pendaki baru. Para pecinta hiking ini hampir terdapat disetiap daerah. Dan umumnya, ada komunitas lokal yang jadi tempat berkumpul para pecinta kegiatan hiking. Untuk negara yang termasuk dalam Cincin Api, Indonesia memiliki banyak sekali gunung yang tersebar pada semua pulau serta propinsi. Dimana, gunung-gunung itu menjadi tujuan pendakian para pendaki di Indonesia serta mancanegara. Kira kira terdapat 10 gunung di jawa tengah yang senantiasa jadi tujuan utama para pendaki. Baik gunung berapi yang masih keadaan aktif maupun gunung yang statusnya istirahat.

Gunung Sindoro yang mempunyai ketinggian maksimal 3.150 mdpl juga adalah salah satu gunung yang menjadi tujuan favorit bagi pendaki. Tidak hanya yang bertempat tinggal di Jawa Tengah serta DIY. Akan tetapi juga yang berasal dari luar kedua propinsi ini. Kegiatan pendakian puncak Sindoro akan menjadi makin menyenangkan. Sebab kita akan melewati padang sabana yang banyak ditumbuhi oleh bunga edelweis.  Pendaki Gunung Sindoro umumnya melakukan pendakian melewati jalur Kledung yang terletak di kabupaten Temanggung. Waktu tempuh agar sampai ke puncak Sindoro sekitar 5 sampai 6 jam. Gunung Sindoro juga merupakan gunung api yang masih aktif. Kenaikan aktivitas terkahir gunung ini terjadi saat tahun 2011.

Keindahan Puncak Sindoro

Gunung ini memiliki area kawasan hutan yang begitu luas yang terdapat di puncak gunungnya. Terlihat menarik untuk dilihat saat kita berada di puncak. Sebab disekitarnya lereng gunung di tanami hamparan kebun teh yang berwarna kehijauan.  Selain itu gunung ini terdapat bunga bunga serta  buah buahan yang enak juga segar seperti bunga Edelweis, Cantigi dan buah bery. Puncak Sindoro memiliki datar halaman di sekitar puncak serta lereng gunung dari timur gunung. Terdapat sebuah puncak datar & ada kawah kembar. lalu di bagian barat & utara gunung terdapat sisa dari kawah utama. Serta di bawah lereng gunung bertepat di desa jalur pendakia, Desa Kledung anda bisa melihat pemandangan yang menarik baik kearah Gunung Sundoro atau kearah Gunung Sumbing.

Gunung ini memiliki medan pendakian yang cukup menantang disebabkan banyak halangan serta rintangan yang cukup ekstrim. Meski menantang tapi keindahan gunung ini tak akan mengecewakan anda semuanya. Gunung sindoro memiliki dua jalur pendakian yang pertama melintasi via Desa kledung serta via Desa Sigedang (Tambi). Kita akan memulai perjalanannya pada arah magelang. Setelah itu naik bus ke arah jurusan kota wonosobo, dan berhenti di desa kledung. Dimana turunnya di sebelah restoran makanan dieng pass guna menempuh jarak dari arah magelang hingga wonosobo kurang lebih 3 km.

Pendakian Puncak Sindoro

Nah, belum terdapat penginapan untuk pengunjung di desa klendung, adanya di kota wonosobo juga magelang. Akan tetapi kita dapat menginap di desa masyarakat klendung. Mulai perjalanan kita akan melintasi batas ladang penduduk setempat dan disini adalah pos istirahat untuk para pendaki. Lalu kita akan menemui sebuah jalan bercabang serta terdapat tanjakan di medan tersebut. Sesudah itu kita akan sampai di Batu Tahta dimana daerah ini cukup berbatu. Untuk mendekati puncak kita perlu jalan berputar lagi menuju arah kiri. Kemudian ke kanan untuk sampai ke puncak. Konon gunung ini memiliki adat atau tradisi masyarakat sekitar saat malam 1 syuro islam. saat itu banyak sekali pendaki.

Artikel terkait Puncak Sindoro Jawa Tengah Idola Para Pendaki Gunung