lklan-728x90
Menu

Puncak Peringatan Hari Pers Nasional Tahun 2016

09/02/2016 | Berita & Peristiwa

Setiap 9 Februari, Indonesia memperingati Hari Pers Nasional (HPN). Hari ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Iriana Joko Widodo direncanakan menghadiri Puncak Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2016 di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Selamat Hari Pers Nasional

Tim Komunikasi Presiden, Ari Dwipayana mengatakan, Presiden dan rombongan akan berangkat menuju Bandar Udara Internasional Lombok, Kabupaten Lombok Tengah dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1.

Usai menghadiri Puncak Peringatan HPN Tahun 2016, Presiden dan rombongan segera kembali ke Jakarta dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 dan diperkirakan tiba di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta pada pukul 12.30 WIB.

Puncak Peringatan HPN

Pada Puncak Peringatan HPN Tahun 2016 tersebut, Presiden akan memberikan sambutan dan sebelumnya menyaksikan beberapa penandatanganan nota kesepahaman dan juga beberapa penghargaan.

Sejumlah agenda untuk memperingati HPN di Lombok antara lain Pelayaran Wartawan dengan menggunakan kapal perang dari Surabaya menuju Lombok. Selain itu, panitia juga menggelar operasi katarak di Lombok.

Selain itu, HPN juga akan berisi agenda penyerahan penghargaan Anugerah Adinegoro untuk karya jurnalistik terbaik pada 2015. Dunia pers memang terus bertranformasi, terutama setelah internet menjamah peradaban manusia.

Karya jurnalistik tak hanya bisa dibaca lewat surat kabar atau media cetak lainnya, tapi juga dibaca lewat berbagai perangkat elektronik canggih yang tak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat modern. Dunia jurnalistik di Indonesia juga sempat mengalami pasang surut.

Tentu sejarah telah mencatat saat rezim Orde Baru mengatur sirkulasi pemberitaan dan membredel karya jurnalistik yang “bandel” saat itu. Kritik dibungkam dan masyarakat lebih banyak diam.

Setelah reformasi, angin segar berhembus di dunia jurnalistik. Insan pers bebas berkarya dan mengeluarkan kritiknya tentang berbagai hal, termasuk setiap rezim pemerintah yang berkuasa. Selamat Hari Pers Nasional.

Artikel terkait Puncak Peringatan Hari Pers Nasional Tahun 2016